Pulau Karang Jamuang dan Mitos Terlarang Datang bagi Perempuan, Pukul 5 Sore Harus Pulang!

Advertisement

Merupakan gerbang utama untuk memasuki perairan Surabaya, Pulau Karang Jamuang miliki mitos yang unik. Ia terlarang untuk perempuan. Boleh saja datang, tetapi sebelum pukul lima sore para gadis sudah harus pulang! Nah lho! Penasaran, kenapa sampai berlaku mitos begitu? Apa jadinya jika kaum perempuan berlama-lama di sini? Simak uraian berikut ini untuk jawabannya!

1. Mitos Terlarang bagi Perempuan

Mitos Terlarang untuk Perempuan via Instagram/ haluan.kiri

Mitos seringkali jadi bagian yang tidak terpisahkan dari suatu tempat, terutama di Indonesia. Sama halnya dengan yang terjadi di Pulau Karang Jamuang. Salah satu mitos yang pantang dilanggar selama berada di pulau ini adalah keberadaan perempuan. Karang Jamuang memperbolehkan perempuan untuk datang, hanya waktunya dibatasi. Ia tidak seperti pulau-pulau lain yang membebaskan kunjungan. Keberadaan mitos pada suatu wilayah, disadari atau tidak, dapat menambah daya tarik yang dimilikinya; ia merangsang para pengunjung untuk datang. Setuju, kan?

2. Jam Lima Sore Harus Pulang

Pengunjung Perumpuan, Jam Lima Harus Pulang via Instagram/ rizky_vog

Para nelayan di Ujung Pangkah, Gresik, menyebut pulau ini dengan nama Pulau Nyamukan. Apakah banyak nyamuk? Perempuan yang datang dilarang untuk menginap. Batas berkunjung dan menikmati keindahan pulau hanya sampai pukul lima sore. Jika dilanggar, konon akan ada masalah yang timbul. Nggak main-main, masalah yang timbul adalah pulau tersebut dipercaya akan tenggelam. Nggak mau, kan?

3. Lokasi dan Rute Karang Jamuang

Air yang Tenang di Karang Jamuang via Instagram/ titiaandamsari

Pulau Karang Jamuang, berada di antara Gresik dan Madura. Letaknya ada di utara Kabupaten Bangkalan. Secara administratif, pulau ini masih masuk jadi bagian dari Kabupetan Gresik. Untuk sampai ke sini, Teman Traveler bisa menyebrang menggunakan kapal dari Surabaya. Atau bisa juga melalui Ujung Pangkah, Gresik, menggunakan perahu dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam.

4. Keindahan Karang Jamuang

Dramatis dan Romantisnya Karang Jamuang via Instagram/ dickytombz

Pulau Karang Jamuang memiliki pasir yang lembut dan berwarna putih. Luas daratannya sekitar 7,8 hektare, sementara itu luas perairannya adalah 17,2 hektare. Air di kawasan ini warnanya biru. Menyegarkan mata! Jika beruntung, saat menuju Karang Jamuang menggunakan kapal atau perahu, Teman Traveler bisa bertemu dengan koloni lumba-lumba di sekitar pulau. Di sini terdapat mercusuar. Sebab, Karang Jamuang memang dikenal sebagai tempat awal pemanduan kapal yang akan masuk ke Alur Perairan Surabaya Barat.

Tertarik untuk main-main ke Karang Jamuang? Seru juga dikunjungi bareng sahabat untuk keluarga. Asal, jangan lupakan aturannnya. Ingat, pengunjung perempuan tidak boleh menginap lho ya! Bagaimana, tertarik untuk datang?

Advertisement
Tags
Gresik Indonesia Jawa Timur pulau karang jamuang Surabaya Wisata
Share