Perayaan Lebaran di Asia Timur, Seperti Apa?

Umat Muslim di seluruh dunia begitu antusias menyambut datangnya hari kemenangan. Seperti pemeluk agama Islam di Asia Timur, mereka melakukan beragam kegiatan sebagai bentuk sukacita dalam perayaan lebaran. Mulai dari reuni keluarga di China sampai festival lebaran di Taiwan. Lalu, ada apa saja?

China

Perayaan Lebaran di Asia Timur
Muslim di China Salat Idul Fitri via Shutterstock

Terdapat beberapa kegiatan dalam rangka perayaan lebaran pada negara paling luas di Asia Timur tersebut. China memiliki setidaknya dua suku pemeluk agama Islam yaitu Uighur yang tinggal di Xinjiang dan Suku Hui yang berpusat di Ningxia. Sama seperti umat Muslim lainnya, mereka salat Idul Fitri biasanya di masjid besar kawasan masing-masing.

Kegiatan lainnya adalah berkunjung ke makam saudara maupun imam, festival lebaran booth street food dan pertunjukan barongsai dan liong, reuni keluarga, dan tentunya makan besar di rumah masing-masing.

Jepang

Perayaan Lebaran di Asia Timur
Komunitas Muslim di Tokyo Makan-Makan Setelah Salat via Shutterstock

Negara Asia Timur yang juga lakukan beragam kegiatan dalam rangka perayaan lebaran adalah Jepang. Umat Muslim di Negeri Sakura biasanya merayakannya di masjid-masjid yang tersebar di penjuru Jepang. Setelah salat, biasanya ada semacam syukuran yang diadakan baik di masjid, kampus, maupun tempat lain di mana orang-orang bisa berkumpul.

Salah satu masjid yang populer sebagai jujugan perayaan lebaran adalah Tokyo Camii di Tokyo. Tempat ibadah tersebut umumnya mengadakan bazar makanan halal dan pertunjukan nasyid.

Korea Selatan

Seoul Central Mosque via Shutterstock
Seoul Central Mosque via Shutterstock

Negara Asia Timur yang lakukan perayaan lebaran selanjutnya adalah Korea Selatan. Masjid yang paling populer di sana adalah Seoul Central Mosque yang berlokasi di Itaewon, Seoul. Di sanalah sebagian besar Muslim Korea Selatan berkumpul untuk salat dan merayakan Idul Fitri.

Setelah salat, mereka biasanya makan roti dan susu yang disediakan oleh Korean Muslim Federation, sebelum perayaan selanjutnya. Tidak sedikit dari mereka yang sekalian silaturahmi dengan pemeluk Islam dari seluruh penjuru Korea Selatan yang menyempatkan beribadah di sana.

Kemudian, beberapa dari mereka ada yang berkumpul bareng teman di sekitar Sungai Han. Selain itu, ada juga yang makan-makan bareng di restoran halal sekitar Seoul Central Mosque.

Taiwan

Taipei Grand Mosque via Shutterstock
Taipei Grand Mosque via Shutterstock

Muslim di Taiwan biasanya salat Idul Fitri di Taipei Grand Mosque. Setelah itu, mereka bersalaman dengan orang-orang di sana plus foto-foto. Tidak ketinggalan, mereka juga makan-makan di restoran halal sekitar masjid. Nah biasanya juga ada halal market di Taipei Main Station. Di sana ada bazar makanan, informasi masjid, restoran halal, dan produk halal di Taiwan.

Seperti itulah perayaan lebaran di beberapa negara belahan Asia Timur. Bagaimana cara Teman Traveler merayakan momen hari kemenangan?

Tags
Asia Timur Lebaran Luar negeri Perayaan Lebaran Perayaan Lebaran di Asia Timur
Share