Perilaku Tak Tertib Penumpang Saat Uji Coba MRT, Jangan Ditiru!

Berita tentang MRT sedang heboh di berbagai media. Uji coba MRT gratis yang dimulai sejak beberapa waktu lalu mendapat sambutan antusias dari warga. Namun, tidak semuanya bersifat positif. Banyak pihak menyorot perilaku tak tertib penumpang MRT yang bikin gemas. Berikut rangkuman informasinya.

Makan di Tempat yang Tidak Seharusnya

Makan di sekitar kawasan stasiun, via Instagram/jktinfo

Banyak netizen yang dibuat kesal akan perilaku penumpang yang mereka sebut “norak” saat uji coba MRT beberapa waktu lalu. Sebuah foto memperlihatkan segerombol ibu-ibu yang sedang makan sambil lesehan di kawasan stasiun. Sontak hal tersebut mengundang berbagai komentar negatif.

Dilansir dari Kompas, Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, perilaku tidak tertib tersebut disebabkan pembukaan pendaftaran secara manual di stasiun MRT. Pendaftaran online, serta diadakannya kuota penumpang juga akan kembali memberlakukan

Meninggalkan Sampah Makanan Berserakan

Sampah makanan yang berserakan, via Instagram/jktinfo

Sepertinya, budaya buang sampah pada tempatnya sangat sulit untuk diterapkan. Perilaku tak tertib penumpang MRT juga menyangkut hal ini. Sampah makanan pun berserakan mulai dari bungkus permen, hingga bekas minuman kemasan.

Debut Komersil MRT Mulai 24 Maret 2019

Seperti yang diberitakan oleh Kompas, hal tersebut sudah diingatkan oleh Presiden Jokowi saat peresmiannya pada hari Minggu (24/3/2019), “Antre kalau mau masuk ke MRT, jangan buang sampah sembarangan di stasiun MRT maupun di dalam MRT nya”.

Bergelantungan Seenaknya

Penumpang yang bergelantungan, via Instagram/jakarta.keras

Foto lain yang beredar di sosial media ialah terlihat penumpang yang bergelantungan seenaknya saat naik MRT. Bahkan ada juga yang menginjakkan kakinya di kursi penumpang hanya untuk kepentingan berfoto. Perilaku tersebut sangat disayangkan oleh warganet.

Foto penumpang yang injak kursi MRT, via Instagram/jakarta.keras

Antre yang Tidak Tertib

Tidak tertib dalam mengantre, via Facebook/Enrieqco Lie

Tak berhenti di situ, insiden memalukan lainnya pun ditemukan seperti perilaku penumpang yang tidak taat aturan pada saat mengantre melewati garis kuning. Padahal, garis kuning tersebut berlaku bagi penumpang yang ingin masuk, sedangkan tanda hijau diperuntukkann untuk penumpang yang ingin keluar.

Peraturan yang Harus Ditaati

Kelakuan penumpang di MRT

MRT sendiri akan beroperasi secara non komersial pada tanggal 25-31 Maret 2019. Sebelum mencoba, alangkah baiknya bagi Teman Traveler untuk menyimak peraturan yang harus ditaati. Seperti mendahulukan penumpang yang keluar lebih dulu, antre di belakang garis kuning, mematuhi arahan dan petunjuk petugas.

Selain itu, ada juga peraturan dilarang makan di dalam MRT, tidak diperkenankan untuk berbicara keras, tidak menggangu privasi orang lain, dilarang mendengkur, dan masih banyak lagi.

Sejumlah perilaku tak tertib penumpang saat uji coba MRT tersebut sudah semestinya dijadikan pembelajaran. Transportasi umum adalah milik kita semua dan sudah menjadi kewajiban bersama untuk menjaganya. Bagi Teman Traveler yang ingin mencoba, tetap ikuti aturan yang berlaku ya!

Tags
Akomodasi Indonesia MRT Perilaku tidak tertib penumpang MRT
Share