Playa de Gulpiyuri, Satu-Satunya Pantai di Dunia yang Tidak Punya Laut

Umumnya pantai itu pasti punya laut yang menghampar luas, tapi tidak buat Playa de Gulpiyuri. Pantai di spanyol ini tidak punya laut, ajaibnya pantai ini tetap mengalami pasang surut lengkap dengan pasir putih dan ombak. Bagaimana ini bisa terjadi?

Spanyol mempunyai sebuah fenomena alam ajaib bernama Pantai Gulpiyuri yang terletak 475 kilometer utara kota Madrid tepatnya di Kota Llanes. Keajaiban pantai ini terletak pada penampakannya yang tidak mempunyai laut. Pantai ini menghadap pada sebuah bukit batu yang ditumbuhi rerumputan.

Playa de Gulpiyuri, via instagram
Playa de Gulpiyuri, via instagram

Akan tetapi Pantai Gulpiyuri atau dikenal juga dengan Playa de Gulpiyuri ini mempunyai pasir pantai lengkap dengan air asin dan ombak berukuran sedang. Sontak keajaiban alam ini membuat Pantai Gulpiyuri menjadi destinasi wisata populer di kota tersebut. Setiap hari ada saja wisatawan yang datang untuk melihat langsung keajaibannya atau sekedar menikmati keindahan pantai berukuran mini ini.

Meski terlihat cukup ajaib tapi ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena pantai tak berlaut tersebut. Jadi menurut peneliti, di bawah bukit yang menjadi batas laut itu terdapat terowongan yang terhubung dengan Laut Cantabrian yang berada di Teluk Biscay. Jarak teluk dengan Pantai Gulpoyuri sekitar 80 meter. Arus laut yang kuat kemudian mendorong air hingga ke pantai itu.

Pasang Surut di Playa de Gulpiyuri, via instagram
Pasang Surut di Playa de Gulpiyuri, via instagram

Ukuran Playa de Gulpiyuri memang kecil tapi tidak ada bedanya dengan pantai-pantai lain. Airnya jernih dan berasa asin, pasisirnya berupa pasir putih yang terbawa arus dari laut, pantai ini juga mempunyai ombak yang tidak terlalu besar dan tak ketinggalan pula bahwa pantai ini juga mengalami proses pasang surut.

Playa de Gulpiyuri adalah pantai ajaib yang tidak mempunyai laut, via instagram
Playa de Gulpiyuri adalah pantai ajaib yang tidak mempunyai laut, via instagram

Pantai yang unik ini berada di kawasan yang dilindungi oleh pemerintah Spanyol. Jadi keindahan Pantai Gulpiyuri dijamin akan tetap lestari dan bisa dinikmati oleh beberapa generasi mendatang. Kalau kamu penasaran datang saja ke pantai ini saat berlibur ke Spanyol. Dijamin matamu akan takjub melihat keindahan alam yang tak biasa ini.

 

Tags
Pantai Ajaib Pantai Gulpiyuri Spanyol
Share