5 Perpustakaan Keren Ini Bisa Jadi Alternatif Liburan di Jakarta

Jakarta bisa dibilang merupakan pusatnya mall, restoran, dan juga tempat wisata outdoor. Namun jika kamu bosan, tidak ada salahnya mencoba menghabiskan waktu santai dengan berkunjung ke sejumlah perpustakaan keren yang ada di ibu kota.

Tak hanya sekedar menambah pengetahuan, beberapa perpustakaan keren ini dilengkapi dengan interior cantik yang memanjakan mata. Bagi yang ingin mencari lokasi wisata foto-foto di tempat tak biasa, berikut adalah rekomendasi sejumlah perpustakaan kece di Jakarta.

1. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum DKI Jakarta
Perpustakaan Umum DKI Jakarta via Instagram musss6

Perpustakaan milik pemerintah ini terletak di Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta. Bangunan empat lantai ini terdiri dari perpustakaan publik, perpustakaan anak dan area bermain anak, dan juga bagian khusus untuk buku-buku referensi.

Ruangan di perpustakaan ini sangat luas, dengan banyak kursi dan karpet yang bisa kamu gunakan untuk duduk atau bahkan berbaring, sembari membaca buku favorit. Tempat ini juga ramah untuk wisatawan asing karena terdapat banyak koleksi buku berbahasa Inggris.

Sebelum bisa menikmati semua fasilitas yang ada di sini, kamu harus mendaftar dulu untuk mendapatkan kunci loker tempat menyimpan barang-barang bawaan. Bagi yang ingin meminjam buku, harus mendaftar sebagai anggota, dengan catatan memiliki KTP DKI Jakarta atau membawa surat keterangan khusus. Semua buku bisa dipinjam hingga maksimal dua pekan.

2. Reading Room

Reading Room Jakarta
Reading Room Jakarta via Instagram vieqee

Reading Room sebenarnya merupakan sebuah lounge bertemakan perpustakaan, yang sekaligus menjadi coffee shop. Kamu akan dengan mudah menemukan ribuan buku dengan beragam judul dan tema di sini.

Reading Room sudah menjadi surganya para pecinta buku di Jakarta, mereka sering berkumpul dan menghabiskan waktu di sini. Kebanyakan buku yang dipajang di tempat ini merupakan koleksi pribadi Richard Oh, penulis yang juga merupakan pemilik tempat ini.

Faktor paling menarik dari Reading Room mungkin adalah Richard Oh sendiri. Dia bisa sering kamu jumpai sedang berbincang-bincang dengan para pengunjung atau bahkan memberikan rekomendasi bacaan dari koleksi bukunya sendiri.

3. Goethe-Institut Jakarta

Perpustakaan Goethe Institut
Perpustakaan Goethe Institut via Instagram goetheinstitut_indonesien

Goethe-Institut merupakan organisasi dari Jerman, yang aktif mempromosikan kebudayaan Jerman dan juga menawarkan kerja sama kultural di berbagai negara. Salah satu fasilitas yang ada di gedung Goethe-Institut adalah perpustakaan, yang amat populer di kalangan warga Jakarta. Perpustakaan ini juga terbuka untuk masyarakat umum, dan semua orang bisa membaca serta menggunakan media di sini secara gratis.

Perpustakaan Goethe-Institut menawarkan banyak informasi mengenai Jerman dan juga memiliki koleksi buku, musik, permainan, dan film dari Jerman. Bagi yang ingin meminjam buku harus memiliki kartu anggota dan pendaftar diwajibkan berdomisili di Jabodetabek.

Kamu bisa mendaftar dengan mengisi form khusus di perpustakaan dan membawa KTP dengan alamat sah di Jabodetabek untuk meminjam buku di sini.

4. Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Perpustakaan anak di Kemendikbud
Perpustakaan anak di Kemendikbud via Instagram olabanana_id

Perpustakaan ini terletak di dalam kompleks Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Senayan, Jakarta Selatan. Perpustakaan satu ini punya pencahayaan yang cukup dan juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, untuk memastikan semua pengunjungnya merasa betah.

Selain kursi standar dan meja untuk membaca, ada beberapa sofa yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sembari menikmati buku favorit. Tempat ini layak dikunjungi buat kamu yang ingin belajar lebih dalam mengenai kebudayaan Indonesia.

Perpustakaan ini sebenarnya didirikan untuk para staff Kementrian, namun tempat ini juga terbuka untuk publik dengan persyaratan khusus. Untuk bisa menjadi anggota kamu harus punya KTP dengan domisili Jabodetabek. Selain itu kamu juga harus mengisi formulir khusus dan membayar biaya keanggotaan sebesar 6 ribu rupiah.

5. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Koleksi buku di Perpustakaan Nasional
Koleksi buku di Perpustakaan Nasional via Instagram rizkykurnia

Buat kamu yang mencari koleksi buku dengan tema beragam, mulai dari ilmiah hingga novel romantis, PNRI merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Bisa dibilang koleksi perpustakaan ini paling lengkap dibanding perpustakaan lain di Jakarta.

Andai tidak memiliki kartu anggota, kamu masih bisa membaca buku koleksi PNRI di tempat. Ruangan membaca yang luas dilengkapi dengan kursi dan meja, akses WiFi gratis, dan banyak colokan listrik buat ponsel maupun laptop.

Kamu bisa menjadi anggota PNRI dengan mengisi form pengajuan di Ruang Keanggotaan dan membawa KTP yang masih berlaku. Jika ingin meminjam buku, pastikan kamu punya informasi detail mengenai buku tersebut untuk membanti staff yang nanti mencarikan.

Itulah tadi beberapa perpustakaan keren di Jakarta yang bisa kamu jadikan sebagai tempat liburan alternatif. Berlibur tak harus hanya sekedar bersantai, namun bisa dilakukan sembari menambah wawasan dan pengetahuan.

Tags
Jakarta Wisata
Share