Pulau Hoga, Secuil Surga di Wakatobi yang Menawarkan Pesona Tak Terbantahkan

Adi Nugroho

Adi Nugroho

On Tempat Wisata

Tidak bisa dibantah lagi kalau pesona Wakatobi selalu bisa membuat banyak orang jadi terpesona. Di tempat ini, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti melakukan snorkeling, diving, hingga olahraga laut lainnya. Di malam hari, kamu bisa menikmati resor-resor dengan pelayanan sekelas hotel berbintang.

Oh ya, meski Wakatobi dikenal memiliki banyak pesona, kawasan ini akan ramai saat musim panas. Dampaknya, kamu akan susah menikmati segala hal dengan maksimal. Bahkan, kekurangan tempat akomodasi yang memukau itu. Akhirnya, mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus beralih ke tempat lain untuk menikmati pesona yang tidak kalah indahnya. Tempat itu adalah Pulau Hoga yang terletak tidak jauh dari Pulau Kaledupa yang masuk dalam gugusan Wakatobi. Yuk, simak seperti apa pesona dari Pulau Hoga yang bisa jadi alternatif Wakatobi ini.

Akses Menuju Pulau Hoga

Karena lokasinya berada di tengah laut, tidak ada penerbangan yang mengantarkan traveler langsung ke Pulau Hoga. Kalau kamu ingin menikmati semua pesona dari Pulau Hoga, perjalanan bisa dilakukan kalau kamu sudah berada di kawasan Pulau Wangi-Wangi yang masuk dalam kawasan Wakatobi. Dari Bandara Sultan Hassanudin, Makassar, pesawat akan mengantarmu ke Bandara Matahora yang terletak di Pulau Wangi-wangi. Dalam seminggu ada sekitar 4 penerbangan ke pulau yang menjadi tujuan bayak wisatawan dari berbagai negara.

dermaga Pulau Hoga [image source]
dermaga Pulau Hoga [image source]
Setelah sampai ke kawasan Bandara Matahora, perjalanan akan dilanjutkan di jalur darat untuk sampai ke Dermaga Kadelupa. Untuk bisa ke Dermaga Kadelupa, kamu bisa menyewa mobil dengan harga yang bervariasi. Semakin banyak teman yang kamu ajak, semakin murah harga sewanya. Setelah sampai di dermaga, kamu akan menaiki kapal yang mengantar semua orang ke Pulau Hoga. Perjalanan dari Dermaga Kadelupa ke kawasan Pulau Hoga sekitar 2,5 jam dengan kondisi laut yang tenang dan damai.

Pesona yang Diberikan Pulau Hoga

Seperti halnya pulau-pulau di kawasan Wakatobi, Pulau Hoga juga memiliki pesona yang sangat memukau. Hampir di seluruh isi pulau terdapat pantai-pantai dengan pesona yang sangat memikat. Pasir putih yang lembut sedikit menjorok ke lautan sebelum akhirnya bertemu dengan permukaan yang dipenuhi oleh terumbu karang. Jika dilihat dari atas, seluruh isi dalam laut bisa terlihat dari atas. Kejernihan dari air yang ada di sini menyebabkan visibilitasnya sangat tinggi.

Snorkeling di Pulau Hoga [image source]
Snorkeling di Pulau Hoga [image source]
Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini adalah snokeling dan juga diving. Terumbu karang di kawasan ini cukup banyak dan biota laut seperti ikan kecil-kecil juga kerap muncul saat wisatawan melakukan penyelaman. Oh ya, arus laut di kawasan ini sangatlah tenang sehingga kamu tidak perlu khawatir terbawa arus seperti kawasan penyelaman dan snorkeling lain di Indonesia.

Akomodasi di Pulau Hoga

Meski nama dari Pulau Hoga belum begitu terdengar di telinga banyak orang Indonesia, wisatawan dari berbagai negara justru sudah mengenalnya. Pada akhir tahun mereka suka datang ke Pulau Hoga yang memiliki cukup banyak homestay untuk mencari ketenangan. Jika kawasan Wakatobi dipenuhi dengan gegap gempita, Pulau Hoga dipenuhi dengan kenyamanan yang sangat pas untuk pencari kedamaian.

Homestay di Pulau Hoga [image source]
Homestay di Pulau Hoga [image source]
Akomodasi di kawasan Pulau Hoga cukup banyak dan dikelola dengan baik. Warga lokal menggunakan tanah yang mereka miliki untuk homestay dan juga kedai yang menjajakan makanan khas daerah tersebut. Saat liburan musim panas, kawasan ini akan ramai oleh pelajar dari Eropa yang ingin berlibur atau melakukan penelitian.

Inilah beberapa hal yang harus kamu kenal dari Pulau Hoga. Meski tidak terlalu terkenal di telinga banyak orang, kawasan ini bisa dijadikan alternatif lokasi liburan selain Wakatobi yang pesonanya berada di atas awan.