Pisang Embal, Sajian Pisang Goreng Khas Kei Terenak di Dunia, Pas untuk Berbuka

Berapa banyak di antara Teman Traveler yang senang menyantap pisang goreng? Kalian wajib mampir ke Kepulauan Kei di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Di sana kalian bisa menemukan Pisang Goreng Embal, satu-satunya dan terenak di dunia!

Ya, Kepulauan Kei tak hanya memiliki deretan pantai indah namun juga beberapa kuliner lezat. Salah satunya adalah Pisang Goreng Embal. Sajian satu ini wajib dicicipi jika Teman Traveler sedang berada di Maluku.

Pisang Embal Gunakan Tepung Unik

Dibuat menggunakan tepung embal via Instagram.com/keiisland_indonesia

Jika pada umumnya dibaluri tepung siap saji, Pisang Embal berbeda. Panganan khas Kepulauan Kei ini dimasukkan minyak panas usai sebelumnya diselimuti tepung embal. Bagi Teman Traveler yang belum tahu, embal mearupakan makanan khas Maluku berbahan singkong.

Setelah diolah, embal bisa disajikan dalam berbagai varian. Salah satunya pisang goreng. Embal bahkan kerap dijadikan cemilan oleh masyarakat sekitar Maluku Tenggara, tepatnya di Kota Tual.

Jika Tak Hati-hati, Bisa Beracun

Pisang goreng terenak via Instagram.com/keiisland_indonesia

Tepung embal dibuat dengan memarut umbi singkong, dilanjutkan dengan proses mengayak, merendam, dan memeras untuk mengeluarkan racun. Namun jangan khawatir Teman Traveler, kandungan racun di sini tak seperti sianida yang bisa membekas kok.

Setelah semua kandungan racun hilang, tepung lantas dijempur hingga kering sebelum disaring. Hasil penyaringan inilah yang lantas digunakan untuk membaluri pisang.

Proses menggoreng pisang sama seperti pisang goreng pada umumnya. Pisang setengah matang dipotong menjadi dua, dibaluri tepung embal, sebelum dicelup minyak panas.

Disajikan dengan Sambal

Nikmat ketika dicocol sambal via instagram.com/keiisland_indonesia

Pisang ini biasa disajikan dengan sambal yang terbuat dari olahan cabai, tomat, bawang merah, terasi dobu, dan sedikit perasan jeruk. Semua bahan tersebut digoreng terlebih dulu sebelum kemudian dihaluskan.

Teman Traveler yang baru mencoba pertama mungkin akan merasa aneh. Tapi jangan khawatir. Setelah beberapa suapan kalian bakal mulai merasakan sensasi nikmat sajian khas Kepulauan Kei ini.

Pas untuk Temani Santai

Nikmat untuk camilan via Instagram.com/keiisland_indonesia

Pisang Goreng Embal sangat pas dijadikan cemilan untuk temani saat santai di pinggir pantai. Nikmat pula disantap bersama kopi maupun teh, sembari ngobrol bareng teman. Sajian ini bisa kalian dapatkan di hampir semua tempat wisata. Pantai Pasir Putih Panjang Ngrubloat salah satunya.

Harga sajian ini juga cukup murah. Seporsinya dibanderol sekitar Rp10.000, berisi lima sampai tujuh potong. Cukup menarik bukan?

Nikmat untuk camilan via Instagram.com/keiisland_indonesia

Itulah sedikit ulasan mengenai Pisang Embal, sajian khas yang wajib Teman Traveler coba ketika sedang jalan-jalan di Kepulauan Kei. Dijamin puas. Tapi hati-hati ya, pastinya kalian bakal ketagihan!

Tags
Kepulauan Kei kontributor Travelingyuk wisata kepulauan kei
Share