8 Penginapan Murah di Lombok, Nggak Bikin Kantong Bolong.

Lombok menjadi salah satu tujuan wisata yang sinar kebintangannya tengah meroket di Indonesia. Sebagai salah satu pesaing kuat Bali, Lombok tengah menyiapkan banyak strategi untuk “membajak” wisatawan agar berkunjung ke sana. Ditambah lagi, daerah ini baru saja mendapatkan senjata baru untuk menggeber promosinya ke dunia, lewat penghargaan sebagai destinasi wisata halal di dunia.

Tolak ukur kesuksesan sebuah tempat untuk menjadi tujuan wisata yang mendunia salah satunya ditentukan dengan keberadaan akomodasi yang mencukupi. Bukan hanya hotel dan resort mewah saja, namun penginapan murah pun juga harus terjamin ketersediannya. Berkaca dari Bali di mana destinasi wisata yang mendunia milik negeri kita ini dikenal memiliki pilihan wisata eksklusif, namun tetap menyediakan akomodasi terjangkau. Sepertinya itulah salah satu yang palung disukai wisatawan. Jika kamu sedang liburan di Lombok, 8 akomodasi murah ini bisa jadi pertimbangan untuk tempatmu menginap.

1. Santai Beach Inn

Santai Beach Inn bisa menjadi pilihan tepat, buat traveler yang menginginkan penginapan keren, nyaman dan murah. Terletak di Jalan Raya Mangsit Batu Layar, Lombok Barat, kecamatan Mataram hotel, ini mendapatkan review yang bagus dari tamu yang pernah menggunakannya. Situs booking online TripAdvisor saja memberinya 4,5 bintang dari total 5 bintang. Tarif yang ditawarkan berkisar antara Rp 120.000 – Rp 360.000 per malam.

Santai Beach Inn, via instagram
Santai Beach Inn, via instagram

Santai Beach Inn berada 4 km di utara Pantai Senggigi, serta dekat dengan pantai Mangsit. Bangunannya cukup unik karena menggunakan kayu pohon nangka, kelapa dan bambu sebagai penyusunnya. Sedangkan fasilitas yang disediakan di masing-masing bungalownya adalah kipas angin saja. Pun demikian tempatnya cukup nyaman untuk ditinggali. Terlebih pada akhir pekan, pemilik bungalow biasanya akan mengajak tamu makan malam bersama. Tertarik menginap? Kalian bisa menghubungi nomor (0370) 693038.

2. Hakiki Inn

Menilik dari rating yang diberikan para mantan tamu yang menginap di hotel bersangkutan, Hakiki Inn layak untuk kamu jadikan pilihan menginap selama liburan di Lombok. Dari lima bintang yang tersedia, hotel yang terletak di Jalan Air Terjun ini mendapat review yang cukup baik dengan 4,5 bintang pada situs TripAdvisor. Lantas apa saja yang ditawarkan oleh penginapan bertarif mulai Rp 127.000 – Rp 207.00 per malam ini?


Hakiki Inn is courtesy of TripAdvisor

Hakiki Inn memiliki bangunan yang unik terbuat dari kayu yang cocok sekali untuk para backpacker. Tiap kamar dilengkapi dengan balkon/teras, kamar mandi dalam dengan shower, meja tulis, kipas angin, dan ruang duduk. Pihak manajemen pun tak segan memberikan pelayanan antar jemput ke bandara. Cukup dengan menghubungi nomor +62 8180 3737 407 untuk melakukan pemesanan. Tak hanya itu, dari teras kamar, para tamu pun akan disuguhi area persawahan yang subur serta indahnya pemandangan Gunung Rinjani.

3. Hotel Catur Warga

Hotel Catur Warga beralamat di Jalan catur Warga No. 10c, Mataram dan bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk menginap di Lombok. Dengan tarif berkisar antara Rp. 100 ribuan -Rp. 300 ribuan, Hotel Catur Warga menjadi salah satu pilihan penginapan yang murah. Selain itu, penginapan ini juga dekat dengan Bandara Internasional Lombok, yang bisa ditempuh hanya 30 menit perjalanan.

Hotel Catur Warga, via instagram
Hotel Catur Warga, via instagram

Lokasi hotel ini juga cuma berjarak 20 menit perjalanan dari Pantai Senggigi yang cukup terkenal di Lombok. Menilik pada fasilitas kamarnya, Hotel Catur Warga menyediakan kamar yang dilengkapi dengan TV flat, kamar mandi dalam, dan telepon serta layanan wifi gratis. Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah (0370) 636312.

4. Dedy’s Homestay

Dedy’s Homestay mendapatkan nilai bintang 3,5 dalam review di berbagai situs booking hotel online. Hotel ini berada di Jalan Pariwisata, Kuta, Nusa Tenggara Barat atau berada di kawasan Lombok Tengah. Lokasi terdekat dari hotel ini adalah Pantai Gerupuk dan Tanjung Aan yang bisa dijangkau dengan berkendara dalam waktu 15 menit.


Dedy’s Homestay is courtesy of TripAdvisor

Lokasi keberadaan hotel ini juga dapat dijangkau dari Bandara Internasional Lombok dalam kurun waktu 20 menit saja. Fasilitas yang diberikan oleh manajemen homestay ini antara lain AC, TV flat screen dan DVD player untuk beberapa kamar tertentu dan kamar mandi dalam dengan shower serta fasilitas wifi. Untuk menginap di sana, traveler perlu membayar tarif mulai dari Rp 150.000 – Rp 200.000 per malam. Kamu bisa booking langsung di lokasi atau menelpon nomor (0370) 6158024 untuk melakukan reservasi jauh hari.

5. Icha Cottage

Mau penginapan murah di kawasan Gili Trawangan? Icha Inn bisa jasi pilihannya. Hotel ini hanya berjarak 30 menit dari pelabuhan Bangasal yang memudahkan traveler untuk menjangkau gili-gili yang ada di Lombok.


Icha Cottage is courtesy of TripAdvisor

Hotel ini menyediakan 8 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas mini bar, kulkas, tv kabel/satelit, DVD player/CD player, dan ruangan bebas rokok. Tentu hotel ini menyediakan kamar yang nyaman jika melihat ratingnya di situs booking yang memberinya empat bintang. Untuk tarif menginap per malam, di hotel ini ada di kisaran Rp 165.000 – Rp 350.000 per malam.

6. Hotel Bumi Aditya

Situs booking TripAdvisor memberikan rating tiga untuk Hotel Bumi Aditya yang beralamat di Jalan Raya Senggigi, dusun Loco. Hotel bertarif Rp 130.000 – Rp 170.000 per malam ini hanya berjarak 10 menit dari pusat kota dan juga kawasan wisata Candi Batu Bolong. Untuk melakukan pemesanan kamu bisa mencatat nomor ini, 0370 693336.


This photo of Hotel Bumi Aditya is courtesy of TripAdvisor

Menengok pada fasilitas di dalam penginapan, Hotel Bumi Aditya memberikan fasilitas free wifi, lahan parkir yang luas, kamar mandi dalam dengan shower, meja tulis, balkon dan ruangan bebas rokok. Ada pula fasilitas bersama seperti kolam renang, olahraga air dan taman.

7. Bale Sasak Bungalow

Bale Sasak Bungalow adalah penginapan dengan bangunan yang unik menyerupai rumah adat Lombok dan bertarif terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Gili Trawangan sehingga memudahkan para tamu untuk mengakses kawasan-kawasan wisata utama di Lombok.


Foto Sasak Bungalows ini merupakan hak milik TripAdvisor

Penginapan ini memang tersedia untuk memenuhi kebutuhan para backpacker yang suka dengan penginapan minimalis dengan tarif yang murah. Per malam, menginap di bungalow ini traveler dipatok tarif sekitar Rp 85.000 – Rp 166.000 per malam. Tersedia 10 kamar yang siap dipesan baik pemesanan secara langsung maupun online. Kalau tidak mau kehabisan mending telepon nomor (0370) 653411 untuk memastikan ketersediaan kamar.

8. The Wira Cafe and Guest House

Hasil review yang ada di berbagai situs pemesanan hotel online seperti Booking dan TripAdvisor memang memberikan The Wira Cafe and Guest House bintang dua atau tiga dari total lima bintang. Pun demikian bukan berarti bahwa fasilitas yang ada di hotel ini begitu buruk. Sebab penilaian dilakukan oleh orang yang berbeda di hari yang tak sama pula.


The Wira is courtesy of TripAdvisor

Namun, jika dilihat dari berbagai ulasan yang dilakukan traveler yang pernah singgah di hotel ini, ada banyak yang merasa puas dengan fasilitas yang diberikan pihak manajemen hotel dengan berbagai alasan. Alasan pertama hotel ini terletak sangat dekat dengan Pantai Senggigi. Sebab hotel ini terletak di Jalan Raya Senggigi Km. 8, traveler cuma butuh berjalan 2 menit saja untuk sampai di pinggir pantainya.

Selain itu lokasinya juga hanya berjarak 1 km dari bandara dan yang paling penting penginapan ini memiliki kamar dengan tarif mulai dari Rp. 100 ribuan hingga Rp. 350 ribuan per malam. Fasilitas yang ada di penginapan berupa kamar yang nyaman dengan kamar mandi dalam lengkap dengan shower. Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 0370 692153.

Harga menentukan fasilitas, semakin tinggi biaya yang harus dibayar, maka umumnya fasilitas dan kenyamanan yang diperoleh pun bisa berkali lipat. Namun bagi sebagian besar backpacker, kenyamanan itu nomor sekian, yang penting mereka bisa mendapatkan tempat menginap untuk beristirahat. Jika pun mereka mendapat penginapan murah dengan kualitas bagus itu adalah bonus. Setidaknya daftar penginapan di atas mendapatkan review yang cukup bagus, sehingga traveler pun bisa menginap di tempat nyaman dengan harga yang tidak bikin kantong bolong.

Tags
Akomodasi Explore Lombok Lombok Penginapan di Lombok Wonderful Indonesia
Share