Berkunjung ke Surga Kuliner Chinese Food, Petak Sembilan Glodok

Kawasan pecinan sangat mudah ditemui di Indonesia, sebagian penduduk di negara ini memang beretnis Tionghoa. Di Jakarta kawasan seperti itu terletak di tempat yang disebut dengan Glodok. Saat ini, Glodok lebih terkenal sebagai pasar yang memperdagangkan berbagai barang, khususnya elektronik. Tapi bukan berarti kamu hanya akan menemukan tumpukan mesin di sana. Kamu juga bisa datang ke Glodok untuk berburu kuliner. Karena erat dengan budaya Tiongkok, maka kamu akan banyak menemukan masakan oriental di sini, terutama Chinese Food.

Salah satu sudut yang paling ramai dengan penjual kuliner adalah Petak Sembilan. Orang-orang Jakarta tentu tahu betul seperti apa suasana di Sepanjang Petak Sembilan. Berbagai pernak-pernik khas Tiongkok akan memanjakan matamu seolah-oleh kamu berada di zaman dulu. Perjalananmu akan semakin memuaskan saat ada makanan yang mampir di lidah selama kunjunganmu ke Petak Sembilan. Saking banyaknya penjual, mungkin kamu akan bingung menentukan pilihan. Agar kamu lebih mudah mengambil keputusan, sebaiknya baca dulu beberapa informasi seputar Petak Sembilan Berikut ini.

1. Lokasi Petak Sembilan

Petak Sembilan masih termasuk dalam kawasan pusat kota. Jadi, untuk menemukannya itu tidak terlalu sulit. Kamu bisa datang langsung ke daerah Taman Sari. Karena lokasinya tepat berada di sepanjang  Jalan Kemenangan III 13 Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Baik siang atau malam, Petak Sembilan selalu menyuguhkan sesuatu yang menarik. Kamu bisa berpose di depan bangunan-bangunan tua bergaya China. Selain itu, jalan-jalan di sepanjang Petak sembilan akan membuat kamu jauh lebih sehat. Baik secara fisik maupun mental karena banyak pemandangan keren yang akan kamu lihat.

Petak sembilan [imgae source]
Petak sembilan [imgae source]

Untuk sampai di tempat itu, kamu bisa melewati beberapa alternatif jalur. Salah satunya adalah masuk lewat Jalan Glodok Pancoran. Karena ramai dengan berbagai aktivitas, maka akan lebih enak jika kamu menjelajahi Petak Sembilan dengan jalan kaki. Selain terbebas dari macet, kamu akan lebih leluasa berburu kuliner dan keindahan. Saat mendekati perayaan-perayaan besar seperti Imlek, maka nuansanya akan lebih meriah lagi dengan pernak-pernik menghiasi Jalan Kemenangan III.

2. Surga Belanja yang Mengagumkan

Melipir ke Petak Sembilan akan sangat menguji dirimu, apalagi jika kamu adalah seseorang yang suka sekali belanja dan berburu berbagai barang yang kadang unik dan antik. Bukan hanya aroma masakan yang menggugah selera, tapi bangunan-bangunan yang menjual berbagai aksesoris ala Tiongkok juga banyak berjajar. Di antaranya ada berbagai keperluan untuk ibadah umat Budha atau Konghuchu. Jangan kaget, karena Aroma hio yang begitu harum akan mudah kamu cium.

Surga Belanja [imgae source]
Surga Belanja [imgae source]

Salah satu toko yang memiliki riwayat panjang dan terkenal sebagai tempat untuk membeli berbagai peralatan ibadah ke Kelenteng dan sebagainya adalah Toko Sinar Surya. Selain belanja aksesoris, obat-obatan tradisional Tiongkok juga bisa kamu dapatkan di Petak Sembilan. Banyak juga sinshe yang khusus membuka praktik terapi lengkap dengan pemberian ramuan herbal yang dianggap ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Tersedia Chinese Food yang Halal

Beberapa Chinese food dimasak dengan bahan-bahan yang tidak halal seperti menggunakan minyak atau daging babi. Namun untuk kamu yang dilarang mengkonsumsi makanan tak halal nggak perlu khawatir, karena ada beberapa penjual makanan yang menyediakan menu halal. Rasa lezatnya nggak kalah kok, dan pastinya akan membuat lidah langsung bergoyang saking enaknya. Jika anda tidak tahu tentang menu yang kamu pesan, sebaiknya bertanya terlebih dahulu untuk memastikan kehalalannya.

Salah satu kedai yang menjual makanan halal adalah Gado-gado Direksi, sajian makanan yang dibuat dengan sayur ditambah kuah kacang berbumbu legendaris. Selain itu ada juga Mi Kangkung si Jangkung. Sesuai namanya, yang jadi pelengkap utama bukanlah ayam, tapi kangkung. Mie disajikan dengan bahan tersebut ditambah dengan tauge, yang membuat rasanya jadi makin mantap adalah kuahnya yang dibuat dengan campuran kaldu udang, kaldu ayam, dan ebi. Meski begitu, kamu masih tetap bisa menemukan potongan udang dan ayam dalam porsinya.

4. Menikmati Hidangan di Warung Kari Lam

Satu lokasi dengan Mi Kangkung, kamu juga bisa mampir ke Warung Kari Lam. Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak jika menu utama yang ditawarkan berupa kari. Di warung tersebut kamu bisa memesan kari ayam atau kari sapi. Untuk kari dengan bahan daging ayam, digunakan bumbu khusus lengkap dengan tambahan kentang. Setelah dimasak, akan tercipta rasa kuah yang mantap dengan tekstur encer.

Kari Ayam [imgae source]
Kari Ayam [imgae source]

Bahkan sebelum kuahnya disiramkan pada mangkok berisi daging ayam, aromanya sudah bisa kamu cium dan seketika itu juga membangkitkan selera makanmu. Ayam dan kentang juga matang dengan pas, akan lebih lezat jika kamu menambahkan sambal ke dalam kari yang akan kamu santap. Untuk satu porsinya, Warung Kari Lam mematok harga sekitar Rp. 30 ribu.

5. Melegakan Dahaga di Kopi Es Tak Kie
Kopi Es Tak Kie [imgae source]
Kopi Es Tak Kie [imgae source]

Jalan-jalan berburu belanjaan dan kuliner pasti menyita banyak tenaga, saat lelah melanda kamu bisa melegakan dahaga dengan membeli minuman di Kedai Kopi Es Tak Kie. Menu utama di sana adalah kopi dingin dengan rasa yang mantap. Setidaknya ada 5 racikan kopi Lampung yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu. Ada juga kopi dengan campuran susu.

Kopi Es Tak Kie [imgae source]
Kopi Es Tak Kie [imgae source]

Semuanya bisa kamu pesan dalam keadaan dingin maupun hangat. Harganya juga tergolong murah, untuk satu gelasnya kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp. 15 ribu saja. Jika kebetulan kamu juga lapar, bisa memesan makanan seperti nasi campur dan bakmie.

Itulah beberapa sudut di Petak Sembilan dengan berbagai suguhan mulai dari kuliner, hingga oleh-oleh. Mengunjunginya bukan hanya membuat lidahmu jadi akrab dengan masakan China, tapi juga budayanya.

Tags
chinese food glodok Jakarta kuliner kuliner jakarta petak sembilan
Share