Pulau-pulau Indah di Indonesia Ini Terinspirasi Nama Hewan

Soal keindahan pulau, Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dilansir dari Kompas.com, sebanyak 2.590 pulau yang telah bernama dan memiliki koordinat didaftarkan ke PBB pada bulan Agustus 2017 silam. Total, saat ini negara kita memiliki 16.056 pulau. Di antara tanah-tanah yang menyimpan keindahan tersebut, terdapat beberapa pulau yang menggunakan nama hewan dan memiliki potensi wisata yang besar.

1. Pulau Ular, Nusa Tenggara Barat

Perairan Pulau Ular yang Jernih [image source]
Walaupun namanya menyeramkan, tempat ini masih tetap memiliki keindahan yang pantas kamu coba. Tenang saja, ini bukan pulau yang sesak dan penuh dengan ular. Walaupun, memang ada populasi ular laut di pulau ini. Hewan ini tergolong masuk dalama keluarga ular eksotis, di mana warna hitam dan putih kulitnya akan berpendar ketika berada di dalam laut dan terbias sinar matahari.

Daratan Pulau Ular [image source]

2. Pulau Tikus, Bengkulu

Hamparan pasir putih di Pulau Tikus [image source]
Hanya sebesar 5.000 meter persegi, Pulau Tikus adalah potensi bahari yang ada tak jauh dari Kota Bengkulu. Jaraknya memerlukan sekitar 40 menit perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan. Tak hanya pantai yang masih asri, di sini kamu juga bisa melakukan kegiatan bawah laut yang tak kalah seru. Seperti snorkeling misalnya.

Pesona bawah laut Pulau Tikus [image source]

3. Pulau Burung, Bangka Belitung

Pulau Burung, Bangka Belitung [image source]
Terletak di pesisir utara Belitung, warga lokal menyebut pantai ini dengan nama Burong yang dalam bahasa lokal memiliki arti burung. Tak heran, tak jauh dari pesisir Pulau Burung terdapat batuan yang tertata secara alami dan membentuk kepala burung. Masalah keindahan, wilayang Bangka Belitung tak perlu dipertanyakan lagi.

Batu berbentuk kepala burung [image source]

4. Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Pesisir Pulau Pari [image source]
Dari Jakarta, perjalanan menuju tempat ini hanya memerlukan waktu 40-60 menit saja. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini. Snorkeling adalah salah satu satunya. Namun tak hanya aktivitas air, kamu dapat mengelilingi pulau dengan bersepeda. Namun jangan berangan-angan bertemu ikan pari, karena itu hanyalah nama yang digunakan untuk pulau ini saja.

Menjadi destinasi wisata bagi warga Ibukota [image source]
Hidup di negara kepulauan, membuat kita tak pernah kehabisan destinasi wisata seperti ini. Dari empat pulau di atas mana yang paling dekat dengan daerahmu? Atau kamu pernah mendengar pulau yang menggunakan nama hewan di sekitar tempat tinggalmu?

Tags
bangka belitung DKI Jakarta Indonesia Nusa Tenggara Wisata Alam
Share