Pesona Miangas, Pulau Terdepan di Utara Indonesia yang Jadi Rebutan 4 Negara

Advertisement

Pesona Miangas, sebagai pulau terdepan di utara Indonesia, keindahannya sangat menawan hati siapa saja yang datang berkunjung. Di balik kecantikan pulau terluar ini, ada cerita menyedihkan yang menjadi latar belakangnya. Meski begitu, pesona dari pulau indah ini tak menyurutkan wisatawan yang ingin menyaksikan langsung kecantikannya. Seindah apa sih? Yuk lihat lebih dekat.

1. Salah Satu Pulau Terluar Indonesia

Pulau Terluar Bagian Utara Indonesia
Pulau Terluar Bagian Utara Indonesia via Instagram/jitro_tamawiwy

Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya banyak pulau kecil yang letaknya berada cukup jauh dari pulau-pulau besar. Salah satunya adalah Pulau Miangas ini. Selain Miangas, ada juga Alor, Kisar, dan Dolangan. Walau begitu, pesona pulau-pulau tersebut mendunia lho, Teman Traveler. Lanskap alam yang masih alami, jadi daya tarik terkuat yang dimiliki.

 

2. Asal-usul Nama Miangas Punya Cerita Sedih

Kerap Menjadi Sasaran Perompak
Kerap Menjadi Sasaran Perompak via Instagram/samtema

Pesona Miangas, ternyata menyimpan cerita kelam yang menyedihkan. Nama Miangas mengacu pada dialek setempat, meangas atau meangis, yang artinya menangis. Konon nama ini diberikan karena kawasan Miangas yang berada di wilayah terluar Indonesia, kerap diserbu oleh para perompak. Kejadian tersebut, membuat masyarakat setempat punya kehidupan yang menyedihkan, penuh air mata dan tangisan.

3. Pesonanya Luar Biasa

Senja di Pantai Racuna, Miangas
Senja di Pantai Racuna, Miangas via Instagram/lenvia25

Teman Traveler harus segera mengagendakan liburan ke kawasan ini. Pesona Miangas sungguh ganas. Ia punya banyak koleksi pantai dan tanjung yang cantik. Salah satunya adalah Pantai Racuna. Di pantai ini, terdapat Tugu NKRI dengan area pasir putih yang luas serta gradasi airnya yang cantik sekali. Udara di Pulau Miangas masih segar, bikin betah berlama-lama.

4. Jadi Rebutan 4 Negara Sejak Dulu Kala

Salah Satu Pemandangan di Pulau Miangas, Wajar Jika Jadi Rebutan
Salah Satu Pemandangan di Pulau Miangas, Wajar Jika Jadi Rebutan via Instagram/nugraputra

Pulau Miangas, yang terletak di Desa Miangas, Kecamatan Nanusa, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara sejak 1677 sudah diperebutkan. Negara pertama yang menyengketakan kawasan ini adalah Belanda. Ketika itu, pihak Belanda merasa memiliki Miangas karena sudah menandatangani perjanjian dengan raja-raja Satal. Setelah Belanda, Spanyol yang menduduki kawasan Filipina, juga ikut mengakui Pulau Miangas sebagai wilayahnya.

Cerita mengenai perebutan kawasan Miangas tidak berhenti di sana. Pada 1897 hingga 1898, Spanyol yang kalah perang dari Amerika menyerahkan daerah kekuasaannya di Filipina. Amerika mengklaim, Miangas masih masuk dalam kekuasaan Spanyol. Melalui proses yang panjang, bahkan sampai ke Pengadilan Mahkaman Internasional di Den Haag dan dimenangkan oleh Belanda, kawasan ini tetap kembali ke Indonesia.

Indonesia luasnya luar biasa, termasuk Pulau Miangas. Saking cantiknya, pulau ini sudah menjadi rebutan beberapa negara sejak dulu kala. Bagaimana, Teman Traveler ada yang sudah berkunjung ke sini?

Advertisement
Tags
Indonesia pesona miangas pulau miangas Sulawesi Utara Wisata
Share