Persiapan Sambut Festival Danau Sentarum, Berikut Rangkaian Acara FDS 2018 yang Harus Kamu Catat!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Agenda

Festival Danau Sentarum 2018 akan digelar pada 25 -28 Oktober 2018 mendatang. Penyelenggaraan festival ini merupakan kerjasama antara pemerintah daerah, pemerintah pusat dan beberapa LSM, di antaranya Lanting Borneo, WWF Kalbar, Earth Race dan PRCF Indonesia. Semakin dekat dengan penyelenggaraan, apa persiapan yang sudah Teman Traveler lakukan? Berikut adalah rangkaian acara FDS 2018 mendatang! Catat ya agar tidak ada yang terlewat!

1. Danau Sentarum Cruise

Kapal Bandong yang Akan Digunakan pada Danau Sentarum Cruise via Instagram
Kapal Bandong yang Akan Digunakan pada Danau Sentarum Cruise via Instagram/ bejo.hartono

Pada Festival Danau Sentarum 2018, agenda Danau Sentarum Cruise akan dilaksanakan sepanjang rangkaian acara; yaitu dari 25 -28 Oktober 2018 mendatang. Acara ini berupa kegiatan menyusuri Danau Sentarum menggunakan Kapal Bandong atau kapal motor khas dari kawasan Kapuas Hulu. Penasaran seperti apa serunya? Agendakan dari sekarang untuk ikut menyaksikan!

2. Parade Perahu Tradisional

Parade Perahu Tradisional via Instagram
Parade Perahu Tradisional via Instagram/ dayaktamambaloh

Rangkaian acara selanjutnya di FDS 2018 adalah Parade Perahu Tradisional. Acara ini merupakan kegiatan susur Danau Sentarum menggunakan perahu hias yang khas dari Masyarakat Dayak. Perahu tersebut dikenal dengan istilah Parau Tambe. Pelaksanaan Parade Perahu Tradisional akan digelar di Dusun Kedungkang, Desa Sepandang, Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pelaksanaannya yaitu pada 27 Oktober 2018 mendatang.

3. Sentarum Ethnic Music Festival

Sentarum Ethnic Music Festival via Instagram
Sentarum Ethnic Music Festival via Instagram/ festivaldanausentarum

Agenda pada rangkaian Festival Danau Sentarum 2018 yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah Sentarum Ethnic Music Festival. Acara ini menyuguhkan gelaran seni dan budaya masyarakat Kapuas Hulu. Seperti seni tari khas Kapuas Hulu, musik serta kesenian. Keseruannya bisa Teman Traveler saksikan di tanggal 26 Oktober 2018; yaitu hari kedua pelaksanaan setelah pembukaan yang akan diselenggarakan di Desa Lanjak, Kabupaten Batang Lupar.

4. Karnaval Budaya dan Festival Minum Madu

Madu Khas Kapuas Hulu yang Akan Ikut Difestivalkan via Instagram
Madu Khas Kapuas Hulu yang Akan Ikut Difestivalkan via Instagram/ wwf_id

Di Kapuas Hulu, terdapat sekelompok petani madu alami yang tinggal di Dusun Batu Rawa, Desa Nanga Leboyan. Luas lahan kelola bagi para petani madu di kawasan ini, mencapai 7.300 hektar. Jadi, sangat wajar jika madu menjadi salah satu komoditi utama daerah ini. Nah! Pada penyelenggaraan FDS 2018 mendatang, minum madu termasuk dalam agenda.

Karnaval budaya sekaligus Festival Minum Madu ini dimeriahkan oleh masyarakat setempat yang tampil sembari menggunakan pakaian adat. Pelaksanaannya akan berlangsung pada 25 Oktober 2018 di Desa Lanjak, Kecamatan Batang Lupar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi madu khas Kapuas Hulu ya!

5. Kontes Arwana Super Red

Komoditi di Kapuas Hulu yang Akan Dikonteskan via Instagram
Komoditi di Kapuas Hulu yang Akan Dikonteskan via Instagram/ iirfan_ir

Agenda terakhir yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan saat menyaksikan acara Festival Danau Sentarum 2018 ini adalah kontes Arwana Super Red. Terbuka untuk siapa saja, bukan hanya pengusaha atau penangkar ikan Arwana. Acara ini akan dilaksanakan di Kota Putussibau pada 25-27 Oktober mendatang.

Selain 5 rangkaian acara di atas, Festival Danau Sentarum 2018 juga akan dimeriahkan oleh 15 aktraksi wisata. Beragam lomba pun tidak luput diselenggarakan. Seperti, bersepeda di jantung Borneo, pemilihan Duta Danau Sentarum, lomba foto, dan ekspedisi masakan tradisional khas Kapuas Hulu. Bagaimana? Siap bergembira bersama warga Kapuas Hulu?!