Pesona Alam Pulau Yamdena, Salah Satu Wilayah Terluar Indonesia yang Berbatasan dengan Australia

Pulau Yamdena di Maluku Tenggara Barat merupakan satu dari 92 pulau terluar dan terdepan di Indonesia. Secara luas wilayah, ia juga yang terbesar di Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Membentang dari utara ke selatan, luasnya mencapai 3.333 Km persegi. Pesona alam Pulau Yamdena, yang berbatasan dengan bagian utara Australia. Dengan Saumlaki sebagai ibu kotanya, berikut adalah keindahan yang akan Teman Traveler dapatkan saat liburan ke sini.

1. Pantai Weluan

Bibir Pantai Weluan yang Luasnya Sekitar 40 Meter via Instagram/ kartosar

Pesona alam Pulau Yamdena yang pertama diwakilkan oleh kecantikan Pantai Weluan. Kawasan dengan lebar bibir pantai sekitar 40 meter ini berada di Desa Olilit, Saumlaki, MTB (Maluku Tenggara Barat). Luas area pesisir pantai yang dimilikinya, menjadi daya tarik utama. Teman Traveler bisa bebas melakukan apa pun di atasnya. Airnya juga sangat jernih serta suasana di lingkungan sekitar masih sangat tenang.

2. Pantai Pertamina

Batuan Karang Eksotis di Pantai Pertamina Saumlaki via Instagram/ ira.fuera

Pantai Kelyar atau masyarakat Saumlaki memanggilnya dengan sebutan Pantai Pertamina, harus jadi destinasi liburan selanjutnya saat Teman Traveler mengunjungi kawasan ini. Ombaknya tenang sehingga cukup aman untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, di sini juga sudah tersedia berbagai fasilitas seperti gazebo dan ayunan. Pas dan menyenangkan sekali untuk menikmati cantiknya matahari terbenam.

3. Wisata Air Bomaki

Kesegaran Air Bomaki via Instagram/ willi_ivakdalam

Pesona alam Pulau Yamdena yang selanjutnya masih berupa wisata air. Namun, kali ini yang ditawarkan adalah air tawar. Namanya Air Bomaki. Kawasan ini merupakan sungai dengan air yang jernih. Di sekelilingnya terdapat tebing dan pepohonan yang rimbun. Sehingga suasana di sini pas sekali dipakai untuk melarikan diri sejenak dari kepenatan kota. Objek wisata yang menenangkan ini berada di Desa Bomaki, Kecamatan Tanimbar Selatan.

4. Pulau Matakus

Kejernihan Air di Pulau Matakus via Instagram/ mele_hutagalung

Pulau Matakus berada di Kecamatan Selaru; masih merupakan salah satu kawasan di Pulau Yamdena. Pulau ini merupakan satu dari beberapa pulau di Yamdena yang pas sekali dipakai snorkeling atau diving. Hanya, untuk berlibur ke sini, Teman Traveler harus melapor dan mendapatkan izin dari dinas pariwisata daerah setempat. Perjalanan menuju Pulau Matakus dari Yamdena menggunakan perahu motor. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam.

5. Pulau Astubun

Pantai Sembunyi yang Ada di Pulau Astabun via Instagram/ thony_nara94

Pulau Astubun merupakan pulau terluar sekaligus yang berbatasan langsung dengan Australia serta Timor Leste. Ia masih menjadi bagian dari pesona alam Pulau Yamdena. Secara administratif, Pulau Astubun masuk dalam kawasan Maluku Tenggara Barat. Di sini, terdapat sebuah pantai cantik yang letaknya tersembunyi. Masyarakat sering menyebutnya dengan Pantai Sembunyi. Meski begitu, kecantikannya tidak bisa disembunyikan.

6. Pulau Nustabun

Batuan Karang Memanjang di Pulau Nustabun via Instagram/ mele_hutagalung

Dari Saumlaki, untuk menuju Pulau Nustabun, Teman Traveler harus menempuh perjalanan dalam kurun waktu sekitar 90 menit. Meski terhitung jauh, kecantikannya tidak akan bikin menyesal. Seperti saat mengunjungi Pulau Matakus, untuk ke sini, Teman Traveler juga harus lapor dan mendapat izin dari dinas pariwisata setempat terlebih dahulu.

Pesona alam Pulau Yamdena sebagai salah satu kawasan terluar dari Indonesia, menunggu Teman Traveler untuk berkunjung. Jika tertarik untuk berlibur ke sini, pesan tiket pesawat untuk penerbangan ke Ambon ya. Lalu lanjutkan dengan penerbangan menuju Saumlaki. Atau jika ingin memilih jalur laut, bisa berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Ambon. Hanya, perjalanannya memang lumayan lebih lama, yakni dua hari satu malam. Selamat berlibur!

Tags
Indonesia Maluku maluku tenggara barat pulau yamdena Wisata
Share