Indahnya Pulau Cingkuak di Pesisir Selatan, Cantiknya Kebangetan!

Zenith Halalan

Zenith Halalan

On Indonesia
Pemandangan sekitar Pulau Cingkuak Pemandangan sekitar Pulau Cingkuak

Pesisir Selatan terkenal akan pulau-pulau kecil nan eksotis. Daerah yang jadi salah satu kabupaten di Sumatera Barat ini hanya berjarak sekitar dua jam dari kota Padang. Nah, salah satu keindahan yang pantang dilewatkan ada di Pulau Cingkuak.

Tak cuma menyajikan pemandangan indah, Pulau Cingkuak juga memiliki beberapa bangunan eksotis bekas peninggalan bangsa penjajah. Menarik bukan? Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya.

Perjalanan Menuju Cingkuak

Pantai Carocok (dok.pribadi)
Pulau Carocok (c) Zenith Halalan

Untuk bisa sampai ke Pulau Cingkuak kita musti menuju Pantai Carocok dekat Painan, Ibu Kota Pesisir Selatan. Dari Carocok kita bisa menaiki perahu-perahu kayu yang sudah menunggu di dermaga. Di sekitarnya juga terdapat deretan gazebo untuk bersantai atau untuk menunggu perahu.

Perjalanan ke Pulau Cingkuak hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit. Biaya penyebrangan antara Rp25.000-Rp30.000, dengan asumsi jumlah penumpang 10-15 orang. Namun tarif ini masih bisa ditawar tergantung kesepakatan dengan pemilik perahu. 

Beragam Wahana Seru Menanti

Salah satu spot terbaik untuk berfoto dengan deburan ombak (dok.pribadi)
Salah satu spot foto terbaik di Cingkuak (c) Zenith Halalan

Sepanjang perjalanan, kita bisa melihat jajaran pulau kecil di kawasan ini. Suasananya sangat cocok sekali untuk liburan keluarga. Tak hanya bersantai, Teman Traveler juga bisa menikmati beragam wahana permainan.

Flying Fox bisa Teman Traveler jajal dengan membayar Rp150.000. Selain itu masih ada jetski yang bisa dicoba dengan tarif Rp100.000 per 25 menit. Banana Boat juga menarik, biaya sewanya hanya Rp 25.000. Terakhir, ada penyewaan alat snorkeling dan diving yang hanya mematok biaya sebesar Rp50.000 untuk berenang sepuasnya.

Puing Benteng Portugis

Sisa bangunan benteng Portugis (dok.pribadi)
Sisa bangunan Benteng Portugis (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Pulau mungil ini bisa dikelilingi hanya dengan berjalan kaki. Teman Traveler bisa memilih jalur pinggir pantai maupun melalui kawasan hutannya.

Pemandangan dari atas tower (dok.pribadi)
Pemandangan dari atas Tower (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Menariknya, di antara rimbunnya pepohonan Teman Traveler bisa melihat puing-puing sisa benteng dan kuburan orang Portugis yang pernah menetap di Cingkuak. Tidak jauh dari benteng kita akan menjumpai menara putih yang bisa dinaiki. Dari sini kita bisa melihat pemandangan sekitar pulau.

Fasilitas Lengkap

Daratan tertinggi di Pulau Cingkuak (dok.pribadi)
Daratan tertinggi di Pulau Cingkuak (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Fasilitas pulau ini sudah sangat lengkap, meliputi kamar mandi untuk membersihkan badan setelah bermain air di laut, mushola, dan warung-warung kecil untuk membeli makan maupun minum. Tidak perlu repot-repot mempersiapkan bekal makanan.

Perairan di pantai Pulau Cingkuak sangat jernih dan tenang. Sayangnya, deretan terumbu karang di sini sudah tidak terjaga dan banyak yang mati. Ada baiknya pengelola membuat penangkaran khusus agar terumbu karang tersebut bisa jadi daya tarik tambahan bagi wisatawan.

Itulah sedikit gambaran mengenai indahnya Pulau Cingkuak. Jika Teman Traveler kebetulan mampir ke Pesisir Selatan, Sumatra Barat, jangan sampai lewatkan kesempatan berkunjung ke sini.