Ini Dia Perbedaan Hotel dan Hostel, Pelajari Sebelum Memilih

Traveling sudah menjadi salah satu hobi yang memiliki makin banyak peminat setiap harinya. Salah satu hal yang tidak boleh diremehkan begitu saja adalah akomodasi. Salah pilih tempat menginap, bisa jadi mood berantakan dan liburan kacau. Nah, pastikan kamu mengetahui lebih dulu perbedaan hotel dan hostel sebelum memilih. Baca penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Privasi

Kamar tidur di hostel
Kamar tidur di hostel via Instagram/@boroughbali

Hostel memiliki kamar tipe dormitory atau asrama. Jika memilih hostel sebagai tempat menginap, siap-siap berbagi ruang dengan orang asing. Bisa jadi kamu mendapat teman sekamar yang super berisik yang akan mengganggu tidurmu. Sedang hotel menyediakan kamar khusus untukmu. Tak perlu ditanya, istirahatmu akan super nyaman karena tidak ada suara dengkuran atau suara candaan tamu lain yang mengganggu.

Kamar di hotel
Kamar di hotel via Instagram/@kepinhelmy

2. Keamanan

Keamanan di hostel
Keamanan di hostel via Instagram/@ecohostelmoscow

Karena berisi banyak orang dalam satu kamar, rasa aman berkurang. Tidur pun jadi kepikiran. Memang, sebagian besar hostel menyediakan loker atau tempat penyimpanan. Namun, apa kamu yakin bisa tidur tanpa buka-buka sosial media atau menyapa kesayangan? Hotel bisa menjadi pilihan lebih baik jika keamanan menjadi prioritasmu. Kamu akan menjadi raja di kamarmu. Ketiduran tanpa merapikan tas juga akan aman-aman saja.

Kamar hotel
Kamar hotel via Instagram/@taramilktea

3. Harga

Hostel
Hostel via Instagram/@melisalalalaa

Kini banyak cara agar traveling menjadi lebih murah. Salah satunya adalah memilih tempat menginap yang tepat. Hostel jadi solusi terbaik jika ingin liburan hemat. Kamu bahkan bisa mendapat tempat menginap di Ubud Rp100 ribuan. Sudah bisa tidur di kasur enak dan kamar dengan pendingin ruangan. Dapat sarapan pula. Sedang, ada harga juga ada rupa. Membayar mahal untuk menginap di hotel akan membuatmu mendapat perlakuan ala putri raja. Sarapan dengan beragam menu enak sepuasnya? Bisa!

Breakfast at Hotel
Breakfast at Hotel via Instagram/@ec24m

4. Lokasi

Lokasi hostel
Lokasi hostel via Instagram/@sombers_eye

Lokasi dari hostel biasanya ada di jantung kota atau sangat strategis. Ini akan memudahkan jika kamu liburan dengan menggunakan kereta atau pesawat. Deretan hostel murah dan unik ada di dekat stasiun dan bandara, bahkan tempat wisata. Sedang hotel biasanya berada di pedalaman. Sedikit susah kalau tak membawa kendaraan pribadi. Namun, sebagai gantinya kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa saat bangun tidur. Perbedaan hotel dan hostel memang memiliki keuntungan masing-masing ya.

Lokasi hotel
Lokasi hotel via Instagram/@macbookboy

5. Amenities

Kamar mandi di hostel
Kamar mandi di hostel via Instagram/@wonderlofthostel

Karena serba murah, kamu tidak akan mendapat amenities perlengkapan mandi saat menginap di hostel. Tenang saja, beberapa tempat menginap murah biasanya menyediakan toko kecil untuk kebutuhanmu. Handuk pun bisa sewa, lho. Kebalikannya, amenities lengkap berupa sabun mandi, sampo, pelembut kulit, hingga sisir bisa kamu dapatkan saat menginap di hotel, khususnya yang berbintang lima. Jadi nggak perlu repot bawa sendiri, deh.

Amenities di hotel
Amenities di hotel via Instagram/@alandahotelmarbella

Nah, sekarang jadi tahu deh perbedaan hotel dan hostel. Pastikan kamu memilih dengan benar sesuai dengan selera dan budget liburanmu, ya. Bagaimana, kamu tipe traveler hotel atau hostel nih?

Tags
Akomodasi Hostel hotel Indonesia perbedaan hostel dan hotel
Share