Sama-Sama Kuliner Enak Sumatra Barat, Sudah Tahu 6 Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang?

Advertisement

Nasi hangat, lauk berkuah santan, sambal ijo, adalah yang paling nikmat disantap kapan saja perut mulai bergejolak. Ditambah dengan es teh yang dingin, hal-hal lain bisa minggir dulu. Kamu mungkin jadi membayangkan nasi padang ya setelah membaca ini. Tapi itu nasi padang atau nasi kapau sih?

Meski sama-sama enak dan berasal dari Sumatra Barat, nasi kapau dan nasi padang memiliki perbedaan. Apa sajakah perbedaan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Asal Wilayah

Foto via Pixabay

Memang benar, nasi padang dan nasi kapau adalah yang khas dari Sumatra Barat. Namun, keduanya berasal dari wilayah yang berbeda. Nasi padang dibuat oleh orang Minangkabau di berbagai wilayah Sumbar. Sedangkan nasi kapau hanya dibuat oleh orang Kapau yang ada di Nagari atau Desa Kapau yang terletak di Desa Agam.

2. Cara penyajian

Foto via Merahputih

Di rumah makan padang, biasanya kita melihat lauk-lauk disajikan di atas piring kemudian ditumpuk sedemikian rupa dan ditampilkan di etalase kaca. Serasa memanggil siapa saja yang melewatinya. Nah, untuk nasi kapau, semua lauk diletakkan secara bertingkat seperti tangga. Sehingga jika penjual ingin mengambil lauk tertentu, mereka akan memakai sendok dengan tangkai yang panjang. Ini yang menjadi khasnya.

3. Menu-menu yang disajikan

Foto via Migrationology

Tidak semua menu yang ada di nasi kapau tersedia di nasi padang, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, kamu mungkin akan menemukan menu-menu yang berbeda. Misalnya, nasi kapau khas dengan gulai kapau yang terbuat dari nangka muda dengan kuah kuning santan yang tidak terlalu kental.

4. Sayuran pendamping

Foto via Cookpad

Tak cuma soal menu yang berbeda, soal sayuran pendamping juga ada yang tidak sama. Pada nasi padang, sayuran yang paling sering ditemui adalah daun singkong yang diolah menjadi gulai. Di warung nasi kapau, sayuran biasanya berupa kol dan kacang panjang.

5. Cara pesan

Foto via Seniberjalan

Ada dua cara untuk memesan makanan di warung nasi padang, kamu datang lalu tunjuk dan berkata ingin makan dengan lauk apa. Atau dengan cara meminta pramusaji untuk menyajikan semua lauk di meja, biasanya saat datang dengan rombongan. Di warung nasi kapau, kamu hanya bisa memesan dengan langsung memilih. Pemilik warung akan mengambilkan dengan sendok tangkai panjangnya.

6. Menu khas

Foto via Kompas.com

Meski sama-sama berasal dari wilayah Sumatra Barat, nasi kapau dan nasi padang punya cita rasa yang berbeda. Misalnya untuk menu khas, keduanya punya menu yang berbeda. Nasi padang identik dengan rendang daging sapi, sedangkan pada nasi kapau lebih populer rendang daging ayam.

Kalau sebelumnya kamu sudah sering icip nasi padang, yuk cobain juga nasi kapau. Jadi kamu bisa mengonfirmasi langsung, apa benar keduanya punya perbedaan? Tapi yang penting, dua-duanya bisa meredakan kelaparan ya…

Advertisement
Tags
kuliner khas Indonesia kuliner sumatra barat nasi kapau nasi padang perbedaan nasi padang dan nasi kapau
Share