Menelusuri Pulau Kapoposang, Spot Diving Indah di Sulawesi Selatan

Seperti yang kita tahu selama ini, Sulawesi Selatan tak pernah kurang memanjakan pengunjungnya dengan keindahan alamnya. Contohnya seperti di Pulau Kapoposang yang kerap disebut-sebut sebagai salah satu pemilik wisata bahari terindah di Indonesia. Bagi Teman Traveler yang suka berpetualang di pantai dan bawah laut, yuk kita jelajahi pulau satu ini.

Merupakan Wilayah Konservasi

pulau kapoposang
Merupakan wilayah konservasi (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Pulau Kapoposang ternyata merupakan kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang dan juga satuan kerja Taman Wisata Perairan (TWP) Kapoposang. Jadi, kalau ingin melakukan aktivitas di pulau ini dan sekitarnya, wajib membuat Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi Perairan Nasional (SIMAKSIP) terlebih dulu.

pulau kapoposang
Contoh terumbu karang di Pulau Kapoposang (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Ada Banyak Homestay di Pulau Kapoposang

pulau kapoposang
Bisa dirikan tenda di sekitar Pulau Kapoposang (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Bagi yang ingin menelusuri pulau lebih lama, di sini banyak penginapan tersedia. Hampir semua homestay pada pulau ini dikelola oleh masyarakat setempat dan mempunyai fasilitas yang lengkap dan memadai.

pulau kapoposang
Menelusuri laut (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Nah, apabila ingin bermalam di tenda juga bisa. Ada banyak spot asyik untuk mendirikan tenda. Menariknya lagi, kalau berkemah, kita dapat melihat pemandangan indah dari laut dan juga langit.

Banyak Kegiatan yang Bisa Dilakukan

pulau kapoposang
Menelusuri laut (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Menurut para professional diver yang ada di sini, Pulau Kapoposang mempunyai surga bawah laut yang menyimpan banyak terumbu karang. Jadi, tak heran apabila pulau satu ini selalu dikunjungi banyak wisatawan, baik domestik, maupun mancanegara.

pulau kapoposang
Diving (c) Faiz FAchri/Travelingyuk

Nah, untuk kegiatan wisata yang paling umum dilakukan adalah snorkeling, diving, memancing. Selain itu kalian juga bisa melihat pelepasan tukik di waktu tertentu, karena ternyata Pulau Kapoposang merupakan habitat penyu. Menariknya lagi, di sini Teman Traveler juga dapat menyaksikan panorama sunrise dan sunset.

Ada Beberapa Titik Penyelaman

Ada beberapa titik penyelaman (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Pulau Kapoposang mempunyai beberapa titik penyelaman. Kalian bisa memilih sesuka hati titik yang ingin diselami. Namun, titik penyelaman yang paling direkomendasikan biasanya adalah cave point dan tanjung point.

Titik penyelaman di Pulau Kapoposang (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Untuk cave point kelebihannya terletak pada terumbu karangnya. Kalian dapat menikmati dinding karang yang amat besar dan juga indah. Sedangkan pada tanjung point, ada beberapa karang yang didominasi oleh hard coral. Selain itu, Teman Traveler juga bisa melihat beberapa biota laut seperti Schooling of Jack-fusilers-Barracuda, Garden Eel, Butterfly Fish.

Jadi, itulah sekelumit info mengenai pulau cantik di Sulawesi Selatan satu ini. Apabila tertarik, bisa melalui Kota Makassar yang tepatnya di Pelabuhan Paotere. Selanjutnya, kalian bisa menggunakan perahu tradisional yang nantinya akan memakan waktu sekitar lima jam lamanya. Bagaimana, siap berpetualang?

Tags
Indonesia kontributor Pulau Kapoposang Sulawesi Selatan Travelingyuk Wisata
Share