Penganan Kaki Lima Cirebon, Nggak Bikin Kantong Bolong

Cirebon yang berada di Jawa Barat ini populer dengan wisata budaya seperti Keraton Kacirebonan,  Kasepuhan, dan kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Namun tidak hanya wisata budaya saja, Teman Traveler juga bisa berwisata kuliner di Cirebon. Ada nih 4 penganan kaki lima Cirebon yang bisa ditemukan di pasar tradisional. Apa saja ya?.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot via Instagram @kuninganfoodies

Kurang lengkap rasanya jika mampir ke Cirebon tapi tidak mencicip tahu gejrot. Penganan kaki lima Cirebon ini bisa ditemukan hampir di setiap sudut kota. Teman Traveler bisa melipir ke pasar tradisional yang ada di kota ini untuk mencoba kudapan gurih pedas satu ini. Tahu gejrot terbuat dari tahu goreng yang kemudian dipotong – potong lalu dicampur dengan kuah berbumbu cabai, bawang putih, dan gula. Disajikan di atas piring kecil terbuat dari tanah liat biasa disebut layah.

Es Durian Sirup Tjampolay

Es Duren Sirup Tjampolay via Instagram @kulinercirebon

Terdapat berbagai macam cara dalam menikmati buah dengan bau unik ini. Salah satunya seperti yang ada di pasar tradisional Cirebon, es durian sirup tjampolay. Keunikan dari es durian satu ini terletak pada toping sirup, menggunakan sirup legendaris yang hanya ada di Cirebon. Selain itu, es durian ini juga ditambah buah durian bercitarasa manis yang juga dijual di gerobak es ini. Penikmat durian harus cobain nih.

Kue Tapel Pisang

Kue Tapel Pisang via Instagram @cirebonkuliner

Selanjutnya Teman Traveler bisa berlanjut ke gerobak penjual kue tapel pisang. Penganan kaki lima Cirebon ini sudah tergolong langka, terbuat dari parutan kelapa dan tepung beras yang dicampur menggunakan air kelapa. Cara tradisional digunakan dalam proses memasak tapel, adonan dicetak di atas kuali besi dibentuk bulat secara manual. Setelah matang, lapisan atas diberi ketan matang lalu ditaburi pisang raja dan gula merah yang dipenyet agar bersatu dengan adonan. Jajanan ini bentuknya mirip dengan crepe, namun teksturnya lebih padat.

Mangga Gincu

Mangga Gincu via Instagram @manggalur

Nah, yang terakhir ini memang bukan jajanan seperti yang ada di atas. Namun, mangga gincu bisa dinikmati sebagai camilan kalau Teman Traveler berkunjung ke pasar tradisional di Cirebon. Mangga gincu berwarna hijau dengan semburat orange cantik dan berbentuk bulat seperti apel. Penjual akan memotong sedikit bagian mangga beserta kulitnya, lalu dibentuk seperti dadu. Bercitarasa manis seperti madu dan berbau wangi. Teman Traveler bisa langsung makan di tempat atau dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Pastikan Teman Traveler tak lupa mampir ke pasar tradisional untuk mencicip penganan kaki lima Cirebon di atas ya. Bisa juga loh dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk jelajah kuliner Cirebon?

Tags
Cirebon Indonesia Jawa Barat kaki lima kuliner
Share