Pesona Kabupaten Morowali, Tempat Helikopter Berisi TKA Tiongkok Jatuh

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dikenal sebagai kawasan industri yang sedang berkembang pesat. Beberapa pabrik baja sedang berada dalam proses pembangunan di kabupaten yang menjadi lokasi jatuhnya helikopter berisi enam warga negara Tiongkok. Salah satunya adalah pabrik baja karbon milik PT Dexin Steel Indonesia. Meskipun dikenal dengan wilayah industri, Kabupaten Morowali juga memiliki destinasi wisata alam yang juga memukau. Seperti yang ada dalam poin berikut ini.

Kepulauan Sombori

Lansekap Sombori yang menyerupai Raja Ampat via instagram
Lansekap Sombori yang menyerupai Raja Ampat via instagram/@Thomas_Fernando ⠀

Pulau Sombori berada di Sulawesi Tengah, namun perjalanan menuju ke sini harus dimulai dari Kota Kendari. Diperlukan dua kali perjalanannya yang pertama dari Kendari menuju Pulau Labengki Kecil kemudian baru dilanjutkan menuju Pulau Sombori. Di tempat ini kamu juga dapat menemukan pulau karang kecil yang disebut dengan atol. Gugusan atol inilah yang menyebabkan Pulau Sombori memiliki pemandangan seperti Raja Ampat.

Pulau Labengki

Keindahan pesisir Pulau Labengki via instagram
Keindahan pesisir Pulau Labengki via instagram/@mediatraveler

Di sini kamu juga dapat menemukan gugusan pulau batu karang yang ada di atas perairan dengan warna biru jernih. Pulau Labengki tergolong destinasi wisata yang belum banyak terjamah wisatawan, karena itu suasananya masih asri. Begitu pula dengan lansekap bawah air yang tak kalah indah. Sebagaimana lautan lain di Sulawesi, alam bawah laut di Pulau Labengki termasuk salah satu spot yang harus dijelajahi.

Pulau Dua Laut

Foto aerial Pulau Dua Laut via instagram
Foto aerial Pulau Dua Laut via instagram/@djoeeeee

Pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang cukup impresif.  Air jernih berpadu dengan jajaran terumbu karang yang tumbuh subur dan rapi, adalah penyebabnya. Karena masih alami dan minim limbah, masih banyak ikan berwarna-warni yang hidup dalam gugusan terumbu karang tersebut. Keindahan ini dapat ditempuh hanya 25 menit dari Kepulauan Sombori dengan menggunakan jalur laut.

Sungai Luk Panenteng

Air di Luk Panenteng yang sangat jernih via instagram
Air di Luk Panenteng yang sangat jernih via instagram/ @iyaaumaar

Tempat ini juga sering disebut sebagai replica dari Labuan Cermin. Hal ini disebabkan oleh airnya yang begitu jernih hingga dasar laut. Tempat ini belum dikenal oleh kalangan traveler. Namun ini juga menjadi nilai lebih, karena dengan begitu Sungai Luk Paneneteng masih sangat terjaga kebersihannya dan begitu alami.

Menjadi kawasan Industri tak berarti membuat Kabupaten Morowali tak memiliki destinasi wisata yang memukau. Empat lokasi di atas menjadi buktinya. Tapi semoga industri yang ada di sana mampu mengelola limbahnya dengan bijak ya?