Perayaan Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri, Mulai Dangdutan sampai Munculnya Hantu Nenek

Tidak sedikit warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Walau jauh dari rumah, mereka juga ikut menyemarakkan hari jadi Republik Indonesia. Beragam kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia di luar negeri. Mulai dari dangdutan, sampai upacara yang dibarengi munculnya hantu nenek. Yuk, simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya!

1. Bazar Makanan Indonesia di Inggris

Bazar Makanan Indonesia di Inggris via Instagram @ngopiuk
Bazar Makanan Indonesia di Inggris via Instagram @ngopiuk

Perayaan kemerdekaan Indonesia di luar negeri tepatnya London, menampilkan beragam kegiatan. Salah satu yang paling ditunggu adalah bazar makanan Indonesia. Teman Traveler yang berada di London, bisa nostalgia dan menyembuhkan rasa rindu akan tanah air dengan makan beberapa kudapan khas nusantara. Selain itu, tentunya ada upacara dan lomba-lomba khas ‘Agustusan’.

2. Upacara Bendera di Amerika Serikat

Perayaan Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri
Upacara Bendera di Amerika Serikat via Instagram @kbriwashdc

Upacara bendera juga menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di KBRI Washington DC, Amerika Serikat. Serunya, para peserta mengenakan pakaian nasional dan daerah. Dibalik khusyuknya upacara, ternyata tersimpan cerita mistis seperti yang pernah dituturkan oleh Pandji Pragiwaksono, komika yang telah melanglang buana.

Rupanya ada sesosok tak kasat mata berwujud nenek-nenek Indonesia yang muncul di bangunan wisma, saat upacara tengah berlangsung. Sampai saat ini, masih belum diketahui apa atau siapakah dia.

Kegiatan lain yang sama serunya adalah paduan suara dan pertunjukkan tari Indonesia. Teman Traveler yang sedang berada di Amerika Serikat, bisa nih menyaksikan aktivitas tersebut.

3. Gerak Jalan Hingga Lomba di Danau

Perayaan Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri
Fun Walk di Danau Burley Griffin Australia via Instagram @kbricanberra

Bukan hanya di tanah air, fun walk alias gerak jalan juga menjadi kegiatan perayaan kemerdekaan Indonesia di luar negeri tepatnya Canberra, Australia. Dilansir dari Kumparan.com, aktivitas yang diikuti puluhan warga Indonesia tersebut berlangsung di Wisata Australia tersebut beberapa hari sebelum tanggal 17 Agustus. Ada juga lomba; di antaranya makan kerupuk, jalan membawa kelereng, sampai kursi joget.

Tidak ketinggalan, kompetisi olahraga juga diadakan seperti futsal, bola voli, dan tenis meja. Aktivitas tersebut diselenggarakan di Kaleen Sports Centre. Lalu upacara khidmat dilangsungkan saat 17 Agustus, beserta penyerahan hadiah lomba dan beragam hiburan seni.

4. Dangdutan di Denmark

Dangdut di KBRI Kopenhagen via doc KBRI Kopenhagen 2019
Dangdut di KBRI Kopenhagen via doc KBRI Kopenhagen 2019

Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di Kopenhagen, Denmark memberikan kesan tersendiri. Bagaimana tidak? Demi mengobati rindu akan tanah air, KBRI Kopenhagen sengaja mendatangkan penyanyi dangdut kawakan, Kristina. Terdapat juga macam-macam lomba, seperti balap klompen, tarik tambang, dan balap karung.

Perayaan kemerdekaan Indonesia di luar negeri mana yang pengin Teman Traveler ikuti? Kalau saat Agustus traveling ke kawasan-kawasan di atas, Teman Traveler bisa berpartisipasi memeriahkan HUT RI, ya.

Tags
Indonesia indonesia 74 tahun info terbaru KBRI Perayaan Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri
Share