Prefektur Gifu, Tempatnya Sakura dan Kue Khas Jepang

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Melihat bunga sakura mekar di Jepang merupakan kepuasan tersendiri. Warna bunga yang kalem dan tersebar di seluruh penjuru kota adalah salah satu daya tarik Negeri Sakura. Apalagi saat ini bunga berwarna merah muda tersebut sedang beramai-ramai merekah. Tapi bagaimana jika kamu dapat menikmati keindahan bunga sakura serta mencicipi kue-kue khas Jepang dalam satu wilayah? Prefektur Gifu adalah jawabannya.

Nagara Riverside, Sakura dan Kue Dango

Bunga sakura yang sedang mekar via instagram/@fumiyosugiyama

Di tepi sungai Nagara ini terdapat 500 pohon sakura yang terdiri dari berbagai jenis. Seperti Someiyoshino, Shidare-Zakura, serta Kohigan-Zakura. Puas menikmati keindahan bunga sakura, wisatawan yang datang juga dapat menikmati kue-kue Jepang di Wagasi Dokoro Ryokusian. Di sini terdapat kue Dango dengan berbagai macam topping.

Kue Dango disajikan dengan ditusuk via instagram/@misaki_39t

Terao Gahara, Sakura Mochi

Jalan yang dihiasi dengan bunga sakura di tepinya via instagram/@nonapozzz

Terao Gahara merupakan jalan sepanjang 2 kilometer dan di sisi jalannya terdapat ribuan pohon sakura yang tertata rapi. Saat musim mekar, dapat ditemukan banyak pedagang kaki lima di sekitar tempat ini. Menikmati jajanan mochi sakura dapat dicoba di toko Wagashi Dokoro Seki-Toraya.

Bentuk Sakura mochi via instagram/@choppe_tt

Festival Garyu Zakura, Mochi Strawberry

Garyu sakura yang bisa mencapai ketinggian 20 meter via instagram/@ryosuketoyama

Setiap tahun, festival ini diadakan pada pertengahan April. Edo Higan-Zakura adalah salah satu jenis tanaman sakura yang ada di tempat ini dan usianya mencapai 1.100 tahun, tingginya hingga 20 meter. Tak jauh dari tempat ini, terdapat sebuah toko kue bernama Tohoen. Jajanan yang terkenal di sini adalah Ichigo Daifuku, mochi besar yang berisi buah strawberry.

Mochi yange berisi Strawberry di dalamnya via instagram/@milomiloz

Motosu Usuzumi Zakura

Usuzumi Zakura yang berusia 1.500 tahun via instagram/@toshi_hyper37

Usuzumi zakura adalah salah satu jenis sakura yang telah berusia lebih dari 1.500 tahun dan terletak di Kota Motosu. Uniknya lagi, 30 menit dari tempat sakura ini terdapat toko kue tradisional yang bernama Yoshinoya. Menu andalannya adalah Usuzumi-zakura Uiro, kue yang terbuat dari tepung beras dan asinan kelopak bunga sakura.

Usuzumi-zakura Uiro, berbentuk kubus berwarna merah muda di sebelah kiri via instagram/@love_cafe_view

Jepang memiliki banyak sekali daya tarik untuk para wisatawan. Mulai dari budaya, fashion, bahkan juga kulinernya. Begitupun keindahan bunga sakura saat mekar. Ada waktu berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat?