4 Penyebab Konyol Pesawat Delay, Ada yang karena Kura-kura Lewat

Pesawat sering kali menunda penerbangan karena beberapa hal. Contohnya seperti yang baru-baru ini dialami oleh American Airlines. Dilansir dari laman Rakyatku, di dalam pesawat tercium bau yang sangat aneh dan tidak diketahui sumbernya. Alhasil, pesawat pun harus menunda penerbangan sampai keesokan harinya. Sebenarnya, masih banyak penyebab konyol lain yang membuat penerbangan pesawat jadi delay. Kira-kira apa saja ya alasannya? Yuk deh tengok ulasan berikut ini. 

Ada Tikus di Pesawat 

penyebab konyol pesawat delay
Ilustrasi tikus di pesawat via shutterstock

Salah satu penyebab paling konyol pertama yaitu adanya tikus di pesawat. Kejadian ini dialami oleh pesawat British Airways di Bandara Heathrow yang akan melakukan penerbangan menuju Ghana.

Hal ini terekam oleh salah satu penumpang yang duduk di business lounge, Matthew Beavis. Ia pun langsung mengunggah video tersebut ke dalam akun twitternya dan memberikan keterangan kalau kehadiran tikus sangatlah mengganggu kenyamanan. 

Dari insiden inilah, pesawat harus membatalkan penerbangan. Parahnya, para penumpang dan awak kabin disuruh untuk menunggu pesawat pengganti selama empat jam.  

Penumpang Bertengkar 

penyebab konyol pesawat delay
Ilustrasi penumpang bertengkar via shutterstock

Pesawat Jetstar 3K161 terpaksa kembali ke pintu keberangkatan di Bandara Changi Singapura lantaran tiga penumpang adu mulut gara-gara permasalahan telepon seluler.

Hal ini bermula ketika seorang pria berusia 47 tahun tidak mau menonaktifkan smartphone-nya saat pesawat akan lepas landas. Dia pun ditegur oleh penumpang lain berusia 55 tahun keturunan Filipina-Australia dan istrinya agar mematikan telepon. Cekcok pun tak bisa dihindari lantaran pria Australia tetap tak mau menonaktifkan smartphone miliknya. 

Mengetahui kericuhan ini, pilot memutuskan kembali ke pintu keberangkatan dan memanggil polisi. Sementara itu akibat penundaan penerbangan, pihak Jetstar harus menanggung makan seluruh penumpang. 

Pilot Marah-marah

Ilustrasi kotak makan tidak dicucikan via shutterstock

Melansir dari Time of India, telah terjadi sebuah insiden antara pilot dan kru maskapai penerbangan Air India. Pertengkaran antara seorang kapten dan anggota awak kabin menyebabkan penundaan lebih dari satu jam penerbangan Air India dari Bengalore menuju Kolkata.

Insiden itu disebabkan karena salah satu anggota kru menolak mematuhi perintah kapten untuk mencuci kotak makan siangnya. Penolakan anggota kru ini membuat perdebatan sengit dengan kaptennya. Akibatnya, penerbangan Bengalore-Kolkata tertunda selama 77 menit. 

Kura-kura Lewat di Landasan 

Ilustrasi kura-kura di landasan pacu via shutterstock

Alasan terakhir yang paling konyol yakni ada kura-kura sedang lewat di landasan pesawat. Saat itu, pesawat Jetstar dengan rute Gold Coast ke Kota Adelaide di Australia ingin lepas landas. Namun, penerbangan tertahan karena pilot melihat ada seekor kura-kura yang melintas di landasan pacu untuk menuju ke sungai dekat bandara. 

Menariknya, para penumpang tidak ada yang komplain. Mereka justru mengapresiasi staf Jetstar Airways, termasuk pilot yang memberi kesempatan si kura-kura untuk lewat. Pilot langsung memberitahu petugas bandara untuk memindahkan kura-kura tersebut. Setelah itu, penerbangan Jetstar Airways kembali dilanjutkan. 

Cukup lucu melihat penyebab konyol yang membuat pesawat harus mengalami delay di atas. Ada yang karena tikus sampai kura-kura menyeberang. Nah, apakah Teman Traveler pernah mengalami pesawat delay lantaran hal sepele? Kalau pernah, bisa cerita di kolom komentar, ya. 

Tags
news penyebab konyol pesawat delay
Share