Pendhapa Art Space, Ruang Seni Apik di Sudut Jogja

Teman Traveler punya minat lebih terhadap karya seni? Jika demikian, Jogja adalah kota yang wajib kalian sambangi. Ada banyak ruang seni menarik untuk disambangi di Kota Gudeg, salah satu yang cukup recommended adalah Pendhapa Art Space. Mari, simak bersama cerita saya saat berkunjung.

Berada di Ring Road Selatan

p_20190731_204348_ogi.jpg
Pintu masuk Pendhapa Art Space (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk
p_20190731_203654_7PR.jpg
Salah satu sudut ruang pamer (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Jogja bisa dibilang merupakan kotanya seniman. Banyak seniman ternama lahir di Kota Pelajar. Tak sedikit pula mereka yang sengaja datang ke Jogja untuk memperdalam ilmu seni. Maka jangan heran jika sejumlah ruang seni tumbuh subur di berbagai sudut kota.

p_20190731_200925_ssr.jpg
Lukisan dengan desain kereta sirkus (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Salah satu ruang seni yang cukup terkenal di Jogja adalah Pendhapa Art Space. Alamatnya ada di Jalan Prof Dr Wirjono Projodikoro (Ring Road Selatan), Tegal Krapyak RT 01, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Terbuka untuk umum, tempat ini sering jadi venue berbagai pameran seni dan aktivitas lain yang berhubungan dengan kreativitas.

Deretan Karya Seni Menarik

p_20190731_201433_nGm.jpg
Surganya para pecinta seni (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Pendhapa Art Space bisa dibilang merupakan surganya para pecinta seni. Di sini kalian bisa mengagumi berbagai lukisan maupun patung indah karya seniman dari berbagai daerah di Indonesia. Semuanya nampak begitu keren, dihias dengan berbagai paduan corak warna memikat.

p_20190731_201228_PPA.jpg
Patung berbentuk anjing (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Saat saya berkunjung, Pendhapa sedang mengadakan pameran bertajuk Representasi #3. Di hampir tiap sudut ruangan, dipamerkan beragam lukisan dengan tema bervariasi. Meski begitu, semuanya tampak serasi dengan nuansa ruangan yang terkesan monokrom. Tenang sekali rasanya ketika berjalan-jalan di dalam sini.

Akses Gratis

p_20190731_201512_Ich.jpg
Indah bukan Teman Traveler? (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Masuk Pendhapa, Teman Traveler tidak perlu bayar alias gratis. Kalian juga tidak usah merogoh kocek untuk biaya parkir. Tinggal masuk dan langsung saja suguhan aneka karya seni menarik yang sudah dipamerkan. Asyik, bukan?

Akses menuju galeri ini juga sangat mudah Teman Traveler. Tempatnya berada di pinggir jalan Ring Road. Kalian takkan kesulitan menemukan lokasinya. Jika masih bingung, jangan ragu gunakan panduan dari aplikasi Maps.

Pendhapa juga sediakan sejumlah fasilitas pendukung seperti toilet bersih dan mushola. Jadi Teman Traveler tak perlu khawatir mencari tempat beribadah jika sedang berkunjung ke sini.

Pantang Dilewatkan Pecinta Seni

p_20190731_201052_68x.jpg
Karya lukisan dengan sentuhan topeng Jawa (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Secara total Pendhapa memiliki tiga ruang pamer. Satu berada dekat pintu masuk dan dua sisanya ada di lantai atas. Tak hanya digunakan untuk memamerkan karya seni, deretan ruangan tersebut juga kerap dimanfaatkan untuk menghelat beragam aktivitas seru yang berkaitan dengan bidang kreatif, seperti workshop, diskusi, dan lainnya.

p_20190731_200018_vER.jpg
Karya seni berbentuk gunungan (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya mengunjungi Pendhapa Art Space. Benar-benar sebuah ruang seni apik yang suguhkan berbagai karya seni cantik. Jika Teman Traveler sedang keliling wisata Jogja dan menaruh minat lebih terhadap dunia seni, sebaiknya segera luangkan waktu untuk mampir ke tempat ini. Bagaimana, mau ajak siapa untuk menikmati seni di sini?

Tags
Jogja kontributor Travelingyuk Wisata wisata jogja
Share