Pulau Gebe, Menikmati Keindahan di Ujung Tenggara Kaki Halmahera

Indonesia adalah negera kepulauan di mana sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Terlebih, keindahannya merata hampir di semua kawasan. Termasuk pulau yang terletak di ujung tenggara kaki Pulau Halmahera, salah satunya adalah Pulau Gebe yang menawarkan kekayaan wisata alam begitu menawan. Berikut merupakan wana wisata yang banyak dikunjungi pelancong di pulau surgawi ini. Sudah siap terpukau?

Pantai Umera

Pantai Umera via Instagram @010_vixblackdoff
Pantai Umera via Instagram @010_vixblackdoff

Pulau Gebe dengan 5 gugusan pulau tentu mempunyai sederet pantai dengan panorama elok, salah satunya adalah Pantai Umera. Terletak di sebelah selatan Desa Umera dengan hamparan pasir putih sepanjang sekitar 3 kilometer, dengan lebar antara 30 sampai 45 meter. Kalau sedang musimnya, Teman Traveler dapat menjumpai lumba-lumba dan paus yang secara berkala melintasi Pulau Gebe, tidak jauh dari Pantai Umera.

Pantai Sanaf Kacepo

Sanafkacepo via Instaagram @santoz_ahmad
Pantai Sanaf Kacepo via Instaagram @santoz_ahmad

Tidak hanya Desa Umera, terdapat pula salah satu desa tertua di Pulau Gebe, yaitu Sanaf Kacepo. Panorama yang disuguhkan pantai di desa sungguh menakjubkan. Teman Traveler akan disambut pasir pantai putih dan halus begitu memasuki kawasan ini. Tak hanya itu, pengunjung juga akan melihat betapa cantiknya bebatuan karang yang berpijak di Pantai Sanaf Kacepo. Kalau dilihat-lihat, salah satu batu karang yang berdiri di laut tidak jauh dari bibir pantai, mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Telaga Yoi

Hamparan Kulit Kerang di Telaga Yoi via Shutterstock

Salah satu gugusan di kepulauan ini adalah Pulau Yoi. Kawasan ini cukup tersohor sebagai penghasil kepiting. Untuk mencapai pulau ini, bisa ditempuh dengan kapal dan memakan waktu setidaknya 30 menit dari Pulau Gebe. Terdapat cekungan yang mirip danau biasa disebut Telaga Yoi, oleh warga setempat dimanfaatkan sebagai tempat penangkaran kepiting dan ikan.

Telaga Yoi via Instagram @exploregebe
Telaga Yoi via Instagram @exploregebe

Gua Umera

Gua Umera via Instagram @exploregebe
Gua Umera via Instagram @exploregebe

Sepanjang Pulau Gebe khususnya Desa Umera dapat ditemukan beberapa atraksi menarik, sebut saja Pantai Umera dan Tanjung Umera. Tidak hanya itu saja, pulau ini juga menawarkan sejumlah gua diantaranya yang berlokasi 250 meter dari tepi pantai menuju Desa Umera. Gua Umera memiliki lebar sekitar 5 meter dengan ketinggian paling tidak 2 meter dan kedalaman kurang lebih 25 meter.

Teman Traveler yang menjelajah Gua Umera, akan bertemu dengan sejumlah satwa liar seperti kelelawar, burung walet, dan ketam kenari. Tidak hanya sebagai destinasi wisata, gua yang memiliki 2 kolam air ini juga dipergunakan oleh para sesepuh Desa Umera untuk melakukan ritual adat. Memohon doa untuk pengobatan tradisional serta meminta berkah dan keselamatan bagi penduduk lokal.

Itulah beberapa wana wisata di Pulau Gebe dengan panorama indah yang patut disinggahi. Bagaimana, adakah Teman Traveler yang sudah pernah menginjakkan kaki di pulau ini? Kalau sudah pernah, boleh bagi cerita pengalamannya?

Tags
Halmahera Indonesia Maluku Utara Pulau Gebe Wisata Wisata Alam
Share