4 Peristiwa Tragis di Festival Layang-layang, Salah Satunya ada di Indonesia

Bermain layang-layang memang menjadi salah satu aktivitas asyik yang kerap dilakukan oleh semua kalangan. Oleh karenanya, ajang hiburan satu ini sampai dijadikan festival di beberapa negara. Namun sayangnya, ada peristiwa tragis yang terjadi di Festival Layang-layang. Penasaran seperti apa? Simak kejadian-kejadiannya berikut ini. 

Tersayat Benang Layang-layang 

peristiwa tragis festival layang-layang
Ilustrasi festival di India via shutterstock

Peristiwa pertama baru terjadi akhir-akhir ini di New Delhi, India. Dilansir dari laman Japantimes, kejadian ini berlangsung saat festival layang-layang yang diadakan untuk merayakan hari kemerdekaan India. 

Pada saat itu, ada seorang lelaki yang melewati daerah di festival layang-layang sambil membonceng anak perempuannya. Namun di tengah perjalanan, ada benang layang-layang yang menjulur di tengah jalan. Akibatnya, senar tersebut mengenai leher bocah empat tahun itu dan membuatnya meregang nyawa. Setelah ditelusuri, ternyata senar itu berlapis kaca, sehingga bisa melukai leher. 

Tersetrum Benang Layangannya

peristiwa tragis festival layang-layang
Ilustrasi festival di India via shutterstock

Tak hanya kejadian di atas, festival layang-layang yang ada di India juga membuat anak kecil lainnya menjadi korban. Dinukil dari laman Suara, anak berusia tiga tahun tersebut kedapatan sedang memegang senar layang-layangnya yang dalam kondisi basah. Kemudian, secara tak sengaja benang tersebut bersentuhan dengan kabel listrik. Alhasil, anak tersebut tersetrum sampai nyawanya tak dapat tertolong lagi. 

Tewas Tertimpa Layang-layang

Ilustrasi festival di Bali via shutterstock

Di Indonesia juga ada peristiwa yang tak kalah tragis. Tepatnya di Festival Layang-layang yang berlokasi di Pantai Padang Galak, Denpasar. Menurut keterangan dari Liputan 6, anak bernama Yudi tersebut tengah menonton festival bersama kedua orang tuanya. Tiba-tiba ada layang-layang berukuran raksasa yang menimpa Yudi. Hal tersebut membuat kepala Yudi robek terkena goresan bambu, sehingga mengakibatkan anak kecil tersebut meninggal tak lama kemudian. 

Terjatuh Saat Terbawa Layang-layang

Ilustrasi festival di Vietnam via shutterstock

Van Minh Dat, bocah laki-laki berusia lima tahun di Vietnam, tewas mengenaskan setelah terjerat tali layang-layang, kemudian terbawa terbang dan jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter. Mengutip laman Mirror, kejadian itu berlangsung saat festival layang-layang di kota Ho Chi Minh pada 15 Maret 2015 lalu.

Peristiwa bermula saat Van tengah membantu ibunya yang merupakan pedagang minuman di lokasi kejadian. Ia berlari mengambil beberapa botol minuman yang jatuh. Namun nahas, tali layang-layang dengan lebar 15 meter membelit kakinya. Pada saat yang sama, angin berhembus kencang, membuat layang-layang terbang ke atas begitu cepat. Orang-orang di sekitar lokasi berusaha menurunkan lagi layang-layang, namun tidak berhasil. Tragis, tubuh Van jatuh saat layang-layang sudah tinggi.

Itulah peristiwa tragis yang terjadi di beberapa Festival Layang-layang. Kejadian tersebut mengajarkan kita untuk tetap waspada ketika berada di festival tersebut. Usahakan untuk melihat festival dari jarak yang aman. Kemudian untuk yang membawa anak-anak disarankan selalu mengawasi, karena benang layang-layang bisa ada di mana saja. 

Tags
Bali Ho Chi Minh India Indonesia kejadian tragis festival layang-layang New Delhi news Vietnam
Share