Perbaikan Jalur Pantura, Demi Lancar Mudik 2019

Bukan hanya Teman Traveler yang melakukan persiapan mudik 2019. Pemerintah juga ikutan mendukung arus mudik dan balik tahun 2019 ini. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan melaksanakan perbaikan sejumlah ruas di jalur pantura. Tentunya bertujuan agar perjalanan Teman Traveler lebih aman dan nyaman. Di mana saja perbaikannya?

Cirebon-Indramayu

Kepadatan Jalur Pantura Cirebon via Instagram @by_aroel
Kepadatan Jalur Pantura Cirebon via Instagram @by_aroel

Jalur Pantura Cirebon-Indramayu adalah salah satu ruas yang diperbaiki. Beberapa perbaikan yang dilakukan adalah melakukan penebalan aspal terkelupas dan jalan bergelombang. Jalur Cirebon-Indramayu digadang-gadang akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang lewat.

Sebab tol Cipali diperkirakan memberlakukan oneway saat arus mudik dan balik. Jadi Teman Traveler yang berencana melewati jalan tol tersebut, mungkin dapat beralih pada jalur Pantura.

Situbondo

Jalur Pantura Situbondo via Instagram @nathan_udf
Jalur Pantura Situbondo via Instagram @nathan_udf

Perbaikan juga dilakukan di jalur Pantura Situbondo, terdapat sekitar 20 titik yang memang harus dibenahi. Jalanan yang berlubang sudah ditambal sulam, karena kalau dibiarkan dapat menjadi resiko kecelakaan. Sejumlah bagian jalan juga dilebarkan seperti di area Pasir Putih, demi menghindari macet akibat membeludaknya pemudik.

Perbaikan tersebut diperkirakan selesai H-7 lebaran. Sehingga Teman Traveler bisa melaju tanpa khawatir ban mobil ‘tersandung’ jalan berlubang.

Gresik-Lamongan

Perbaikan Jalur Pantura
Jalur Pantura Gresik-Lamongan via Instagram @fathurohmi87

Jalur Pantura Gresik-Lamongan juga menjadi konsentrasi perbaikan demi lancar mudik 2019. Terdapat beberapa area yang dibenahi, misalnya saja di Desa Tambakrejo, Gresik. Hal yang dilakukan adalah membersihkan timbunan aspal, jalan bergelombang, dan menambal jalan berlubang. Dengan adanya perbaikan tersebut, Teman Traveler bisa lebih tenang ketika melewati jalur tersebut.

Probolinggo–Situbondo

Perbaikan Jalur Pantura
Jalur Pantura Probolinggo via Instagram @aji_ramadhan

Selanjutnya adalah jalur Pantura Probolinggo-Situbondo yang juga mengalamai perbaikan, seperti pada area Desa Curahsawo, Probolinggo. Sejumlah upaya dilakukan demi membenahi kontur jalanan bergelombang yang berbahaya bagi pemudik.

Selain itu, beberapa ruas dilebarkan dan diperbaiki. Hal tersebut juga bertujuan agar dapat memuat volume kendaraan yang diperkirakan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Teman Traveler salah satunya yang lewat jalur ini?

Pemalang

Kepadatan Jalur Pantura Pemalang via Instagram @oemar_678
Kepadatan Jalur Pantura Pemalang via Instagram @oemar_678

Perbaikan jalur Pantura selanjutnya adalah pada ruas Pemalang sampai Rembang. Di antaranya; Losari, Pemalang-Batan, Semarang, Demak-Rembang. Di sana terdapat sejumlah titik yang berlubang. Sehingga aspal harus dikelupas, lalu diisi dengan material hotmix. Supaya lubang tidak kembali terbuka, karena dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Itulah setidaknya 5 ruas jalur Pantura yang diperbaiki. Beberapa di antaranya ada yang masih proses pengerjaan, ada yang sudah selesai. Karena memang setidaknya H-7 lebaran, semua pembenahan tersebut dapat dirampungkan. Teman Traveler ada yang melewati jalur-jalur di atas?

Tags
Akomodasi Indonesia Jalur Pantura Mudik Perbaikan Jalur Pantura
Share