Nongkrong Seru Sarat Ilmu di Perpustakaan Kota Malang

Menumbuhkan minat baca pada anak-anak biasanya lumayan sulit. Namun Perpustakaan Kota Malang bisa dijadikan alternatif untuk mengajak si kecil bermain sekaligus mengajarkan pentingnya membaca. Tapi jangan salah Teman Traveler, pengunjung dewasa pun bisa menjadikan perpustakaan ini sebagai tempat nongkrong asyik lho.

Tempat nongkrong sekaligus menimba ilmu (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Selain memiliki koleksi buku lengkap dari berbagai genre, Perpustakaan Kota Malang juga menyediakan fasilitas koneksi Internet wifi yang bisa digunakan gratis. Bisa jadi pilihan tempat menyenangkan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Lokasi Perpustakaan Malang

Perpustakaan Kota Malang dari seberang jalan (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perpustakaan ini berada di Jalan Besar Ijen 30A, Malang. Lokasinya berdekatan dengan Museum Brawijaya dan Taman Slamet. Sangat strategis dan mudah dicari, apalagi setiap Minggu di depan perpustakaan diadakan kegiatan car free day. Bisa dipastikan hampir sebagian besar warga Malang mengetahui keberadaan tempat ini.

Ruang membaca (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Tempat Edukasi dan Bermain Anak

Ruang membaca anak (c) Rudiyanto/Travelingyuk
Ruang bermain anak (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perpustakaan Malang juga menyediakan ruang baca khusus untuk anak. Bagian ini berisi koleksi buku bacaan anak. Terdapat pula tempat bermain, meski tidak terlalu luas. Area ini memang sengaja dibangun untuk pengunjung cilik. Sembari bermain, diharapkan minat baca bisa tumbuh sejak dini.

Sumber Referensi Sejarah

Koleksi buku langka (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perpustakaan Malang ini mempunyai koleksi cukup beragam, mulai dari buku baru hingga buku kuno. Salah satunya merupakan buku sejarah yang menceritakan kisah perjalanan Nusantara mulai zaman kerajaan hingga
zaman kemerdekaan.

Semua keterangan ditulis dalam Bahasa Belanda. Sayangnya, buku ini hanya sekedar dipajang di etalase. Tidak boleh dipinjam karena termasuk langka.

“Buku sejarah yang ditulis bahasa belanda ini memang tidak boleh dipinjamkan karena memang hanya ada satu di Indonesia ini , tapi rencananya buku tersebut akan di tulis ulang lagi dalam bentuk digital sehingga masyarakat luas bisa mengunduhnya dalam bentuk E-Book,“ ujar Lilik, salah satu petugas perpustakaan.

Koleksi foto Malang tempo dulu di tangga naik (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perpustakaan Malang memang berusaha mengenalkan kisah masa lampau pada masyarakat luas dengan cara memamerkan buku-buku sejarah. Meski tak boleh dipinjam, setidaknya ada beberapa informasi penting yang bisa dibagikan.

Referensi Pelajar Maupun Mahasiswa

Kumpulan koran dari 2016 hingga 2018 (c) Rudiyanto/Travelingyuk
Mahasiswa sedang mencari referensi (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perpustakaan ini juga kerap jadi tempat jujugan pelajar maupun
Mahasiswa untuk mencari referensi tugas, makalah ataupun
skripsi. Tak mengherankan, mengingat koleksi buku Perpustakaan Kota Malang cukup lengkap. Hampir tiap hari tempat ini tidak pernah sepi dari para pencari sumber pengetahuan.

Mahasiswa sedang mencari referensi (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Ramah Penyandang Disabilitas

Ruang baca khusus tuna netra (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perpustakaan Malang juga menyediakan ruang baca khusus untuk warga penyandang tuna netra. Hal ini cukup membanggakan karena perpustakaan merupakan satu-satunya di Jawa Timur yang menyediakan fasilitas untuk tuna netra. Terdapat tak kurang dari 2.000 koleksi buku braille, termasuk Al Quran. Fasilitas ini juga menyediakan buku elektronik alias talking book.

Tempat Even atau Seminar

Ruang seminar (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Selain tempat membaca, perpustakaan ini juga menyediakan free wifi dan sering jadi tempat digelarnya event tertentu. Mulai dari pameran
buku hingga seminar, memanfaatkan ruang luas di lantai tiga .

Bagi Teman Traveler yang ingin menambah ilmu dan sekedar bersantai sambil membaca novel favorit, tak ada salahnya berkunjung ke Perpustakaan Kota Malang. Selamat berlibur.

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share