Penumpang Penerbangan Singapura Merasa Diintai di Pesawat, Begini Penjelasan Maskapai

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri
Ilustrasi CCTV Ilustrasi CCTV

Baru-baru ini seorang penumpang maskapai penerbangan Singapura merasa cukup was-was. Hal tersebut terjadi lantaran dirinya menemukan sebuah kamera kecil di dalam pesawat. Dia pun berpikiran sedang diawasi sebuah CCTV di dalam pesawat.

Adakah Teman Traveler yang juga merasakan hal serupa ketika di dalam pesawat? Bagaimana kronologi selengkapnya? Apakah benar ada CCTV di dalam pesawat? Simak ulasan berikut.

Terdapat Kamera Kecil di TV Dalam Pesawat

Ilustrasi Penumpang di Dalam Pesawat via Pixabay
Ilustrasi Penumpang di Dalam Pesawat via Pixabay

Seorang penumpang maskapai penerbangan Singapura bernama Vitaly Kamluk, tiba-tiba merasa bertanya-tanya setelah menemukan kamera kecil di dalam pesawat. Benda tersebut terlihat dengan jelas dan menempel di layar TV di depannya. Dia pun memperhatikan si kamera kecil, ingin memastikan fungsinya.

Penumpang Khawatir Kamera adalah CCTV

Kamera Kecil di TV Pesawat via Instagram @vkamluk
Kamera Kecil di TV Pesawat via Instagram @vkamluk

Vitaly Kamluk khawatir apabila kamera kecil tersebut berfungsi sebagai CCTV. Memang cukup aneh apabila benar-benar ada kamera pengintai di lokasi tersebut.

Penumpang maskapai penerbangan Singapura itu pun menyampaikan penemuan dan keresahannya melalui sebuah Tweet. Dia turut serta memposting foto kamera kecil dan menyebut akun Twitter maskapai Singapura tersebut.

Kamera Tersebut Tidak Berfungsi

Cuitan Sang Penumpang via Twitter @vkamluk
Cuitan Sang Penumpang via Twitter @vkamluk

Sang maskapai Singapura tersebut pun menanggapi cuitan sang penumpang. Dilansir dari dailymail.co.uk, pihak maskapai menyampaikan bahwa kamera kecil tersebut sudah dimatikan alias tidak difungsikan. Mereka pun tidak ada rencana untuk mempergunakan benda itu. Sayangnya, kamera kecil tersebut memang tidak bisa dilepas.

Serangkaian Percakapan dengan Maskapai Penerbangan Bersangkutan via Twitter @vkamluk
Percakapan dengan Maskapai Penerbangan Bersangkutan via Twitter @vkamluk

Vitaly Kamluk pun mengapresiasi respon cukup cepat dari maskapai penerbangan Singapura itu. Mereka terlibat beberapa percakapan yang berhubungan dengan keresahan mengenai kamera kecil itu.

Ternyata Bukan CCTV, Melainkan Kamera TV Biasa

Ilustrasi CCTV via Pixabay
Ilustrasi CCTV via Pixabay

Ternyata kamera kecil tersebut bukanlah CCTV seperti yang dikhawatirkan si penumpang. Benda itu merupakan fitur bawaan dari layar TV yang digunakan sebagai media hiburan di dalam pesawat. Pihak maskapai penerbangan pun tidak mempunyai wewenang untuk mencopot kamera kecil itu.

Walaupun sudah diberi klarifikasi, namun beberapa netizen ikutan merasa cemas. Bagaimana bila nantinya maskapai penerbangan yang mengaktifkan fitur tersebut dan menggunakannya sebagai CCTV?

Kegiatan para penumpang selama penerbangan pun bisa direkam. Sampai sekarang, belum ada tanggapan lebih lanjut dari pihak manapun mengenai kemungkinan tersebut.

Bagaimana menurut Teman Traveler? Apakah mungkin maskapai penerbangan memperhatikan kegiatan penumpang melalui kamera kecil tersebut? Kalau hal tersebut terjadi, tentunya akan mengganggu kegiatan liburan, ya?