Hidden Pearl di Barat Indonesia: Pulau Bintan

Buat kita nama Pulau Bintan memang masih asing di telinga. Tapi bagi traveler mancanegara khususnya Singapura, pulau tersebut adalah salah satu tujuan traveling favorit mereka di samping pulau Bali. Ada banyak hal yang jadi penyebabnya selain lokasi strategis dan beragam fasilitas yang disuguhkan.

Yuk, kita kenalan dengan hidden pearl dari barat Indonesia ini. Siapa tahu kalian kepincut buat liburan kesana seusai membaca ulasan tentang objek wisata Bintan kali ini. Siap-siap saja, karena kamu pasti akan dibuat kagum bahkan hanya dengan melihat foto-fotonya saja.

Bintan [image Travelingyuk]
Dunia pariwisata Indonesia mengenal 3 lokasi sebagai gerbang utama wisatawan asing memasuki wilayah Indonesia yaitu Jakarta, Batam dan Bali. Tidak heran jika ketiga daerah tersebut tercatat sebagai daerah yang paling banyak mendulang kunjungan wisatawan. Data Kementerian Pariwisata Indonesia bahkan mencatat jika Batam menyumbang 30% jumlah wisatawan asing di Indonesia di bawah Bali.

Bintan [image Travelingyuk]
Lantas kemana perginya traveler yang masuk lewat Batam? Sebagian besar memang menghabiskan liburan mereka di kota tersebut tapi tidak sedikit yang kemudian melakukan eksplorasi ke daerah lain salah satu yang jadi tujuan utamanya adalah Pulau Bintan. Meski namanya belum populer di kalangan traveler domestik namun pulau ini sudah dikenal baik oleh wisatawan asing terutama yang berasal dari Singapura.

Bintan [image Travelingyuk]
Pulau Bintan berada tidak jauh dari Batam. Kedua pulau ini hanya terpisah jarak sekitar 40 menit perjalanan menggunakan perahu boat. Perahu-perahu tersebut akan bersandar di Pelabuhan Punggur yang sekaligus tempat berkumpulnya resor mewah. Yap, jangan salah meski disebut sebagai hidden pearl namun Pulau Bintan sudah punya resor mewah dan fasilitas memadai yang masih terus di lengkapi.

Bintan [image Travelingyuk]
Karena kebanyakan wisatawan yang berkunjung berasal dari luar negeri maka tak heran jika fasilitas yang tersedia kebanyakan untuk kelas menengah ke atas. Tapi buat backpacker tidak usah khawatir, Pulau Bintan masih menyisakan ruang bagi traveler kelas menengah ke bawah kog. Lewat pernyataan Menteri Pariwisata, pulau ini memang sedang dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan domestik.

Bintan [image source]
Salah satu buktinya adalah agenda pembangunan Pelabuhan Tanjung Berakit. Rencananya di kawasan ini akan tersedia penginapan keren dengan budget yang miring. Tentu saja semuanya masih mengikuti tarif dollar karena rata-rata pengunjung di pulau ini memang bule. Beralih ke aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Bintan. Pulau ini tergabung dalam gugusan pulau kecil yang jumlahnya sangat banyak.

Bintan [image source]
Yang pasti kegiatan island hopping sangat mungkin dilakukan di tempat ini. Selain itu kegiatan standar di pantai seperti berenang dan snorkeling juga bisa dilakukan. Apalagi daerah ini punya pantai-pantai super eksotis nan jernih dan alam bawah laut yang keren abis. Tak ketinggalan kegiatan ekstrim seperti parasiling juga tersedia di sana.

Nama Wisata : Pulau Bintan

Lokasi: Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Sudah terbukti kalau tempat wisata Bintan adalah salah satu andalan di Indonesia. Semoga ke depannya Bintan jadi lebih maju dan disukai oleh wistawan. Tunggu apa lagi, masukkan Pulau Bintan ke dalam bucketlist mu liburan ini!

Tags
batam kepulauan riau Pulau Bintan
Share