4 Persiapan Penting Sebelum Berlibur ke Surabaya, Anda Harus Tahu

Advertisement
Advertisement

Penting untuk merencanakan liburan sebelum terjun langsung ke lokasi. Hal ini untuk mencegah borosnya pengeluaran hingga terbuangnya waktu karena tidak memahami medan. So, sebelum berangkat traveling ke Surabaya sebaiknya Anda membaca dulu 4 persiapan penting yang harus dilakukan.

Mengingat bahwa Surabaya adalah kota terbesar kedua setelah Jakarta maka sangat mungkin Anda akan kebingungan saat ada di sana. Persiapan yang matang tidak hanya membuat Anda lebih siap menjelajahi Surabaya namun juga membuat liburanmu makin sempurna. Berikut 4 hal yang harus Anda lakukan sebelum traveling ke Surabaya.

1. Kiat Memilih Transportasi

Sebagai kota besar Surabaya bisa dijangkau dengan mudah baik menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. Tips paling umum untuk semua jenis transportasi adalah pesanlah tiket jauh-jauh hari agar mendapat harga yang murah serta jangan lupa untuk mencari tiket promo. Salah satu akses masuk Surabaya adalah lewat Bandara Internasional Juanda, embel-embel internasional sudah menjelaskan bahwa bandara ini melayani tak hanya rute domestik namun juga luar negeri.

Hampir semua maskapai penerbangan melayani rute Surabaya dari berbagai kota di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu dari Merpati, Mandala, Citilink, AirAsia, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Jetstar, dan Cathay Pacific. Jika memilih naik kereta, ada dua stasiun yang bisa menjadi tujuan Anda yaitu Stasiun Gubeng dan Pasar Turi. Banyak sekali jenis kereta yang melayani rute ke Surabaya Anda tinggal mengecek di stasiun kota Anda.

Ilustrasi via sustainability.macmillan.com
Ilustrasi via sustainability.macmillan.com

Buat yang mau naik bus dari kota mana saja akan turun di terminal Purabaya. Di beberapa kota yang tidak memiliki stasiun kereta api, bus adalah transportasi yang paling murah. Namun jika ada kereta, kelas ekonomi kereta ternyata lebih murah ketimbang bus dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta. Buat traveler di luar pulau Jawa selain memanfaatkan pesawat bisa ke Surabaya via Kapal PELNI.

Pelabuhan Tanjung Perak melayani kedatangan kapal dari berbagai kota seperti Ambon, Balikpapan, Banda, Biak, Ende, Fak-fak, Jakarta, Jayapura, Kupang, Labuan Bajo, Makassar, Manokwari, Nabire, Natuna, Pare-pare, Samarinda, Sorong, Ternate, sampai Merauke. Traveler tinggal pilih yang sesuai dengan kota di mana Anda tinggal.

2. Persiapkan Rencana Cadangan Wisata ke Destinasi Alternatif

Traveling saat hari libur akan berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke tempat wisata favorit. Hal ini selain berdampak pada tingginya tarif masuk lokasi juga padatnya lautan manusia di sekitar lokasi wisata akan membuat traveler tidak nyaman. Padahal Surabaya adalah kota besar yang memiliki segudang tempat wisatajadi jangan terpaku pada satu tempat populer saja. Cobalah untuk mencari informasi tentang tempat wisata alternatif yang belum banyak dikunjungi namun memiliki potensi yang besar.

Foto via indonesiatravelmagazine.com
Foto via indonesiatravelmagazine.com

Rekreasi ke Hutan Mangrove atau bersantai di taman kota seperti Bungkul adalah beberapa diantaranya. Lokasi-lokasi lain bisa Anda cari tahu via internet melalui komunitas wisata yang ada di Surabaya. Dengan begitu jika ada beberapa tempat incaran yang gagal dikunjungi, rasa kecewa akan bisa terobati dengan mengunjungi tempat-tempat alternatif tersebut.

3. Persiapan Pribadi

Pahami dulu medan kota Surabaya, kota ini sangat padat dan hampir mirip dengan Jakarta. Ramai dan panas saat siang adalah kondisi yang akan Anda hadapi saat menyusuri kota ini. So, saat memutuskan traveling ke Surabaya bawalah pakaian yang tipis namun menyerap keringat. Ini akan lebih membantu saat jalan-jalan di siang hari yang terik jangan lupa pula bawa sunblock.

Ilustrasi via www.essentialtravel.co.uk
Ilustrasi via www.essentialtravel.co.uk

Pakaian tebal seperti jaket juga bisa dibawa tapi cukup satu saja untuk antisipasi angin malam yang dingin di sana. Terakhir, setiap jalan menyusuri Surabaya selalu selipkan air mineral di tas Anda. Air mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda saat traveling di daerah panas. Anda tidak mau kan dehidrasi saat sedang asyik liburan?

4. Aneka Penginapan di Surabaya

Meski memegang status sebagai kota besar namun pilihan penginapan di Surabaya beragam jenisnya. Kota ini penyediakan akomodasi yang ramah bagi backpacker dan juga penginapan berkelas bagi traveler tajir. Yang pertama pilihan hotel bagi para backpacker, beberapa hotel di Surabaya memiliki tarif di bawah seratus ribu hingga dua ratus ribu antara lain Hotel Ganefo di Jl. Kapasan no.169, Sparkling Backpacker di Jl Kayoon No 2A-B, Hotel Paviljoen di Jl Genteng besar No 94-98. Nah tinggal pilih sesuai budget Anda.

Shangri-La Hotel via liburanku-bali.blogspot.com
Shangri-La Hotel via liburanku-bali.blogspot.com

Buat traveler yang mau menginap di hotel mewah bisa memilih diantara beberapa hotel seperti Hotel JW Mariot di Jl Embong Malang 85-86, Hotel Bumi di Jl Jenderal Basuki Rakhmat 106-128, Shangri-La Hotel di Jl May Jend Sungkono 120, atau Hotel Majapahit. Semuanya berlabel bintang 5 dengan tarif bermalam minimal diatas satu juta dengan tarif termahal bisa mencapai Rp. 25 juta.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda tahu sebelum berangkat menjelajah Surabaya. Dengan tahu tentang transportasi, akomodasi dan itinerary semoga liburan Anda menyenangkan.

Advertisement
Tags
Akomodasi murah Tips liburan ke Surabaya Transportasi murah
Share