Kembalinya Pulau Boracay Setelah Sempat Dipenuhi Sampah, Wisatawan Mulai Bebas Bereksplorasi

Pulau Boracay merupakan pulau dengan pasir putih, air jernih, dan suasana asri. Saking indahnya, pulau ini disebut-sebut sebagai Karibia-nya Filipina. Nah, pada bulan April lalu Boracay sempat ditutup dan tidak boleh dikunjungi oleh siapapun karena banyak ditemukan limbah. Namun, kabar baiknya adalah destinasi wisata satu ini telah dibuka kembali. Berikut informasi singkatnya. Siap-siap jadikan pulau ini sebagai destinasi liburanmu selanjutnya, ya.

Sempat Ditutup Selama 6 Bulan

Sempat Ditutup
Sempat Ditutup via Instagram/mabuhayph

Presiden Filiphina Rodrigo Duterte pada hari Rabu tanggal 4 April 2018 mengesahkan aturan penutupan Pulau Boracay dikarenakan kerusakan lingkungan yang parah. Aturan tersebut berlaku pada tanggal 26 April setelah para peniliti menyebutnya sebagai “selokan penuh sampah”.

Tujuan dari ditutupnya pulau turis ini adalah untuk memulihkan kembali kelestarian alam tersebut. Penutupan ini berimbas kepada banyak pihak, selain nasib pekerja pariwisata, beberapa maskapai yaitu Philipphine Airlines yang harus mengurangi jumlah penerbangan ke Caticlan dan Kalibo, pintu gerbang pulau tersebut.

Telah Dibuka Kembali

Telah Dibuka Kembali
Telah Dibuka Kembali via Instagram/erickrustan

Teman Traveler sekarang tidak perlu sedih lagi. Sejak tanggal 26 Oktober 2018 kemarin, Pulau Boracay telah dibuka kembal. Wisatawan yang datang disambut dengan sejumlah peraturan baru, mulai dari pembatasan jumlah pengunjung, yaitu 19.200 orang dalam satu waktu, hingga beberapa larangan lainnya.

Selain itu, sejumlah hotel dan restoran juga ada yang ditutup karena tidak memenuhi standar. Turis dilarang untuk merokok, meminum minuman keras, dan tidak merayakan pesta pantai LaBoracay yang diperingati sebagai Hari Buruh pada tanggal 1 Mei karena telah dihapus. Dibukanya kembali pulau ini mendapat respon positif dari beberapa pihak, terutama wisatawan yang sudah lama ingin berkunjung.

Keindahan Pulau Boracay

Keindahan Pulau Boracay
Keindahan Pulau Boracay via Instagram/amadea.aquino14

Banyak dari wisatawan yang terpesona akan keindahan Pulau Boracay. Pengunjung akan disajikan dengan pemandangan pasir putih yang bersih, air jernih berwarna kebiruan, terumbu karang di dasar laut, dan pepohonan yang hijau. Selain itu Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa pantai seperti White Beach dan Bulabog Beach.

White Beach merupakan pusat bagi para turis, tak heran di sini ditemukan banyak restoran, tempat menginap, toko suvenir, dan juga pusat informasi. Jika tidak ingin suasana yang terlalu ramai, bisa dengan berkunjung ke Bulabog. Teman Traveler akan disambut dengan anginnya yang sepoi-sepoi. Bikin malas pulang.

Aktivitas di Pulau Boracay

Aktivitas di Pulau Boracay
Aktivitas di Pulau Boracay via Instagram/marco.bock

Pulau ini berjarak 315 km dari selatan kota Manila. Untuk menuju ke sini, Teman Traveler harus terbang dengan jurusan Pulau Panay yang lokasinya dekat dengan Boracay. Kemudian bisa mengambil jasa travel yang akan mengantarkan ke pulau ini. Selain bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, Teman Traveler juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti Kiteboarding (selancar dengan manggunakan parasut), snorkeling, diving, berlayar, berburu kuliner, berfoto-foto, dan masih banyak lagi.

Semoga dengan adanya peraturan baru bisa menjaga Pulau Boracay tetap bersih. Tidak ada lagi sampah dan limbang yang menodai kecantikannya. Bagaimana, siap menyaksikan sendiri kecantikan pulau yang satu ini?

Tags
Filiphina Filipina mancanegara pulau boracay Wisata
Share