Nggak Cuma Pantai, Ini Opsi Destinasi Wisata di Kepulauan Riau

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Kepulauan Riau adalah wilayah yang dianugrahi alam bahari luar biasa. Bagaimana tidak, pesisir pantai yang indah serta kekayaaan bawah laut yang luar biasa adalah daya tarik utama wilayah ini. Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki banyak destinasi ini baru saja diresmikan dan merupakan pemekaran dari Provinsi Riau. Namun, tak hanya pantainya saja yang memiliki panorama luar biasa. Berikut ini adalah sejumlah destinasi wisata lain yang harus kalian datangi.

1. Gumuk Pasir Busung

Keindahan gundukan-gundukan pasir [image source]
Gurun Pasir Busung adalah peninggalan tambang bauksit yang saat ini terbengkalai. Gundukan berwarna coklat menjadi magnet paling kuat yang mampu menarik wisatawan. Terbukti tempat yang berada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau ini kian melejit di sosial media.

Perbukitan pasir berwarna putih [image source]

2. Telaga Biru

Pengunjung juga dapat menyewa kano untuk keliling [image source]
Telaga Biru ini terletak di Desa Busung Bintan, tak jauh dari Gumuk Pasir Busung. Tempat ini bukan terbentuk karena proses alam, melainkan bekas galian pasir. Pasir berwarna putih dan membentuk lekukan sehingga air yang dihasilkan pun menjadi biru. Ada beberapa Telaga Biru di sana dan bahkan ada yang sangat luas.

Bekas pertambangan yang jadi tempat wisata [image source]

3. Danau Biru Kawal

Air biru yang ditampung dari air hujan [image source]
Saat masih beroperasi, pertambangan mungkin jauh dari kata indah dan tidak cocok untuk tempat wisata. Namun setelah lama ditinggal dan tidak lagi digunakan, proses alam justru mengubahnya menjadi sebuah lokasi yang memukau. Hal seperti ini terjadi pada wisata Danau Biru di Bintan.

Juga berasal dari bekas pertambangan [image source]

4. Treasure Bay

Water slides di Treasure Bay [image source]
Treasure Bay berada di kawasan Wisata Terpadu Lagoi. Tempat ini dinobatkan sebagai kolam terbesar di Asia Tenggara dengan luas mencapai 6,3 hektar. Sensasi berbeda pun dapat kamu rasakan di tempat ini. Bentuknya pun dibuat menyerupai pesisir pantai. Dengan bagian tepi yang didesain lantai dan semakin ke tengah semakin dalam.

Tepi kolam renang Treasure Bay [image source]
Sepertinya melakukan trip menuju Kepulauan Riau tak akan membuatmu kehabisan ide untuk mengunjungi dan memilih destinasi selanjutnya. Dari empat lokasi di atas mana yang paling menarik untukmu?