Ngeri! 5 Penyakit Aneh Traveler Siap Menyerang di Tengah Liburan

Menghabiskan waktu liburan sambil berjalan-jalan memang asyik, apalagi jika berkunjung ke luar negeri. Namun diam-diam, ternyata ada beberapa gejala berbahaya yang bisa mengancam para pelancong. Sejumlah penyakit aneh traveler siap menyerang di tengah-tengah perjalanan liburan.

Sebab penyakit tersebut bermacam-macam. Ada yang berasal dari konsumsi makanan maupun sentuhan fisik dengan penderita. Daripada penasaran, berikut Travelingyuk berikan daftar lengkap sejumlah penyakit aneh traveler yang bisa menyerang sewaktu-waktu.

1. Pertama ada Barefoot Nightmares. Traveler yang nekat menjelajah tanpa alas kaki rawan terkena penetrasi cacing tambang lewat bagian telapak.

Infeksi cacing tambang di kaki
Infeksi cacing tambang di kaki via Instagram marlonachilles

2. Gejalanya tak jauh beda dengan gigitan serangga. Kaki terasa gatal dan melepuh. Jika tak segera ditangani bisa mengakibatkan kematian.

Infeksi cacing bisa mengakibatkan kematian
Infeksi cacing bisa mengakibatkan kematian via Instagram carolinewalkley

3. Berikutnya adalah penyakit Ciguatera. Kondisi berbahaya ini bisa dialami seseorang yang makan ikan mentah.

Ilustrasi Cumi mentah
Ilustrasi Cumi mentah via Instagram redsbest

4. Ciguatera biasanya disebabkan oleh ikan dari lautan Karibia, Pasifik, dan Samudra Hindia. Gejala umumnya adalah muntah dan diare.

Ilustrasi sakit perut
Ilustrasi sakit perut (c) Pixabay

5. Di Afrika ada gigitan lalat tsetse yang menyebabkan infeksi Trypanosomiasis. Penderita akan mengalami gangguan tidur plus demam, gatal, nyeri, dan pusing.

Lalat tsetse
Lalat tsetse via Instagram izzysm

6. Jika tak segera diatasi, gigitan lalat tsetse bisa menyebabkan kerusakan syaraf atau bahkan kematian.

Foto penderita gigitan lalat tsetse
Foto penderita gigitan lalat tsetse via Instagram pathglobalhealth

7. Penyakit berikutnya bernama Schistosomiasis. Diakibatkan oleh infeksi parasit yang dibawa siput maupun keong di areal perairan.

Siput yang terinfeksi schitosomiasis
Siput yang terinfeksi schistosomiasis via Instagram iamat_travel

8. Schistosomiasis sering terjadi di Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan, Karibia, dan Asia.

Kawasan perairan di Afrika
Kawasan perairan di Afrika via Instagram theupstreamalliance

9. Terakhir, ada penyakit Amnesia Global Transien. Penderita biasanya mendadak lupa bagaimana ia bisa sampai di tempatnya sekarang.

Ilustrasi traveler kebingungan
Ilustrasi traveler kebingungan (c) Pixabay

10. Peneliti menyatakan bahwa penyebab utama amnesia ini adalah stress berat sebelum memulai sebuah perjalanan; seperti tekanan pekerjaan.

Ilustrasi perempuan alami stress
Ilustrasi perempuan alami stress (c) Pixabay

Tips terhindar dari penyakit saat traveling

Berjalan-jalan ke tempat baru pastinya mengasyikkan. Namun semua takkan ada gunanya jika kita kemudian jatuh sakit begitu sampai di lokasi. Untungnya, ada sejumlah tips yang bisa dipraktekkan untuk menghindari sakit selama perjalanan:

  • Hanya minum air yang terjamin kebersihannya. Belilah air kemasan botol/gelas atau manfaatkan keran khusus yang tersedia di bandara maupun taman
  • Jangan terlalu banyak konsumsi kafein. Minum kopi konon efektif menghilangkan jet lag, namun terlalu banyak kafein akan membuat tubuh terasa kurang nyaman
  • Tidur adalah cara terbaik untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Sebisa mungkin manfaatkan kesempatan yang ada untuk beristirahat
  • Jangan sembarangan berenang di danau atau sungai. Kita tidak pernah tahu apakah perairan di situ dalam kondisi bersih atau sudah tercemar banyak bakteri berbahaya
  • Jika memang dirasa perlu, bawalah tas khusus berisi macam-macam obat untuk berjaga-jaga selama traveling

Itulah tadi sekilas mengenai sejumlah penyakit aneh traveler yang bisa menyerang selama perjalanan. Intinya, selalu berhati-hati dan menjaga kewaspadaan saat melakukan perjalanan ke lokasi yang belum begitu familiar.

Tags
tips Wisata
Share