Ini Hal yang Akan Terjadi Jika Pintu Darurat Pesawat Dibuka Saat Terbang

Advertisement

Pada Senin 27 September 2021 kemarin maskapai penerbangan Citilink mendarat darurat setelah seorang penumpang anak-anak membuka cover tuas pintu darurat. Berikut hal yang akan terjadi jika pintu darurat pesawat dibuka saat terbang. Simak ulasan di bawah ini.

1. Tersedot Mesin

tersedot mesin
Ilustrasi via pexels Pixabay

Mengutip dari detik.com, membuka pintu darurat dalam keadaan mesin hidup dapat membuat manusia tersedot mesin apalagi tepat berada pada depannya. Meskipun membuka pintu darurat ketika terbang sangat mustahil terjadi kecuali dengan dongkrak hidrolik. Sebab adanya tekanan mendorong setiap inci persegi interior pesawat dua kali lipat daripada dorongan manusia.

2. Terkena Hempasan

terkena hempasan
Ilustrasi via pexels Oday Hazeem

Kemudian yang akan terjadi ketika pintu darurat dibuka saat mesin menyala dapat membahayakan keselamatan penerbangan dan penumpang bisa terkena hempasan mesin jet pesawat atau disebut blast.

3. Sanksi Pidana dan Denda

sanksi dan denda
Ilustrasi via pexels EKATERINA BOLOVTSOVA

Selanjutnya jangan coba-coba iseng membuka pintu darurat jika tidak ingin mendapat sanksi pidana dan denda. Aksi membuka pintu darurat bukan dalam keadaan semestinya bisa melanggar UU Penerbangan Pasal 54, untuk denda dari kasus di berbagai belahan negara ada yang dikenakan denda 2.500 dollar US atau sekitar Rp 25 juta hingga Rp 4 juta – Rp 9 juta.

4. Tidak Bisa Dibuka di Udara

tidak bisa dibuka di udara
Ilustrasi via pexels Ryanniel Masucol

Pintu darurat pesawat tidak bisa dibuka di udara karena sudah didesain sedemikian rupa dengan mekanisme penguncian yang mencegah orang-orang tak bisa membukanya. Pintu darurat akan terbuka setelah mencapai di landasan atau di darat.

5. Menyebabkan Kerugian

kerugian
Ilustrasi via pexels Pixabay

Pada banyak kasus sebelumnya jika sampai pintu darurat dibuka paksa dan terjadi kerusakan dapat menyebabkan kerugian selain membahayakan keselamatan manusia di dalamnya. Dibutuhkan biaya yang tak murah untuk pemasangan pintu darurat dan potensi kerugian dari keberangkatan dan lainnya. Salah satu contoh kasus yang terjadi di Vietnam diketahui menelan biaya 10 dollar US atau sekitar Rp 100 juta untuk memasang kembali pintu darurat.

Demikian hal yang akan terjadi jika pintu darurat pesawat dibuka saat terbang, selalu patuhi peraturan maskapai penerbangan Teman Traveler agar menjaga keamanan dan keselamatan sampai tujuan.

Advertisement
Tags
info terbaru Kasus di dalam pesawat maskapai penerbangan tips traveling
Share