5 Pulau di Jawa Timur Ini Jangan Sampai Kelewat Dikunjungi

Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki berbagai macam destinasi wisata di dalamnya. Mulai dari gunung, pantai yang berjibun, hingga deretan air terjun, dan telaga. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu destinasi wisata yang tersohor dari Jawa Timur. Namun siapa sangka jika provinsi ini memiliki pulau-pulau yang tak kalah eksotis dari tempat lain. Berikut ini rangkuman lima pulau di Jawa Timur yang dapat kamu kunjungi.

Pulau Nusa Barong, Jember

Wisatawan yang baru berlabuh di Pulau Nusa Barong via instagram
Wisatawan yang baru berlabuh di Pulau Nusa Barong via instagram/nuril_afton

Nusa Barong ditetapkan sebagai cagar alam dengan nama Cagar Alam Pulau Nusa Barong sejak tahun 1920. Karenanya, ekosistem hewan dan tumbuhan di sana masih sangat alami. Untuk dapat sampai ke tempat ini kamu dapat menyeberang dari Desa Puger Wetan, Jember, kemudian menyebrang dengan perahu nelayan.

Gili Ketapang, Probolinggo

Wisatawan sedang Snorkeling di Gili Ketapang via instagram
Wisatawan sedang Snorkeling di Gili Ketapang via instagram/@laisya_sya

Kota Probolinggo juga memiliki pulau indah yang dapat kamu kunjungi. Namanya adalah Gili Ketapang, letaknya sekitar 8 km dari pesisir utara Probolinggo. Untuk mencapai pulau dengan luas 68 hektar ini, kamu dapat menyebrang dengan menggunakan perahu kecil.

Pulau Kambing, Sampang, Madura

Sunset di Pulau Kambing Madura via instagram
Sunset di Pulau Kambing Madura via instagram/husnefita89

Pulau Kambing hanya berjarak 1,5 jam dari Kabupaten Sampang, Madura. Meskipun bernama kambing, bukan berarti pulau ini dihuni oleh kawanan hewan tersebut. Dalam pulau ini terdapat beberapa wisata yang dapat dikunjungi, seperti wisata Batu Alam Candin dan Pasir Putih.

Kepulauan Kangean, Madura

Foto aerial dari Pulau Kangean via instagram
Foto aerial dari Pulau Kangean via instagram/@aji.caesar

Terdapat banyak pulau yang dikelilingi lautan ini di sini. Beberapa titik snorkeling dengan terumbu karang serta air yang jernih dapat ditemukan di perairan Kepulauan Kangean. Tapi untuk mencapai Kepulauan Kangean membutuhkan waktu lebih lama. Dari Sumenep, jaraknya sekitar 8 jam perjalanan menggunakan kapal feri dan 4 jam jika menggunakan speed boat.

Gili Labak, Madura

Sunset di Gili Labak via instagram
Sunset di Gili Labak via instagram/madesantya__

Madura tidak ada habisnya dalam menyimpan pulau-pulau indah. Salah satu pulau yang harus kamu kunjungi adalah Pulau Gili Labak, yang dapat kamu tempuh 1,5 jam dari Pelabuhan Kalianget. Pulau Gili Labak cocok untuk kamu yang hobby snorkeling, pemandangan bawah laut akan memanjakan mata.

Menjelajah Jawa Timur seperti menemukan emas yang masih berada di dasar sungai. Banyak destinasi wisata eksotis yang dapat kamu kunjungi namun belum terlalu populer. Apa destinasi wisata di Jawa Timur yang paling menarik menurutmu?

Tags
Indonesia Jawa Timur pulau Wisata
Share