Pulau Bonetambung, Surga Makassar yang Tawarkan Spot Snorkeling Idaman

dsc09426_zSA.JPG
Pulau Bonetambung (c) Muhammad Saaduddin Tenripada/Travelingyuk

Apakah Teman Traveler pernah mendengar Pulau Bonetambung? Kawasan yang ada di Makassar ini merupakan salah satu dari gugusan kepulauan Spermonde. Bentuknya hampir bulat sempurna dengan luas sekitar 5 hektar. Kenapa pulau ini dijadikan destinasi wisata? Simak ulasannya berikut!

Menuju Pulau Penyelaman

img_1044_47j.JPG
Kapal sekoci (c) Muhammad Saaduddin Tenripada/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang ingin berkunjung ke pulau ini, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam atau 18 kilometer dari kota Makassar. Pulau Bonetambung berbatasan dengan Pulau Langkai yang berada di sebelah timur.

Kawasan wisata ini sangat menarik jika ditinjau dari keanekaragaman hayatinya. Pulau ini merupakan salah satu destinasi snorkeling terbaik di Indonesia. Bahkan, ia masuk ke dalam segitiga terumbu karang dunia, yaitu coral triangle. Pulau Bonetambung masuk di dalamnya. Bangga, kan?

Akomodasi ke Pulau

1dsc07903_eRM.jpg
Spot penyelaman (c) Muhammad Saaduddin Tenripada/Travelingyuk

Untuk ke Pulau Bonetambung, Teman Traveler bisa menyewa perahu carteran dengan biaya sekitar Rp1.000.000. Paket ini sudah termasuk perjalanan pulang-pergi. Sayangnya, pulau ini belum memiliki kapal reguler yang rutin ke sini.

Selain itu kalian juga bisa menginap di Makassar. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Teman Traveler nikmati dan kunjungi di sana.

Selami Kedalaman Segitiga Karang

1dsc07913_2NO.jpg
Snorkeling (c) Muhammad Saaduddin Tenripada/Travelingyuk

Ada beberapa tempat yang bisa disinggahi untuk spot diving, yakni di sebelah barat Pulau Bonetambung dengan karakteristik reef slobe dan didominasi oleh terumbu karang Acropora. Itu, loh, terumbu karang yang bercabang dan di ujungnya ada warna putih!

Bukan hanya itu saja. Ada juga terumbu karang berbentuk masif dengan ukuran yang lumayan besar, namanya Porites. Dengan kedalaman 5 sampai 18 meter, sangat cocok untuk para divers pemula.

Untuk sebelah selatan ada juga spot penyelaman dengan kedalaman 1 sampai 21 meter. Karakteristiknya hampir sama dengan sisi lain pulau yang tadi sudah saya jelaskan. Meskipun memang lebih dangkal, tempat ini bisa dibuat snorkeling.

Pada spot ini terdapat banyak ikan ikan kecil yang bergerombolan di sela-sela terumbu karang. Jumlahnya sangat banyak! Setahu saya namanya adalah ikan Cromis.

Sisi Lain Pulau Bonebatang

1img_0493_sh0.jpg
Ikan nemo (c) Muhammad Saaduddin Tenripada/Travelingyuk

Di samping Pulau Bonetambung terdapat dangkalan cukup besar, yang mana orang-orang menyebutnya dengan nama Bonebatang. Untuk menikmati keindahan pulau ini, Teman Traveler harus menunggu air laut surut agar pasir putihnya muncul ke permukaan.

Dari sinilah kalian bisa menyeberang.Luasnya tidak tanggung tanggung, loh! Bisa dipakai untuk bermain futsal atau voli air. Lebih seru lagi kalau kalian bisa berolahraga bersama teman-teman atau warga lokal.

Itulah tadi pesona Pulau Bonetambung yang harus Teman Traveler singgahi. Tertarik?

Tags
Indonesia kontributor pulau bonetambung Sulawesi Selatan Travelingyuk Wisata
Share