Pulau Beralas Pasir, Surga Tropis Laut Cina Selatan

Advertisement

Banyak traveler selama ini terlalu fokus menjelajahi keindahan pulau tropis Indonesia di sebelah timur hingga tidak sadar jika di ujung barat negeri ini tersimpan surga tropis tersembunyi bernama Pulau Beralas Pasir. Inilah salah satu pulau yang dijuluki sebagai Surga Tropis Laut China Selatan.

Pulau Beralas Pasir, masih asing dengan nama pulau ini? Bagaimana dengan Lagoi Bay atau Pulau Bintan? Nah mungkin kalian pernah dengar tuh nama Pulau Bintan meski belum pernah menjejakkan kaki di sana. Memangnya apa sih yang spesial dari pulau ini.

Pulau Beralas Pasir, Pulau Bintan, via instagram
Pulau Beralas Pasir, Pulau Bintan, via instagram

Pulau Beralas Pasir itu adalah satu dari sekitar 3 ribu pulau besar dan kecil yang ada di kawasan Pulau Bintan. Pulau Bintan sendiri adalah pulau terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini terdapat ibukota provinsi yaitu Tanjungpinang. Yang menjadi fokus kita adalah potensi wisata yang dimiliki pulau ini.

Mungkin belum banyak yang tahu jika Pulau Bintan adalah surganya berlibur bagi traveler asing salah satunya adalah traveler asal Singapura sebab lokasi pulau ini sangat dekat dengan negara tersebut, hanya butuh penyeberangan selama kurang dari satu jam. Di sisi timur Pulau Bintan inilah Pulau Beralas Pasir berada.

Ayunan di Pulau Beralas Pasir, via instagram
Ayunan di Pulau Beralas Pasir, via instagram

Pulaunya kecil dan tidak berpenghuni. Hanya ada beberapa orang petugas saja yang berjaga dan merawat pulau. Untuk sampai di sana traveler harus menyeberang dari pelabuhan Teluk Bakau yang memakan waktu sekitar 20 menit. Kebanyakan traveler yang berkunjung ke pulau ini adalah para tamu dari resor-resor mewah yang ada di sekitaran Kawal, Teluk Bakau dan Trikora.

Snorkeling di Pulau Beralas Pasir, via instagram
Snorkeling di Pulau Beralas Pasir, via instagram

Aktivitas di pulau ini tidak jauh-jauh dari kegiatan air terutama snorkeling. Perairan di sekitar Pulau Beralas Pasir ini memang dikenal sangat jernih dengan karang-karang yang terawat dengan baik. Spot snorkeling biasanya dilakukan di sekitar perairan dangkal pulau ini atau di dekat Pulau Nikoi yang letaknya tidak jauh dari Pulau Beralas Pasir.

Selain itu, terjaganya ekosistem perairan laut di sekitar pulau ini membuatnya dihuni banyak spesies ikan. Dengan begitu pulau ini juga sangat cocok digunakan sebagai spot memancing. Namun bagi yang tidak berani snorkeling bisa juga mendarat ke pantainya dan melakukan kegiatan seperti voli pantai atau sekedar bermain pasir dan bermain air di pinggir pantai.

Jembatan fotogenik di pulau Beralas Pasir, via instagram
Jembatan fotogenik di pulau Beralas Pasir, via instagram

Jalur ke Pulau Beralas Pasir hanya dikhususkan untuk kegiatan wisata. Jadi satu-satunya cara untuk datang ke pulau ini adalah bergabung dengan paket wisata yang ditawarkan oleh agen wisata dari resort atau agen tur lokal. Untuk lebih jelasnya, lokasi Pulau Beralas Pasir bisa traveler lihat pada peta berikut ini.

Advertisement
Tags
kepulauan riau Pulau Beralas Pasir Pulau Bintan White Sands Island
Share