Pulau Benan, Bali Kecil Nan Eksotis di Kepulauan Riau

Advertisement

Kepulauan Riau dikenal akan ratusan pulau kecilnya yang eksotis. Salah satu yang belakangan banyak dibicarakan karena keindahannya adalah Pulau Benan. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai Bali kecil di Negeri Segantang Lada. Penasaran dengan destinasi wisata satu ini kan? Berikut ulasannya.

‘Surganya’ Pecinta Pantai

Keindahan pantai di Pulau Benan yang menakjubkan
Keindahan pantai di Pulau Benan yang menakjubkan [image source]
Terletak tidak jauh dari Pulau Katang, Benan memiliki keindahan pantai yang menakjubkan. Air lautnya biru jernih dan terlihat sempurna dengan pasir yang bersih. Belum lagi batu-batu karang yang tersebar menghiasi garis pantai. Di sini pula kamu bakalan dimanjakan dengan langit berwarna kekuningan saat pagi hari.

Keindahan senja yang memesona di Pulau Benan
Keindahan senja yang memesona di Pulau Benan [image source]

Padang Savana dengan Latar Puluhan Pohon Kelapa

Padang rumput Pulau Benan
Padang rumput Pulau Benan [image source]
Bukan hanya hamparan pasir pantai yang bersih dan lembut, kamu pun juga dapat melihat padang rumput keren. Hampir mirip dengan savana di Taman Nasional Baluran, bedanya hanya pada latar dari padang rumputnya. Destinasi mengagumkan di Pulau Benan dikelilingi pohon kelapa yang melambai terkena terpaan angin laut. Mau duduk santai atau berfoto, bisa mampir ke sini!

Padang savana Pulau Benan
Padang savana Pulau Benan [image source]

Nikmati Keindahan Alam Bawah Laut yang Menakjubkan

Snorkeling di Pulau Benan
Snorkeling di Pulau Benan [image source]
Ingin kegiatan yang lebih memantang, kamu bisa turun ke laut. Dengan menyewa peralatan snorkeling, keindahan taman bawah laut versi Kepulauan Riau bakal memanjakan matamu. Belum lagi satwa lucu yang menjadi penghuni laut di Pulau Benan. Selain itu, ada pula lokasi penangkaran penyu yang masih terjaga hingga saat ini. Selain bersenang-senang, kamu pun bisa banyak tentang penyu di sini.

Satwa di Pulau Benan
Satwa di Pulau Benan [image source]

Habiskan Malam dengan Menginap di Akomodasi Pinggir Pantai

Akomodasi di Pulau Benan
Akomodasi di Pulau Benan [image source]
Meski tak seluas Bali, fasilitas di Benan cukup memadai. Di tiap sudutnya banyak rumah makan yang menyediakan aneka makanan laut yang segar. Selain itu ada pula akomodasi yang dapat disewa dengan harga relatif terjangkau. Seperti homestay di sebelah timur pulau. Untuk satu kamarnya biasa dibandrol dengan harga Rp100.000. Menariknya, kamu pun bisa menikmati matahari terbit gratis langsung dari kamar.

Bersepeda keliling Pulau Benan
Bersepeda keliling Pulau Benan [image source]

Akses yang Melelahkan tapi Menyenangkan

Pemandangan pantai di Pulau Benan
Pemandangan pantai di Pulau Benan [image source]
Seperti berkunjung ke pulau kecil lainnya, kamu harus ekstra bersabar untuk sampai di Pulau Benan. Setelah melakukan perjalanan udara sampai ke Batam, kamu harus menyeberang dengan kapal selama satu jam setengah. Tarif untuk sekali berangkat pun tak murah sekitar Rp185.000 per orang. Harga tersebut bakalan naik drastis jika kamu memilih sewa kapal. Tak hanya Batam, kamu mengambil rute dari Tanjung Pinang jika berniat liburan ke Benan.

Liburan di Pantai Benan
Liburan di Pantai Benan [image source]
Bagaimana, Pulau Benan yang terletak di Kabupaten Lingga ini tak kalah menakjubkan dengan destinasi wisata lainnya bukan? Lalu, kapan nih liburan ke sini?

Advertisement
Tags
kepulauan riau Lingga Pulau Benan Wisata
Share