Perayaan Kuliner di Dunia, Kamu Pernah Berpartisipasi yang Mana Nih?

Kalau mendengar kata perayaan, apakah yang terpikirkan oleh Teman Traveler? Pastinya berhubungan dengan momen tertentu, seperti hari bersejarah atau yang berhubungan dengan kebudayaan. Teman Traveler perlu tahu nih bahwa kuliner pun ada hari perayaannya bahkan pada tingkat dunia. Di bawah ini adalah beberapa perayaan kuliner di dunia. Apa saja?

16 Januari, International Hot and Spicy Food Day

Ilustrasi Kontes Makan Cabai Habanero via Instagram @mariluz2012
Ilustrasi Kontes Makan Cabai Habanero via Instagram @mariluz2012

Perayaan kuliner di dunia satu ini cocok nih buat Teman Traveler pecinta pedas. International Hot and Spicy Food Day dirayakan setiap tanggal 16 Januari. Konon, rempah-rempah dengan rasa pedas telah digunakan sebagai bumbu semenjak 6000 tahun lalu. Tahukah Teman Traveler bahwa cabai paling pedas bernama Naga Jolokia alias cabai setan, berasal dari timur laut India dan Bangladesh. Pedasnya mencapai 1 juta skala scoville, 170 kali lebih pedas dari jalapeno.

Cabai Habanero via Instagram @coconut_commander
Cabai Habanero via Instagram @coconut_commander

Salah satu cara merayakan perayaan hari kuliner pedas seperti di Amerika dengan mengadakan kontes makan habanero atau cabai gendol, pedasnya mencapai kurang lebih 350 ribu scoville. Kalau jalapeno saja kira-kira sampai 8 ribu scoville. Setiap peserta diberi 35 habanero didampingi susu, air, dan taco. Harus bisa menghabiskan dalam waktu sekitar 20 menit. Wah adakah Teman Traveler yang mau mencoba?

9 Februari, World Pizza Day

Pizza Beragam Topping via Instagram @bhukkad24x7
Pizza Beragam Topping via Instagram @bhukkad24x7

Siapa yang tidak tahu tentang pizza? Penganan yang telah mendunia dengan beragam variasi topping ini pun dirayakan loh. Konon, perayaan hari kuliner ini bermula di Naples, Italia sekitar abad ke-10. Merupakan roti berbentuk gepeng diberi topping saus dan ditaburi potongan keju. World Pizza Day diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari.

Ilustrasi Kontes Makan Pizza via Instagram @kcheshier78
Ilustrasi Kontes Makan Pizza via Instagram @kcheshier78

Misalnya saja di Amerika, merayakannya dengan berkumpul di suatu tempat. Memakai baju berbentuk pizza, walau tidak wajib. Dan tentu saja membuat plus makan pizza dengan beragam kreasi taburan. Teman Traveler pun bisa ikut memperingati dengan keliling ke gerai pizza di kota masing-masing alias pizza tour.

5 Maret, International Pancake Day

Pancake Race via Instagram @britishweek_kufs
Pancake Race via Instagram @britishweek_kufs

Perayaan kuliner di dunia lainnya adalah Pancake Day atau Shrove Tuesday, karena umumnya dirayakan 47 hari sebelum Paskah tiba. Istilah Shrove Tuesday berasal dari kata shrive yang artinya ‘membebaskan’. Inggris adalah salah satu yang memperingati perayaan hari kuliner ini dengan meriah. Diadakan Pancake Race, kompetisi balapan lari. Peserta memakai apron, membawa teflon berisi pancake. Mereka harus lari dari garis start sampai finish dengan membolak balikkan pancake.

4 April, International Carrot Day

Cupcake Wortel via Instagram @nadarapei
Cupcake Wortel via Instagram @nadarapei

Sejarah wortel kabarnya berasal dari Asia Tengah, sekarang Teman Traveler bisa merasakan sayur yang mengandung vitamin A ini dengan rasa manis. Carrot Day pertama kali dirayakan tahun 2003, sampai kini menyebar ke seluruh dunia. Memperingati perayaan hari kuliner ini biasanya dengan berkumpul di rumah kawan atau kerabat, menghidangkan beragam olahan dari wortel.

Inspirasi Kostum Carrot Day via Instagram @awoodlandgathering
Inspirasi Kostum Carrot Day via Instagram @awoodlandgathering

Mulai dari jus, cake, camilan, sayur dan lainnya. Terkadang pun memakai kostum berbentuk wortel atau berwarna orange. Bahkan di salah satu kebun binatang di Inggris, staf memberikan wortel kepada hampir semua hewan di sana.

28 Mei, International Hamburger Day

Ilustrasi Burger Jumbo via Instagram @pittupittulodz
Ilustrasi Burger Jumbo via Instagram @pittupittulodz

Dipercaya asal mula hamburger berasal dari Hamburg, Jerman, yang kini menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. International Hamburger Day dirayakan setiap 28 Mei, misalnya dengan diadakannya festival hamburger. Seperti sebuah restoran di Johannesburg, Afrika Selatan, memecahkan rekor dunia dengan membuat Mega Burgerdengan berat sekitar 2 ribu kilogram. Diserbu oleh kira-kira 15 ribu orang. Wah gede banget ya!

18 Juni, International Sushi Day

Sushi Beragam Topping via Instagram @asianfoodmedia
Sushi Beragam Topping via Instagram @asianfoodmedia

Sushi adalah makanan berasal dari Jepang, yang menyebar ke beragam negara. Terdapat penjual sushi mulai dari kedai pinggir jalan sampai restoran mewah. Penganan ini familiar dengan bahan-bahan segar dan mentah, seperti tuna, salmon, telur ikan, dan lainnya. Namun seperti di Indonesia, beberapa gerai menyediakan sushi berbahan matang, umumnya sedikit dibakar dengan flame gun. Cara paling sederhana merayakan International Sushi Day yang jatuh pada tanggal 18 Juni. Perayaan kuliner di dunia satu ini dilakukan dengan sushi tour alias keliling kedai cobain beragam jenisnya.

1 Oktober, International Coffee Day

Ilustrasi Perayaan International Coffee Day via Instagram @deck.coffee
Ilustrasi Perayaan International Coffee Day via Instagram @deck.coffee

International Coffee Day yang dipertingati setiap tanggal 1 Oktober bermula sejak tahun 2015, oleh International Coffee Organization (ICO). Hari kopi internasional ini dirayakan di sekitar 35 negara seluruh dunia, sebagai bentuk apresiasi penggiat kopi. Mulai dari petani sampai penikmatnya. Tema selalu berganti setiap tahun, seperti 2018 ini bertajuk Women in Coffee. Indonesia pun memeriahkan perayaan hari kuliner ini dengan menyelenggarakan festival kopi. Diisi dengan workshop, kompetisi, pembagian kopi, dan lainnya.

Itulah beberapa kuliner yang dirayakan di dunia, dengan beragam aktivitas seru. Teman Traveler pernah ikutan yang mana? Boleh dong bagi pengalamannya?

Tags
kuliner Luar negeri perayaan kuliner
Share