Pasti Piramida di Mesir, Bukan Yang Satu Ini Ada di Italia!

Advertisement

Sudah menjadi semacam aturan yang paten jika kota Roma di Italia identik dengan landmark Colosseum sedangkan negara Mesir punya ikonnya sendiri berupa Piramida. Tapi yang traveler lihat berikut ini adalah hal yang sangat unik dan langka, ada piramida di Italia. Seperti apa bentuknya, yuk baca terus ulasan berikut ini.

Memang betul ada piramida yang dibangun di Italia. Seperti keterangan yang dilansir Travelingyuk dari laman Coop Culture, piramida di negeri pizza ini berawal dari kisah bangsa Romawi yang melakukan perjalanan ke Mesir pada berabad-abad silam. Pada saat itu Mesir dianggap sebagai kiblat seni arsitektur dunia.

Piramida Caius Cestius, via instagram
Piramida Caius Cestius, via instagram

Dari pandangan itulah kemudian orang-orang Romawi membangun piramida serta bangunan-bangunan lain bergaya Mesir di wilayahnya. Sementara itu bangunan piramida di Italia ditemukan ada empat, salah satunya adalah Piramida Caius Cestius di Roma. Piramida ini diyakini sebagai makam untuk seorang Romawi kaya yang menggilai semua hal berbau Mesir.

Piramida Caius Cestius terispirasi dari piramida di Mesir pada zaman Romawi, via instagram
Piramida Caius Cestius terispirasi dari piramida di Mesir pada zaman Romawi, via instagram

Piramida Caius Cestius di Roma dibangun antara abad 18 dan 12 sebelum masehi berdasarkan bukti sejarah yang ditemukan. Di dinding luar piramida terdapat tulisan Gaius Cestius Epulo yang merupakan anak Lucius. Ukuran piramida ini lebih kecil dibanding piramida di Mesir dengan tinggi 36 meter dan konon dibangun selama 330 hari.

Kini Piramida Caius Cestius menjadi satu-satunya piramida di Eropa yang masih berdiri. Itupun karena sebelumnya mendapatkan suntikan dana dari pengusaha Jepang, Yuzo Yagi untuk memugar piramida tersebut. Kini traveler pun diperkenankan untuk mengunjungi piramida bersejarah di kota Roma.

Piramida Caius Cestius memiliki bentuk yang lebih runcing, via instagram
Piramida Caius Cestius memiliki bentuk yang lebih runcing, via instagram

Sedikit tambahan bahwa Caius Cestius sebelumnya dibangun di kawasan pinggiran. Namun seiring dengan perkembangan zaman kini keberadaannya malah tepat berada di persimpangan yang super sibuk. Peninggalan sejarah lainnya yang ditemukan di sekitar piramida ini pun akhirnya dipindahkan ke Musei Capitolini.

Advertisement
Tags
Italia Luar negeri Piramida
Share