Deretan Pulau di Labuan Bajo, Memukau dan Memanjakan Mata

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Meski Terjauh dari Labuan Bajo. Indahnya Pulau Padar Ampun-ampunan Meski Terjauh dari Labuan Bajo. Indahnya Pulau Padar Ampun-ampunan

Wilayah-wilayah di bagian timur Indonesia, seperti punya cara sendiri untuk membuat takjub banyak mata. Deretan pulau di Labuan Bajo misalnya. Teman Traveler akan setuju bahwa mereka, punya kecantikan yang istimewa. Seperti gadis-gadis desa dengan bunga di telinga, siapa pun yang melihat, tidak akan bosan dibuatnya. Satu kata yang dapat menggambarkan pulau-pulau ini hanya memukau! Lalu, apa sajakah pulau yang dimaksud? Uraian berikut ini akan bantu menjelaskannya.

1. Pulau Bidadari

Nggak Sabar untuk Renang di Jernihnya Pulau Bidadari
Nggak Sabar untuk Renang di Jernihnya Pulau Bidadari via Instagram/jejejejo

Pulau Bidadari, menurut cerita, semula bernama Pulau Bidara. Sebabnya, di kawasan ini tumbuh subur pohon bidara yang diperjualbelikan sebagai buah segar guna dimakan langsung atau dijadikan minuman. Hanya, sejak lama, namanya diresmikan menjadi Bidadari. Dan benar saja, pantai ini memang punya kecantikan bak bidadari di khayangan.

Hamparan airnya yang biru dan jernih, menggoda sekali untuk diselami, belum lagi pasirnya yang masih putih bersih. Semuanya diciptakan untuk dikagumi dan disyukuri. Agar dapat menikmati keindahan pulau ini, Teman Traveler harus menggunakan perahu dari Labuan Bajo. Tidak lama, hanya butuh waktu 30 menit.

2. Menjerite Island

Kejernihan Pulau Menjerite di Labuan Bajo yang Manggil-manggil
Kejernihan Pulau Menjerite di Labuan Bajo yang Manggil-manggil via Instagram/ypratomo_9

Salah satu spot yang asyik saat menjelajah pulau-pulau di Labuan Bajo akan memberikan pengalaman baru untuk Teman Traveler. Berjarak hanya 1 jam dari Labuan Bajo, pulau ini punya banyak terumbu karang yang masih cukup asri. Airnya jernih, sehingga pemandangan di bawah air terlihat dengan jelas. Menyenangkan sekali!

3. Pulau Kanawa Labuan Bajo

Seru-seruan di Kanawa Island Labuan Bajo
Seru-seruan di Kanawa Island Labuan Bajo via Instagram/indah_iwp

Pulau di Labuan Bajo yang satu ini punya luas 35 hektare. Teman Traveler siap-siap juga dengan keindahan alam serta bawah lautnya yang penuh pesona. Di lokasi ini, para pengunjung akan mudah tergoda untuk snorkeling dan diving karena kejernihan airnya. Pulau Kanawa berjarak 50 menit dari Labuan Bajo.

Untuk menuju ke lokasi ini, sarana yang bisa digunakan antara lain perahu atau speed boat. Ada dua jenis perahu dan speed boat, berbayar atau disediakan oleh pihak resort. Harga sewa untuk satu kali perjalanan berkisar di angka Rp 400 – 500 ribu sekali jalan. Harga ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu ya. Namun, jika sudah melakukan reservasi di sebuah resort di Kanawa, Teman Traveler bisa menggunakan speed boat tanpa biaya.

4. Pulau Padar

Meski Terjauh dari Labuan Bajo. Indahnya Pulau Padar Ampun-ampunan
Meski Terjauh dari Labuan Bajo. Indahnya Pulau Padar Ampun-ampunan via Instagram/zalesca

Pulau di Labuan Bajo ini berupa tanah kosong dengan kontur tanah yang berbukit serta bercabang. Bagi para pecinta tantangan, pulau ini cocok dan menarik. Hobi trekking mereka akan tersampaikan di Pulau Padar. Lokasinya cukup jauh dari Labuan Bajo. Butuh waktu 3.5 jam untuk sampai ke kawasan ini. Tetapi, semua akan terpuaskan dengan pemandangan sesampainya di lokasi.

Pulau di Labuan Bajo, dengan beragam keunikannya, adalah salah satu destinasi wisata paling sempurna yang dimiliki Indonesia. Jangan ada keraguan sedikit pun untuk mengunjunginya. Setuju? Jadi, kapan nih Teman Traveler?