Heboh Ikan Lompat ke Daratan di Bali, Ada Hubungannya dengan Gempa?

Sebelum gempa menimpa Bali di tanggal 16 Juli 2019 kemarin, ada kejadian unik yang akhirnya menggegerkan dunia maya. Adalah terdapat segerombolan ikan yang lompat ke daratan di Pantai Canggu, Bali. Semua orang mengira peristiwa tersebut merupakan pertanda dari datangnya gempa. Apakah benar seperti itu? Simak fakta-faktanya di bawah ini. 

Ikan Tertarik dengan Sorot Lampu 

ikan lompat ke daratan
Ikan tertarik dengan sorot lampu via twitter/@WartaBromo

Melihat viralnya ikan seakan ‘bunuh diri’ ke daratan ini membuat Bagus Oktori selaku Kepala Pelabuhan Perikanan Pengambengan angkat bicara. Menurutnya, hal tersebut sudah sering terjadi di Pantai Canggu, namun tidak diekspos oleh masyarakat. 

Alasan yang paling masuk akal menurutnya adalah ikan-ikan tersebut tertarik dengan cahaya yang ada di sekitar pantai. Akibatnya, ikan-ikan itu terangsang untuk mendekati cahaya. Untuk alasan segerombolan ikan tersebut menjadi pertanda datangnya sebuah gempa, Bagus Oktori menampiknya karena hal itu membutuhkan kajian lebih dalam. 

Ikan Sedang Mencari Oksigen di Tempat Tertentu 

Ilustrasi ikan mencari oksigen via youtube/Video on the spot terbaru

Faktor lainnya yang membuat ikan melakukan keunikan tersebut adalah sedang mencari tempat yang banyak oksigen. Diungkapkan oleh Slamat selaku  Dosen Fakultas Perikanan & Kelautan, Universitas Lambung Mangkurat, hal tersebut dapat terjadi apabila ada perbedaan salinitas atau jumlah garam yang berada di dasar laut dan permukaan. 

Kemudian ditambah dengan perubahan suhu yang terjadi secara mendadak, menyebabkan oksigen dalam air lepas dari ikatannya. Alhasil,  air secara mendadak kekurangan oksigen dan membuat ikan memilih melompat ke daratan.

Ikan Sedang Melakukan Migrasi 

Ikan migrasi via youtube/FAM’s Channel

Alasan selanjutnya ikan melompat dari perairan yaitu hewan tersebut sedang melakukan migrasi. Mungkin beberapa dari Teman Traveler agak aneh mendengar ikan berpindah dengan cara melompat. Tapi, ikan berjenis salmon melakukannya, lho. 

Mereka melakukan migrasi karena ada beberapa penyebab. Seperti suhunya yang tidak cocok, kedalaman kurang pas atau jenis airnya tidak baik untuk kelangsungan hidup.

Ikan Mendinginkan Tubuh 

Ikan berjenis amfibi via youtube/Archanel

Meskipun di dalam air, ikan ternyata juga bisa merasakan panas berlebih. Dengan caranya masing-masing, mereka dapat mendinginkan badan dalam waktu yang cukup singkat. Seperti halnya ikan amfibi yang dapat hidup di air dan tinggal di darat dalam beberapa waktu.

Ikan amfibi ini akan mendinginkan tubuhnya dengan melompat ke daratan dalam jangka waktu yang relatif lama. Bisa begitu karena ikan amfibi memiliki kulit khusus yang dapat mengambil alih banyak fungsi insang. Sehingga ikan ini bisa bertahan lebih lama di darat tanpa perlu khawatir kehabisan oksigen.

Begitulah kira-kira penyebab ikan bisa lompat ke daratan. Semuanya tidak membahas keterkaitan peristiwa unik tersebut dengan pertanda datangnya gempa. Tapi, untuk peristiwa ikan lompat ke daratan di Pantai Canggu, Bali ini masih perlu penelitian lebih lanjut lagi. Apakah gempa bisa menjadi salah satu faktor utamanya atau tidak. Bagaimana menurut Teman Traveler?

Tags
Bali ikan lompat ke daratan news
Share