Kini di Bandara Barangmu Bisa Dibawakan Bak Raja dan GRATIS!

Barang bawaan seperti koper sering kali membebani penumpang pesawat. Karena itu pula, tidak sedikit yang memutuskan menggunakan jasa pembawa barang atau porter yang ada di bandara. Meski cukup membantu, penumpang perlu menyiapkan uang lebih untuk memberikan tips kepada mereka.

Hingga sekarang, porter di bandara Indonesia cukup agresif menangani penumpang sampai di ruang tunggu. Bahkan mereka akan sedikit memaksa demi mendapatkan tips berlebih. Namun, pemandangan tersebut kini telah berubah jika kamu berada di Bandara Soekarno Hatta. Di bandar udara internasional yang masuk dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia itu, kamu malah mendapatkan bantuan dari porter tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Wah, lumayan banget bukan?

Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta [image source]
Dilansir dari Detik.com, jasa porter gratis ini berlangsung sejak tanggal 1 September 2017 kemarin. PT  Angkasa Pura 2 yang menjadi perusahaan yang membawai porter tersebut menggratiskan layanan jasa angkat barang di terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno Hatta. Bukan tanpa alasan, porter gratis yang kini dijuluki sebagai airport helper  ini diharapkan dapat membantuk para lansia atau orang tua yang kesusahan membawa barang tanpa perlu menyiapkan tips. Tak sebanyak sebelumnya, jumlah penyedia jasa angkat barang hanya 805 orang. Angka tersebut merupakan hasil penyaringan ketat yang dilakukan oleh perusahan BUMN yang memberikan layanan lalu lintas udara ini.

Dengan slogan No Tipping, semua helper yang menggantikan tugas dari porter berbayar dilarang meminta tips kepada penumpang. Bukan hanya itu saja, mereka yang diketahui menerima tips pun juga bakalan dikenakan sanksi. Tak main-main, airport helper ini bukan hanya mendapatkan peringatan tapi juga pemecatan langsung. Kendati tak bisa mendapatkan tips, ternyata airport helper sudah mendapatkan gaji bulanan setara dengan UMR. Mereka pun juga memiliki identitas berupa kartu nama bahkan seragam dengan warna biru.

Airport Helper di Bandara Soekarno Hatta
Airport Helper di Bandara Soekarno Hatta [image source]
Selain untuk membantu mengangkut barang, mantan porter ini juga memiliki tugas untuk mengarahkan penumpang ke tempat yang dituju. Aturan baru yang dibuat pun ternyata mendapatkan reaksi positif dari banyak orang. Selain gratis tanpa memberikan tips, airport helper juga terlihat dapat dipercaya. Untuk saat ini, airport helper masih berjalan di Bandara Soekarno Hatta saja.

Semoga saja, bandara lain dapat menyusul inovasi baru yang dapat membantu para traveler saat ada di bandara. Ke depan semoga bandara Soekarno Hatta dapat memberikan lebih banyak lagi fasilitas dan layanan bagi masyarakat. Bagaimana, tertarik untuk menikmati jasa dari para airport helper ini kan?

Tags
bandara Indonesia
Share