Daerah Wisata Penghasil Kopi di Jawa Timur, Sudah Pernah Singgah?

Untuk Teman Traveler pecinta kopi, daerah-daerah penghasil kopi di Jawa Timur ini wajib kamu datangi untuk memperdalam ilmu tentang kopi. Bahkan kabar yang beredar di kalangan barista, beberapa daerah ini dapat menjadi tempat Teman Traveler untuk eksperimen menanam kopi sendiri demi menghasilkan biji kopi selera kamu.

Sumber dari perkebunan.litbang.pertanian.go.id, berikut adalah daerah yang wajib kamu datangi untuk memperluas pengetahuan tentang kopi dan eksplore langsung mulai tanaman kopi hingga penyeduhan.

Kawasan Ijen

Biji kopi yang beru di panen di kawasan Ijen untuk Industri via Instagram @ijen.lestari

Penghasil kopi di Jawa Timur yang sudah tidak asing lagi adalah Gunung Ijen yang berada di ujung Jawa Timur. Gunung Ijen sendiri berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso.

Kopi memang bukanlah hasil pertanian yang utama, namun sudah muncul beberapa brand biji kopi yang dijual. Selain itu, kesempatan produsen kopi untuk eksplore masih sangat besar di daerah ini.

Kawasan Wilis 

Kopi diseduh di gunung Wilis via Instagram @jey_zednet

Selanjutnya ada kawasan Wilis yang berada di lereng gunung dengan nama serupa. Beberapa kota di kawasan ini yang memiliki kopi dengan kualitas baik adalah Madiun, Kediri, dan Trenggalek.

Nah, setelah puas jelajah kebun kopi di kawasan Wilis, Teman Traveler bisa sekalian jalan-jalan ke lereng gunungnya. Di sini terdapat beberapa air terjun indah, seperti Sedudo dan Singokeromo.

Kawasan Semeru & Bromo

Penghasil Kopi Jawa Timur
Kopi Dampit yang sudah melewati proses penggorengan via Instagram @ko_ga_ta_

Penghasil kopi di Jawa Timur yang ini sudah diakui oleh Indonesia bahkan luar negeri. Bagi kamu pecinta senja dan kopi, tempat ini adalah habitat kamu Teman Traveler. Berada di lereng Semeru, kopi Dampit adalah salah satu produk unggulan di daerah ini. Kopi ini bisa kamu dapatkan di kecamatan Dampit, Malang Selatan. Selain itu, beberapa kedai kopi yang menyajikan si hitam nikmat ini.

Kawasan Kelud 

Penghasil Kopi Jawa Timur
Kopi barista via Instagram @sudahbuka

Daerah penghasil kopi di Jawa Timur berikutnya adalah kawasan Kelud yang bisa kamu eksplorasi. Supaya menjadi kesempatan besar buat kamu yang pengin bisnis kopi.

Kualitas kopi yang dihasilkan di daerah ini akan baik karena suhu wilayah Blitar, Kediri, dan Malang cukup dingin. Suhu yang dingin dan pegunungan memang merupakan lokasi yang strategis untuk menanam kopi, segera ekspor kawasan Kelud Teman Traveler.

Itulah setidaknya 4 kawasan penghasil kopi di Jawa Timur. Sempatkan singgah saat jelajah wisata Jawa Timur ya. Apakah daerah Teman Traveler juga punya kopi unggulan?

Tags
Indonesia Kopi Indonesia penghasil kopi jawa timur
Share