Wayag Kemahalan? Ke Piaynemo Raja Ampat Saja, Gak Kalah Indah Kok

Dikenal sebagai surga kecil di timur Indonesia, Raja Ampat mungkin sudah masuk dalam bucket list sebagian besar Teman Traveler. Bukan tanpa sebab, mengingat kawasan yang masuk wilayah Papua ini memang dikenal memiliki keindahan alam luar biasa. Terumbu karang dan ekosistemnya terjaga dengan baik, sangat alami dan jarang dijamah manusia. Salah satunya bisa dilihat dari Piaynemo Raja Ampat.

Namun demikian, tidak semua orang beruntung bisa melihat langsung indahnya Raja Ampat. Sebab untuk menuju sana dibutuhkan biaya ekstra besar. Bisa lebih murah jika mengikuti open trip, namun tetap saja menuntut dana yang tak sedikit.

Papan nama Piaynemo (c) Helga Christina/Travelingyuk

Raja Ampat sendiri memiliki banyak tempat ikonik, salah satunya Puncak Wayag. Dari sini Teman Traveler bisa melihat indahnya gugusan pulau kecil di ketinggian. Namun banyak pelancong kerap melewatkan destinasi ini karena masalah budget dan cuaca.

Paket tour untuk mengunjungi Wayag biasanya dihargai Rp5.000.000, itu pun belum termasuk biaya perjalanan dari Sorong. Medan yang dilalui juga cukup berat, lantaran harus melalui tebing. Apalagi ada bulan-bulan tertentu di mana ombak cukup tinggi dan tak ada operator yang berani berangkat.

Tapi tenang saja Teman Traveler, kalian masih bisa datang ke Piaynemo Raja Ampat. Lokasi ini tak kalah indah dengan Wayag dan lebih mudah dijangkau. Apa saja kelebihan lainnya? Yuk, simak ulasan berikut.

Pemandangan Replika Wayag

Panorama gugusan pulau di Piaynemo (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak beda jauh dengan Wayag, Puncak Piaynemo Raja Ampat juga menawarkan pemandangan indah gugusan pulau mungil di atas hamparan samudra biru. Biaya yang dibutuhkan juga tak terlalu mahal. Kalian bisa mengikuti paket trip sehari tanpa menginap seharga Rp1.500.000. Harga tersebut sudah termasuk kunjungan ke beberapa spot terkenal di sana.

Akses Mudah

Tangga menuju puncak bukit (c) Helga Christina/Travelingyuk

Untuk menuju puncak, Teman Traveler tak perlu terlalu bersusah payah. Sudah tersedia tangga kayu yang akan memudahkan langkah kalian. Hal ini berbeda dengan di Wayag, di mana pengunjung masih harus menyusuri karang untuk sampai puncak. Selain cukup berbahaya, juga membutuhkan tenaga ektra.

Uniknya, tangga di sini sengaja dibikin berlubang di beberapa tempat. Hal itu dilakukan guna memberi ruang khusus ranting dan dahan pohon, sehingga keberadaan tangga tak sampai merusak ekosistem sekitar.

Fasilitas Lengkap

Gardu pandang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Piaynemo Raja Ampat juga memiliki sederet fasilitas penunjang untuk membuat kunjungan wisatawan makin nyaman. Terdapat dermaga sandar yang memudahkan pengunjung masuk ke area wisata.

Teman Traveler juga akan menemukan beberapa pedagang kelapa muda di sini. Kalian harus coba nikmatnya menyantap air kelapa muda, usai lelah menapaki tangga menuju puncak Piaynemo.

Toilet bersih juga sudah tersedia di sini. Meski bentuknya masih portable, keberadaan toilet ini sangat membantu para wisatawan.

Itulah sederet kelebihan yang bisa Teman Traveler dapat ketika mengunjungi Piaynemo. Bagaimana, tidak kalah indah dari Wayag bukan? Jadi, kapan kalian berencana menghabiskan liburan di wisata Papua satu ini?

Tags
kontributor raja ampat Travelingyuk wisata papua wisata raja ampat
Share