Penyakit Kuning Melanda Pacitan, Traveler Harus Waspada!

Berstatus KLB (Kejadian Luar Biasa), penyakit kuning melanda daerah Pacitan. Kejadian ini tidak bisa disepelekan. Hingga kini, ada ribuan warga terjangkit dalam kurun waktu kurang dari sepekan.

Status KLB ditetapkan pemerintah sejak 25 Juni 2019 lalu. Teman Traveler yang sedang atau berencana pergi ke Pacitan wajib waspada. Simak informasi selengkapnya soal penyakit kuning yang melanda Pacitan berikut ini.

Ribuan Penderita Selama Sepekan

Ilustrasi dirawat
Ilustrasi dirawat via Shutterstock

Kabar buruk datang dari Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Wabah penyakit Hepatitis A atau lebih dikenal sebagai penyakit kuning merebak dengan cepat di sejumlah wilayah. Informasi terkini dari CNN, terdapat 1.000 orang terjangkit dalam sepekan terakhir.

Hal ini lantas membuat heboh karena jumlah pasiennya cukup masif. Berdasarkan penelusuran pihak terkait, wabah penyakit kuning di Pacitan mulai teridentifikasi di Puskesmas Sudimoro pada 14 Juni silam. Kala itu jumlah penderitanya 24 orang, namun, puskemas belum memutuskan kasus tersebut termasuk Hepatitis.

Penyebaran Kian Meluas

pacitan
Pacitan via Shutterstock

Sejak saat itu, penyakit kuning mulai mewabah ke sejumlah daerah. Jumlah penderita ikut meningkat. Dilansir CNN, ada dugaan bahwa momentum lebaran dan musim hajatan selama sebulan terakhir menjadi salah satu faktor yang mempercepat persebaran wabah Hepatitis A di hampir separuh wilayah Pacitan.

Jaga Kebersihan Sanitasi

Penyakit kuning melanda pacitan
Menjaga kebersihan sanitasi via Shutterstock

Salah satu penyebab Hepatitis adalah infeksi (virus, bakteri, parasit) yang menular secara oral atau masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang tercemar tinja penderita. Sumbernya bermacam-macam dan biasanya berasal dari pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak dan tercemar, sanitasi buruk, juga tingkat kebersihan rendah.

Maka dari itu, Teman Traveler harus lebih waspada ketika berkunjung ke sini. Hindari makan di tempat kotor, selalu konsumsi air bersih, dan jangan melakukan kontak oral dengan penderita.

Kenali Gejala

Penyakit kuning melanda pacitan
Ilustrasi demam via Shutterstock

Teman Traveler juga harus berhati-hati dan sering periksakan kesehatan ke puskemas atau rumah sakit terdekat jika merasa tidak enak badan. Biasanya penderita Hepatitis A merasakan demam, sakit kepala, mual, dan muntah sampai ikterus atau terjadi perubahan warna pada kulit serta mata yang menjadi kuning. Jika parah, bisa menyebabkan pembengkakan pada hati.

Tentunya kasus penyakit kuning yang melanda daerah Pacitan ini hanya sementara. Mari kita doakan bersama-sama agar wabah tersebut tidak menyebar dan semoga penderita diberi kesembuhan. Untuk Teman Traveler jangan takut liburan ke sini ya, kalian hanya perlu lebih waspada dan kurangi kontak oral yang berhubungan dengan si penderita.

Tags
Indonesia pacitan Penyakit kuning di Pacitan
Share