13 Pulau Ini ‘Dikuasai’ Hewan, Bukan Manusia

Setelah Pangea terbelah dan terpisah menjadi beberapa bagian besar dan kecil, banyak pulau yang akhirnya didiami oleh manusia. Akan tetapi dari ke semuanya, ada juga yang mayoritas penghuninya justru hewan.

Baca Juga :15 Tempat Wisata Sukabumi yang Bikin Jatuh Hati, Traveling Yuk Kemari!

Benar lho, ada beberapa pulau di dunia yang dihuni oleh hewan yang sejenis, walaupun beberapa di antaranya masih ditinggali oleh manusia, akan tetapi sebagai ‘kaum mayoraitasnya’ justru adalah binatang-binatang tersebut. Berikut ini adalah pulau-pulau yang lebih didominasi oleh hewan daripada manusia.

1. Pulau Burung

Burung [Image source]
Burung [Image source]
Dinamakan pulau burung karena tempat yang terletak sekitar 60 mil dari Mahe ini karena menjadi rumah bagi sekitar 700 ribu koloni burung. Rata-rata burung-burung ini akan datang ke tempat yang berada di Seychelles ini pada bulan Maret dan mereka bertelur pada Bulan Mei, kemudian pada bulan Oktober, para burung ini akan pergi meninggalkan pulau.

Selain burung ada pula kura-kura hijau dan dugong yang terkadang nampak di sekitaran pulau satu ini. Di pulau yang dikenal dengan nama Ile aux Vaches ini selain sebagai destinasi wisata dan sudah banyak bungalow yang didirikan, tempat tersebut juga digunakan sebagai ladang bercocok tanam.

Tidak hanya di tempat itu saja, ada satu lagi tempat yang dihuni lebih dari 100 ribu burung yang berada di teluk Qinghai. Ada berbagai macam jenis burung yang datang di musim kawin.

2. Pulau Kepiting

Kepiting [Image source]
Kepiting [Image source]
Bukan, ini bukan pulaunya Mr Crap yang ada di serial kartun Sponge-Bob, hanya saja memang di pulau yang memiliki nama asli Pulau Christmas ini terkenal dengan banyaknya kepiting yang ada di sana. Setiap bulan Desember, jika Anda pergi ke Pulau Cristmas, maka akan menjumpai jutaan kepiting membanjiri daratan dan sekitaran pasir pantainya.

3. Pulau Kuda

Kuda [Image source]
Kuda [Image source]
Bernama asli Pulau Assategue, tempat satu ini merupakan rumah bagi kuda-kuda liar yang diperkirakan sudah ada dan beranak-pinak dengan pesat sejak sekitar 400 tahun yang lalu. Di zaman dahulu, banyak orang yang pergi dan datang ke pulau ini untuk menangkapi kuda-kuda untuk digunakan sebagai tunggangan.

Menurut cerita, pulau yang terletak di teluk Demarva Peninsula dan masih masuk dalam kawasan milik Amerika Serikat ini dulunya digunakan oleh para pengungsi dari Spanyol sebagai tempat tinggal. Mereka datang dengan membawa semua yang mereka miliki, termasuk kuda.

4. Pulau Anjing Laut

Anjing laut [Image source]
Anjing laut [Image source]
Di sebuah pulau kecil yang terletak di Afrika Selatan ini merupakan rumah bagi lebih dari 50 ribu anjing laut. Dikarenakan jumlah populasinya sangatlah banyak, maka tidak heran bahwa pulau ini dinamakan pulau anjing laut.

Seperti halnya sebuah rantai makanan, di mana ada makanan, pastinya ada pemakan di sekitarnya. Hal ini juga ditunjukkan di sekitaran pulau tersebut, yaitu terdapatnya banyak hiu pembunuh yang hidup dan tinggal serta menjadi musuh utama para anjing laut tersebut.

Tags
backpacker Binatang Hewan pulau traveling unik Wisata
Share