Potala Palace Tibet, Istana Kuno Dalai Lama Tertinggi di Dunia

Tibet merupakan kawasan yang terkenal dengan Dalai Lama. Salah satu destinasi wisata populer di Tibet adalah Potala Palace, tempat tinggal sang Dalai Lama. Istana ini mempunyai beberapa daya tarik. Mulai dari lokasinya yang cukup tinggi sampai sejarah di baliknya. Mau tahu kelanjutannya? Dibaca ulasan berikut, ya.

Dibangun di Atas Pegunungan

Berada di Ketinggian 3.750 Mdpl via Instagram @wondersoftibet
Berada di Ketinggian 3.750 Mdpl via Instagram @wondersoftibet

Potala Palace Tibet dibangun di ketinggian sekitar 3.750 meter di atas laut, sehingga menjadi istana kuno tertinggi di dunia. Tempat ini dibangun di Marpo Ri alias Red Hill, di atas lahan seluas sekitar 13 hektar. Mempunyai 13 tingkat dengan kira-kira seribu ruangan. Dilengkapi dengan dinding batu setebal kurang lebih 3 meter.

Istana Kuno Tempat Tinggal Dalai Lama

Dibangun di Red Hill via Instagram @tibettravelers
Dibangun di Red Hill via Instagram @tibettravelers

Tempat ini dibangun oleh Dalai Lama ke-5 pada abad ke-7, kira-kira 100 meter di atas Kota Lhasa, ibu kota Tibet. Istana ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan sekaligus winter palace Dalai Lama. Potala Palace pun menjadi simbol Buddha Tibet dan landmark dari Lhasa.

Terbagi Menjadi The Red Palace dan The White Palace

Terbagi Menjadi Dua Istana via Instagram @thekyp
Terbagi Menjadi Dua Istana via Instagram @thekyp

Potala Palace terbagi menjadi The Red Palace dan The White Palace. Di dalam White Palace di bagian timur bangunan, merupakan ruang tempat tinggal Dalai Lama.

Sedangkan Red Palace mempunyai fungsi religius dengan kuil-kuil dan makam dari beberapa Dalai Lama sebelumnya. Oleh karena itu, istana ini pun menjadi tempat para peziarah datang. Demi menghormati para mendiang Dalai Lama. Atraksi menarik selanjutnya adalah puncak Red Palace, mempunyai tujuh atap terbuat dari perunggu berlapis emas.

Berkunjung ke Potala Palace

Berkunjung ke Potala Palace Tibet via Instagram @road_movies
Berkunjung ke Potala Palace Tibet via Instagram @road_movies

Teman Traveler yang ingin berkunjung ke Potala Tibet Palace harus booking tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Harga tiket masuknya saja kurang lebih Rp150 ribuan per orang. Sebaiknya menggunakan jasa agen perjalanan agar proses lebih mudah.

Wisatawan Berkunjung via Instagram @pauline_noyen
Wisatawan Berkunjung via Instagram @pauline_noyen

Pelancong pun diharapkan datang setidaknya satu jam sebelum waktu masuk. Kalau telat akan ditinggal dan tidak bisa masuk. Wisatawan harus melewati security check, tidak boleh membawa air dan korek api. Bahkan dilarang mengambil foto, demi melindungi istana ini.

Berhubung Potala Palace adalah tempat suci, lebih baik memakai pakaian cukup tertutup. Disarankan memakai mantel, sebab cuaca cukup dingin.

Itulah gambaran Potala Palace yang merupakan pusat pemerintahan Tibet dan tempat tinggal Dalai Lama. Teman Traveler berminat menjelajahi istana tersebut? Atau ada yang sudah pernah berkunjung?

Tags
asia Istana Luar negeri potala palace Tibet Tiongkok Wisata
Share