Ternyata, Pohon Natal Terbesar di Dunia Ada di Italia

Amerika dan Swiss boleh saja mengklaim memiliki pohon Natal tertinggi namun orang-orang pasti akan langsung setuju jika pohon Natal raksasa, terbesar dan tertinggi hanya ada di Italia. Pasalnya pohon Natal ini memiliki tinggi 650 meter dan membutuhkan kabel 10 kilometer serta lampu warna-warni sebanyak seribu buah untuk menghiasnya. Wow, fantastis.

Tapi tunggu dulu, pohon ini bukanlah pohon dalam arti yang sebernarnya. Karena tidak mungkin ada pohon yang dapat tumbuh setinggi itu bahkan pohon Redwood Sequoia yang tumbuh di California sebagai pohon tertinggi di dunia hanya memiliki ketinggian 115 meter saja. Yang dimaksud di sini adalah sebuah instalasi cahaya lampu yang dibentuk seperti pohon Natal.

Tradisi membuat hiasan lampu berbentuk pohon Natal ini dilakukan oleh warga dari kota kecil dari abad pertengahan bernama Gubbio di Italia Utara. Setiap tahun pada hari Natal mereka akan menghiasi lereng gunung Ingino dengan kerlap-kerlip dari ribuan lampu hias. Di puncak gunung diletakkan sebuah bintang yang berkilau dan memancarka sinarnya hingga mampu menerangi area sejauh 1.000 meter persegi. Bintang tersebut dibuat dari rangkaian 250 lampu. Maka tak heran jika Guinness Book of Records mengganjarnya dengan rekor sebagai Pohon Natal Terbesar di Dunia pada tahun 1991.

Pohon Natal Gubbio (c) panoramio
Pohon Natal Gubbio (c) panoramio

Tradisi ini dimulai di tahun 1981, ketika orang-orang Gubbio ingin merayakan Natal dengan cara yang berbeda. Pada tahun itu pula pohon Natal ini dibuat untuk pertama kalinya. Sejak saat itu, tradisi membuat hiasan lampu menyerupai pohon Natal ini menjadi agenda tahunan dan dimulai sejak tanggal 7 Desember lampu itu akan terus dinyalakan hingga satu bulan.

Pesta yang meriah terjadi di tahun 2011 dimana upacara menyalakan lampu itu dilakukan oleh Paus Benediktus XVI secara virtual dari komputer di Vatikan. Dengan sekian banyaknya lampu yang digunakan kalian pasti berfikir jika ini adalah suatu pemborosan listrik. Namun jangan khawatir karena sejak 2010, daya yang diperlukan untuk menyalakan lampu itu berasal dari tenaga surya.

Hiasan Lampu Menyerupai Pohon Natal Ini Tercatat Sebagai Pohon Natar Terbesar di Dunia (c) www.cntraveler.com
Hiasan Lampu Menyerupai Pohon Natal Ini Tercatat Sebagai Pohon Natar Terbesar di Dunia (c) www.cntraveler.com

Pohon Natal ini dipandang sebagai pemuliaan dan penghormatan terhadap santo pelindung mereka yaitu Sant-Ubaldo. Ia merupakan uskup pada abad ke-12 yang berasal dari Gubbio dan dimakamkan di puncak gunung Ingino. Maka wajar jika puncak gunung diletakkan mahkota bintang jatuh yang sangat terang. Natal tahun ini pun akan ada perayaan serupa dengan hiasan lampu yang sama, so untuk menikmati libur Natal tahun ini traveling yuk ke Italia.

Tags
Pohon Natal traveling
Share