6 Aksesori Ini Wajib Dibawa, Agar Hasil Fotomu Memuaskan

Advertisement

Bayangkan apabila kamera telah dipersiapkan baik untuk merekam perjalanan selama traveling tapi begitu sampai di tempat tujuan ternyata membutuhkan benda pendukung yang sama sekali tidak terlintas. Alih-alih mendapatkan foto bagus, bisa-bisa tidak satu gambar pun dapat terekam. Maka itu, pemahaman terhadap bagaimana kondisi lapangan yang terdapat pada destinasi traveling mu menjadi hal yang harus diperhatikan. Simak rekomendasi aksesori fotografi dari Travelingyuk agar fotomu makin keren.

Triggertrap Mobile Donge, Cable Release Versi Modern

Kabel dan aplikasi Triggertrap merubah smartphonemu menjadi cable release
Kabel dan aplikasi Triggertrap mengubah smartphone-mu menjadi cable release [image source]
Triggertrap adalah sebuah perangkat berbentuk kabel yang menghubungkan antara kamera dengan smartphone-mu. Secara garis besar, alat ini mampu menjadikan smartphone sebagai pengganti cable release. Namun, aplikasi Triggertrap mobile app harus terlebih dulu terinstal di smartphone milikmu. Setelah itu, fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini dapat kamu gunakan. Fitur yang ditawarkan pun beragam. Kamu bisa mengatur interval time-lapse melalui smartphone, mode star trail, juga control dengan menggunakan sensor suara.

Baterai Cadangan

Baterai cadangan yang nggak kalah penting
Baterai cadangan yang nggak kalah penting [image source]
Setelah menjelajahi beberapa gili yang ada di Lombok atau merekam eksotisme satwa liar di Taman Nasional Ujung Kulon seharian, kelelahan pasti akan melanda setelah sampai pada penginapan. Tidak jarang, stamina yang telah berkurang drastis membuahkan sebuah kejadian yang cukup fatal. Mengisi ulang baterai kamera. Setidaknya, dua baterai cadangan adalah solusi terbaik ketika kamu sedang traveling. Karena kehilangan momen matahari terbit karena lupa untuk mengisi ulang baterai kameramu adalah hal yang sangat menjengkelkan. Kejadian seperti itu sangat mungkin sekali terjadi. Apabila kamu hanya membawa satu baterai.

Natural Density, Membuat Gambar Lansekap Makin Dramatis

ND Filter untuk bereksperimen dengan long exposure
ND Filter untuk bereksperimen dengan long exposure [image source]
Natural Desity adalah sebuah filter yang dapat dipasang pada bagian depan lensa. Filter ini serupa kacamata hitam yang dikenakan pada lensa kameramu. Tujuannya, untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk dan mengurangi kecepatan shutter. Sehingga kerap kali filter ini menjadi pilihan untuk kamu yang suka bereksperimen dengan metode long exposure. Natural Density, atau yang biasa disingkat menjadi ND Filter, memiliki beberapa tingkatan seperti ND 4, ND 8, ND 64, dan ND 1024. Semakin tinggi angka yang terdapat setelah huruf ND, berarti akan semakin gelap pula kaca yang terdapat pada filter ini. Jika kaca semakin gelap, maka logikanya adalah kamu akan akan dapat berksperimen dengan long exposure lebih lama.

Perangkat Pembersih Kamera

Cleaner kit untuk proteksi kameramu
Cleaner kit untuk proteksi kameramu [image source]
Merekam matahari terbit di Penanjakan Bromo, mengabadikan pasir-pasir berpola di Pasir Berbisik, atau Membekukan momen di hijaunya Bukit Teletubbies tentu saja menjadi kegiatan yang seru. Tapi, sedikit ekstra waspada mungkin diperlukan ketika traveling dan membawa kamera di medan seperti ini. Dengan waktu yang cukup lama, kameramu pasti akan diselimuti oleh debu, atau lensa yang mengembun karena udara yang dingin. Belum lagi bekas-bekas tangan yang tidak sengaja menyentuh material lensa yang berada paling depan. Maka itu, pembersih kamera adalah hal yang terkesan sepele tapi sangat penting. Tentu saja kamu tidak ingin lensamu tergores karena membersihkan dengan sembarang alat.

Tas Kamera yang Fleksibel

Tas samping akan lebih fleksibel digunakan
Tas samping akan lebih fleksibel digunakan [image source]
Dengan dua tangan yang kita miliki, sangat tidak mungkin jika kita harus memegang banyak perangkat kamera dengan kedua tangan. Maka itu, tas kamera akan sangat dibutuhkan untuk membawa bermacam-macam gear yang telah dipersiapkan. Kadang, memilih tas kamera harus sedikit tricky. Sebab memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu akan sering mengganti lensa  atau kamera yang berarti harus membuka tas, tas kamera dengan model sling bag akan menjadi jawaban yang terbaik jika dibandingkan tas kamera dengan model ransel. Karena, tas dengan model sling bag akan mempermudah dan mempercepat tanganmu untuk mengakses isi di dalamnya.

Tripod yang Ringan Namun Kokoh

Manfrotto Befree, tripod ringan dengan material karbon
Manfrotto Befree, tripod ringan dengan material karbon [image source]
Selain kamera dan lensa, benda terberat yang biasa di bawa fotografer adalah tripod. Tapi, benda yang satu ini tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Karena tripod adalah hal yang sangat signifikan. Bayangkan bagaimana akan membuat foto long exposure tanpa tripod? Ingin menguji kekuatan tangan? Silakan saja. Tapi ada baiknya carilah tripod yang berbobot ringan tapi kokoh. Manfrotto Befree adalah salah satu rekomendasi tripod yang berbahan dasar karbon dan memiliki bobot hanya seberat 1.08 kilogram. Tapi, nominal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan tripod ini memang sedikit tinggi.

Bersiap untuk traveling? Jangan lupa ya aksesori untuk kameramu, agar hasil foto yang kamu miliki maksimal hasilnya.

Advertisement
Tags
fotografi kamera tekno
Share